VdBackground 01.jpg

Tanda Bahaya: Anda Bergaul dengan Teman yang Buruk

Print
Created on Thursday, 11 December 2014 Last Updated on Wednesday, 17 December 2014 Written by Phi-D


Ada pepatah dari George Washington, Presiden USA ke-1, yang mengatakan, “Associate with men of good quality if you esteem your own reputation, for it is better to be alone than in bad company (Bergaullah dengan orang-orang yang memiliki kualitas yang baik jika Anda menghargai reputasi Anda sendiri, karena lebih baik sendirian daripada Anda memiliki teman-teman yang buruk).” 

Pepatah di atas memperlihatkan bahwa Anda akan terbentuk menjadi orang seperti apa, akan sangat bergantung pada orang-orang yang Anda pilih untuk berada di sekeliling Anda. Terkadang keberuntungan mengendalikan siapa yang telah berjalan dalam hidup Anda, tetapi Andalah yang memutuskan siapa yang Anda biarkan berada dalam hidup Anda, siapa yang Anda kejar untuk memasuki hidup Anda dan siapa yang akan Anda “paksa” keluar dari hidup Anda.

Dan pada akhirnya, Anda harus memilih untuk mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang membuat Anda menjadi orang yang lebih baik dan “membuang” orang-orang yang menjadikan Anda orang yang buruk. Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa Anda sedang bergaul dengan teman yang buruk dan bisa jadi ini membuat Anda "ketularan" menjadi buruk.

Teman Anda hanya Menemui Anda jika Mereka Punya Waktu

Suatu hubungan tanpa interaksi dan komunikasi yang tetap tentu akan menjadi bermasalah, terutama jika tidak ada komitmen.

Jadi, jangan sia-siakan waktu Anda dengan seseorang yang hanya mau ada bersama Anda hanya jika itu menguntungkan buat mereka. Anda tidak perlu memaksa seseorang untuk menyediakan ruang dalam hidup mereka untuk Anda, karena jika mereka benar-benar memedulikan Anda, mereka akan dengan senang hati menyediakan ruang dalam hidup mereka untuk Anda.

Anda adalah orang yang bodoh jika Anda mau terlibat dalam suatu hubungan dengan seseorang yang selalu meremehkan Anda. Jangan memohon ataupun meminta perhatian darinya. Sebaliknya kenalilah diri Anda dan tariklah diri dari pergaulan dengan orang-orang seperti itu.

Teman Anda Mengingat Masa Lalu Anda untuk Menjatuhkan Anda

Beberapa teman mungkin menolak untuk menerima bahwa Anda bukanlah Anda yang dulu mereka kenal; bahwa Anda membuat kesalahan di masa lalu, Anda belajar dari kesalahan itu, setelah itu Anda membuang masa lalu Anda dan membuat PERUBAHAN. Teman Anda mungkin tidak dapat menerima fakta bahwa Anda berkembang, berubah dan membuat banyak kemajuan sehingga mereka mungkin akan mencoba menarik masa lalu Anda untuk menjatuhkan atau menghambat kemajuan Anda sehingga dapat menyusul Anda. Jangan membantu mereka dengan mengakui perilaku negatif mereka dan terpengaruh dengan masa lalu Anda. Tetaplah bergerak maju.

Tetap mengingat ke masa lalu yang tidak dapat diubah akan membuang-buang energi dan tidak dapat berguna untuk menciptakan hari yang lebih baik sekarang. Jika seseorang menghakimi Anda terus-menerus karena masa lalu Anda dan mengingatnya untuk menjatuhkan atau melawan Anda, maka Anda harus memperbaiki masa depan Anda dengan meninggalkan masa lalu dan teman Anda di belakang Anda.

Anda Merasa Terperangkap

Hubungan yang sehat akan menjaga pintu dan jendela tetap terbuka lebar. Banyak udara akan mengalir dan tidak seorang pun akan merasa terperangkap. Hubungan bertumbuh dengan baik dalam lingkungan yang tidak dibatasi seperti ini. Anda dapat datang dan pergi sesuka hati, tetapi Anda kemudian memilih untuk tinggal, karena dimana Anda berada adalah dimana Anda memang ingin berada.

