VdBackground 02  .jpg

Tips Warren Buffett untuk Pekerjaan dan Kehidupan Anda

Print
Created on Tuesday, 20 August 2013 Last Updated on Thursday, 22 August 2013 Written by V-dee


Warren Buffet adalah investor terkemuka dunia yang dikenal menjauhi saham teknologi. Ia mengatakan “Saya tidak ingin masuk ke permainan di mana orang lain sudah mendapatkan keuntungan dari sana. Saya bisa saja menghabiskan seluruh waktu saya untuk berpikir tentang teknologi dalam beberapa tahun ke depan dan tetap tidak bisa menjadi orang terpandai nomor 100, 1000 atau bahkan 10,000 dalam menganalisa bisnis ini.

Memang setiap orang memahami bisnis dengan cara yang berbeda-beda, tapi satu hal yang penting dipahami adalah ini: Ketahui apa yang kamu pahami secara mendalam dan bekerjalah dalam circle of competence (Lingkaran Kompetensi), ini adalah elemen penting dalam investasi yang sukses.”

Berikut ini adalah beberapa prinsip sukses Warren Buffet lainnya:

1. Hadapi Ketakutan Anda
Buffett sebenarnya takut berbicara di depan umum, ia bisa saja menghindarinya tetapi ia berusaha menghadapinya. Buffett mengambil kursus di Dale Carnegie untuk dapat berbicara di depan umum yang akhirnya dapat mengubah hidupnya. Buffet mengatakakan bahwa Anda harus dapat belajar berkomunikasi dalam kehidupan, itu sangat penting. Jika Anda tidak dapat berkomunikasi dan berbicara dengan orang lain, maka potensi Anda akan sia-sia.

2. Bermain Bridge
Buffet menggambarkan bahwa permainan ini dapat melatih Anda untuk membangun karakter Anda. Bridge adalah permainan yang menarik, Anda harus benar-benar paham cara Anda bermain dan Anda harus dapat melihat cara orang lain bermain sehingga Anda dapat memberikan permainan terbaik kepada mereka.
 
3. Banyak Membaca
“Saya suka membaca, saya membaca setidaknya lima atau enam jam dalam sehari. Setelah itu, saya mengkaitkan apa yang saya baca dengan bisnis yang saya lakukan… tetapi saya benar-benar menikmatinya, saya suka mendapatkan informasi, dan saya suka membangun Berkshire (catatan: Berkshire adalah perusahaan yang dikendalikan oleh Warren Buffet).”

Dr Konstantinos Arfanakis dan rekan dari Rush University Medical Center Illinois Institure of Technology di Chicago menemukan bahwa salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memiliki kehidupan yang baik di masa tua adalah menjaga pikiran dengan baik.
Hasil penelitian Dr Konstantinos mengatakan bahwa orang dengan kegiatan kognitif yang tinggi akan memiliki integritas otak yang lebih baik daripada orang dengan frekuensi kognitif yang lebih rendah karena jarang dipakai. Akan tetapi, usia bertambah juga dapat berarti penurunan fungsi otak. Hal yang unik dari Warren Buffett adalah, di usianya yang ke-82, fungsi otaknya tetap baik. Ini berarti, kesukaan Warren Buffet untuk membaca membuat dia dapat menjaga pikirannya dengan baik. Maka, bisa dibilang Anda harus membaca selamanya untuk menjaga otak Anda tetap baik di masa tua.
 
4. Jangan Melakukan yang Tidak Ingin Anda Lakukan
Ini terlihat sederhana tetapi merupakan nasehat yang cukup berpengaruh, dan bisa jadi sangat sulit untuk diikuti oleh kebanyakan orang.
Buffett mengatakan bahwa dirinya menyenangi permainan bridge, “Saya suka ngobrol dengan teman-teman saya dan saya hanya sedikit melakukan sesuatu yang tidak ingin saya lakukan. Saya sangat beruntung bahwa karena mempunyai kebebasan mengatur waktu saya sendiri dan saya senang melakukan hal itu.”

5. Bermimpi Besar
“Saya selalu mengatakan bahwa bermimpi besar, sama beratnya, sama susahnya, dengan memiliki mimpi kecil, jadi... BERMIMPILAH BESAR!”

6. Berkumpul Bersama Orang-Orang Yang Lebih Pintar
It’s better to hang out with people smarter than you (Lebih baik Anda berjalan dengan orang-orang yang lebih pintar dari Anda).” Buffett menyebutnya dengan “raise your game (tingkatkan permainan Anda)”.

Jika kita hanya berkumpul dengan orang-orang yang pengalamannya sama dengan kita, kita tidak akan "naik kelas", kita akan sama dari tahun ke tahun.

7. Jangan Menyerah
Never give up searching for the job that you're passionate about (jangan menyerah sewaktu mencari pekerjaan yang sangaaaat Anda inginkan)."

Jika hari ini Anda gagal menemukan pekerjaan sesuai keinginan terbesar Anda, jangan menyerah untuk mencobanya besok. Anda akan mudah mengerjakan pekerjaan yang memang sangat Anda inginkan. Bahkan Anda dapat terus meningkatkan kompetensi Anda jika Anda menikmati pekerjaan Anda.

Disadur dari:  id.berita.yahoo.com
Sumber gambar: dealbreaker.com

Hits: 982