VdBackground 02  .jpg

Alasan Kita Bekerja

Print
Created on Wednesday, 24 August 2011 Last Updated on Wednesday, 03 July 2013


Apa alasan kita bekerja? Kebanyakan orang pasti akan mengatakan, “saya bekerja untuk mencari uang”, atau “saya mencari uang untuk makan”. Itulah beberapa penggalan perkataan yang banyak dikatakan ketika mereka ditanya soal alasan bekerja.

Bekerja sesungguhnya tidak hanya sebatas mencari uang, mencari makan, untuk dapat hidup dan lain-lain, tetapi sesungguhnya bekerja itu lebih dari sekedar tiga hal tersebut. Ada seorang kakek yang tengah pensiun bekerja tetapi masih saja membuka sebuah usaha kecil-kecilan. Bukan karena ia termasuk orang yang tidak mampu, justru ia akan merasa kehilangan rutinitas dalam hidupnya bila tidak bekerja. Kakek itu bisa saja merasa bosan diam sendiri di rumah tidak ada pekerjaan atau rutinitas dalam kehidupannya.

Mungkin sebagian dari kakek atau nenek kita juga mengalami hal yang sama. Pernahkah melihat kakek atau nenek kita bersih keras untuk mengantarkan cucu, ikut memasak, menyiram tanaman, bersih-bersih dan lain-lain? Itulah mengapa mereka merasakan ada yang hilang tanpa bekerja atau beraktifitas.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa seseorang bekerja.

Bekerja untuk Memperoleh Pengakuan dan Harga Diri
Seseorang akan mendapatkan sebuah pengakuan dari masyarakat bila ia bekerja dan memperoleh harga dirinya karena pekerjaannya. Pernahkah kita merasa bangga bila ditanya apa pekerjaan kita?
Bekerja karena menyukai pekerjaannya
Passion dalam bekerja. Bekerja bukan lagi melihat seberapa besar ia mendapatkan uang darinya. Walaupun sedikit uang, bila ia merasakan kepuasan dan gairah hidup, maka ia akan melakukannya dengan senang hati.

Bekerja karena Ibadah
Sudah tidak asing lagi mendengar kata ini. Tidak sedikit orang yang bekerja banting tulang mengasuh dan mendidik anak jalanan dan yatim piatu tanpa bayaran sedikit pun. Hanya balasan dari tuhan yang ia cari di akhirat kelak.

Bekerja untuk Bersosialisasi
Kadang ada juga mereka yang bekerja untuk dapat bersosialisasi dan mengenal orang lain. Mereka adalah orang-orang yang suka menjalin hubungan dengan banyak orang dimana mereka berada, terutama di tempat mereka bekerja. Mereka akan merasa kehilangan bila tidak dapat bersosialisasi atau berhubungan dengan orang lain. Dengan bekerja mereka dapat melakukan menghindari itu.

Bekerja untuk Pelarian Diri dari Masalah di Rumah
Bahkan tidak jarang banyak orang yang bekerja seharian penuh di kantor. Bila ditanya kenapa ia sampai selarut ini, alasannya “Saya lembur”. Padahal beberapa alasan yang sebenarnya adalah menghindari pertengkaran dengan orang rumah.

Sumber: www.psikologizone.com

Hits: 1170