Jika Anda ingin menjadi bagian dari kehidupan seseorang, semua pintu dan jendela yang terbuka di dunia ini tidak akan membuat Anda pergi. Jika seseorang telah menutup semua pintu dan jendela dalam upayanya untuk memerangkap Anda ke dalam suatu hubungan dimana Anda tidak ingin menjadi bagian di dalamnya, inilah waktunya untuk mencari kekuatan untuk "mendobrak" salah satu pintu.

Mereka Mencela Mimpi-mimpi dan Bakat-bakat Anda

Jika Anda membiarkan orang lain membatasi mimpi-mimpi dan bakat-bakat Anda, maka Anda membiarkan mereka menahan Anda. Apa yang dapat Anda capai bukanlah apa yang orang lain pikirkan cocok untuk Anda. Apa yang Anda dapat capai tergantung pada apa yang Anda pilih untuk lakukan dengan waktu dan energi Anda.

Orang akan membuat banyak asumsi jalan untuk Anda, tentang apa yang mungkin dan tidak mungkin. Lihatlah keluar dan cobalah berdiri di luar "kotak" sehingga Anda dapat melihat dengan jelas melewati praduga dan batasan mental orang lain, setelah itu hubungkan dengan pandangan terbaik Anda tentang bagaimana hidup Anda jadinya kelak. Hidup adalah suatu perjalanan terbuka, dan apa yang Anda capai datang dari apa yang Anda harapkan untuk capai dan apa yang Anda kerjakan untuk dicapai.

Maka jangan kuatirkan tentang apa yang orang lain pikirkan, tetaplah berpegang pada apa yang Anda yakini benar. Satu-satunya orang yang akan marah pada apa yang Anda lakukan adalah orang yang sangat ingin Anda hidup dalam kebohongan dan tidak ingin melihat Anda mencapai mimpi-mimpi Anda.

Mereka Membohongi Anda Lebih dari Satu Kali

Kasih adalah kata kerja, bukan kata benda. Oleh karena itu, kasih merupakan sifat yang AKTIF di semua hubungan. Kasih itu bukan hanya merupakan perasaan gairah dan romantis antara dua kekasih; ini juga merupakan sifat yang harus ditunjukkan diantara teman dan keluarga. Jika seseorang berbohong pada Anda, orang itu tidak mengasihi Anda dengan tidak merespek Anda dan hubungannya dengan Anda.

Jika Anda membiarkan seorang pembohong besar tetap berada di dalam hidup Anda, dan Anda terus memberinya kesempatan baru untuk mempercayai mereka kembali, Anda berarti mempunyai banyak kesamaan dengan orang itu, Anda berdua sama-sama berbohong dan tidak mengasihi diri sendiri.

Maka, ingatlah selalu untuk tidak bergaul dengan mereka yang menolak kebenaran dan mengatakan hanya hal-hal yang ingin Anda dengarkan demi manfaat mereka, bukan manfaat Anda. Dalam bukunya, Emotional Vampires, Albert Bernstein menggambarkan orang-orang ini seperti vampir yang mengambil keuntungan yang tidak pantas dengan menyedot keluar energi Anda dari hidup Anda. Maka lindungi diri Anda dari orang-orang seperti ini dan jangan sampai Anda kering tersedot.

Pikiran Negatif Mereka Mempengaruhi Anda

Orang yang berpikiran negatif dalam hidup Anda tidak hanya berpikir negatif terhadap Anda, tetapi terhadap semua yang mereka ajak berinteraksi. Apa yang mereka katakan dan lakukan adalah proyeksi realitas mereka sendiri dan masalah batin mereka sendiri. Bahkan jika mereka mengatakan sesuatu yang bersifat pribadi pada Anda, bahkan jika mereka mencela Anda secara langsung, itu seharusnya tidak mempengaruhi Anda sama sekali.

Sangatlah penting agar Anda mengingat untuk tidak memikirkan apa yang dikatakan dan dilakukan oleh orang-orang yang berpikir negatif. Meskipun Anda tidak dapat mengendalikan apa yang mereka katakan dan lakukan, Anda dapat mengendalikan apakah Anda akan membiarkan mereka mengatakan dan melakukan berbagai hal kepada Anda (baca artikel: Bagaimana Orang Sukses Menangani Orang "Beracun"?). Anda pun dapat menangkal kata-kata dan tindakan "beracun" mereka sehingga tidak menyerang hati dan pikiran Anda. Jika Anda merasa orang-orang ini mulai mempengaruhi Anda, maka berhenti sejenak dan berilah sedikit ruang untuk bernafas.

Pikiran-pikiran positif akan muncul jika Anda menjaga jarak dari orang-orang berpikiran negatif. Menjaga jarak tidak berarti Anda membenci orang-orang yang berpikiran negatif, tetapi ini berarti bahwa Anda merespek diri Anda sendiri.

Mereka selalu Cemburu dengan Apa yang Anda Miliki

Jika ada orang yang cemburu pada Anda, itu bukanlah masalah besar, tetapi jika seseorang terus-menerus cemburu pada apa yang Anda miliki, maka ia akan mencari kesempatan bagus untuk mengambil apa yang Anda miliki.

Orang yang sangat cemburu pada Anda tidak memberitahu seberapa besar seseorang sedang mengagumi Anda, tetapi seberapa parah mereka sedang membenci diri mereka sendiri. Jika Anda sanggup, bantulah mereka untuk maju, tetapi berhati-hati agar mereka tidak menarik dan mempengaruhi Anda. Seringkali bukanlah kasih, atau janji, atau bukti dari Anda yang akan cukup untuk membuat mereka merasa menjadi lebih baik. Karena potongan rusak yang mereka bawa adalah potongan yang harus mereka miliki untuk memperbaiki diri. Kebahagiaan dalam hal ini akan menjadi pekerjaan lain yang harus diupayakan.

Mereka Mendorong Anda untuk Menghakimi atau Membenci Orang Lain

Anda harus mengakui bahwa tidak ada orang yang sempurna. Dan tidak ada keyakinan, ras/suku, ukuran atau bentuk yang buruk. Karena itu semua merupakan kumpulan pendapat tentang orang-orang lain dan bukanlah suatu kebenaran. Pendapat yang munafiklah yang membuat itu menjadi buruk.

Jika Anda menghakimi dan berpendapat tentang orang lain berdasarkan warna kulit, bentuk tubuh dan kecantikan lahiriah, Anda tidak akan dapat melihat seseorang dari sudut pandang yang benar. Jika Anda dapat melihat melampaui fakta bahwa kebanyakan orang tidak berpakaian dan hidup dengan cara yang Anda jalani, Anda dapat melihat begitu banyak kualitas berharga dari orang-orang lain. Maka hindarilah orang-orang yang mendorong Anda untuk menghakimi atau membenci karena mereka berarti pergaulan yang buruk bagi Anda.

Mereka Ingin Anda menjadi Orang Lain

Pergunakan waktu Anda bersama orang-orang yang melihat Anda seperti cara Anda memandang diri sendiri, dan tidak seperti cara mereka. Dan gunakan lebih banyak waktu Anda dengan mereka yang benar-benar memahami Anda, dan mengasihi serta merespek Anda.

Jika seseorang mengharapkan Anda menjadi seperti orang lain, hindarilah orang itu. Lebih bijaksana jika Anda kehilangan teman dan tetap menjadi diri sendiri, daripada Anda mempertahankan teman dengan selalu menjadi seperti orang lain. Lebih mudah untuk mengobati sedikit rasa kecewa dan mencari teman yang baru, daripada mengumpulkan identitas Anda yang hancur lebur. Lebih mudah untuk mengisi ruang kosong yang dulunya diisi oleh teman Anda, daripada mengisi ruang kosong yang dulunya Anda isi.

Sebenarnya setiap orang memiliki pandangan sendiri yang memperlihatkan bahwa mereka sedang bergaul dengan teman-teman yang buruk. Silakan selidiki sendiri teman-teman Anda dan jagalah teman-teman Anda yang memberikan pengaruh membangun untuk identitas dan kepribadian Anda.

Aza-aza FIGHTING.
 
Disadur bebas dari: 9 Warning Signs You’re in Bad Company (www.marcandangel.com)

Sumber gambar:  ivanzulva.blogspot.com

 

Hits: 1398