VdBackground 01.jpg

Alasan Untuk Lebih Mendengarkan Nasehat Orang Tua

Print
Created on Wednesday, 11 February 2015 Last Updated on Wednesday, 11 February 2015 Written by Phi-D


Ada berbagai karakter orang tua di dunia ini dan semuanya memiliki kebijakan dan cara pengasuhan yang berbeda-beda. Ada yang begitu mengatur anaknya secara terperinci, tetapi ada juga yang sangat membebaskan anaknya dalam memutuskan sesuatu. Inilah yang membuat seorang anak kadang dilema untuk mengikuti instingnya sendiri atau ikut saran orang tua. Apalagi ada beberapa orang tua yang sedikit mengancam apabila anak tak menuruti nasehatnya.

Sebenarnya semua keputusan dapat membawa kepada kebaikan asalkan setiap orang sadar betul pada setiap konsekuensi dan risiko dari keputusan yang telah ambil. Memang mengikuti keputusan sendiri tidak sepenuhnya salah, tetapi coba pertimbangkan beberapa alasan berikut mengapa mendengarkan nasehat orang tua bukan hal yang buruk dan bisa juga membawa kepada kebaikan. Kalau Anda sekarang mengalami dilema berkaitan hal tersebut, cobalah simak alasan-alasan di bawah ini mengapa sebaiknya Anda lebih mengikuti anjuran orang tua.

Mereka Pernah Muda

Jangan pernah mengatakan bahwa orang tua tak mengerti anak muda. Mereka pernah muda walau berbeda jaman dengan kita. Apapun karakter mereka, yang namanya orang tua itu pernah muda dan memahami celah-celah masa muda yang bisa menjatuhkan atau mengangkat kita. Hanya saja kita masih sangat muda untuk tidak penasaran dan mencoba hal tersebut.

Kalau bukan mereka yang mengalami sendiri, mungkin mereka juga melihat masa muda itu dari apa yang teman-teman mereka lakukan dan bagaimana mereka sekarang. Bagaimanapun, hargai anjuran yang mereka berikan. Kalau tidak hari ini, besok kita akan mengerti kenapa kita perlu mendengarkan apa yang dinasehatkan ayah dan ibu.

Sebagian Dari Nasehat Itu adalah Bentuk Kepedulian Mereka

Saat orang tua memberikan pendapat atau nasehat mereka, itu menunjukkan kalau mereka peduli pada kehidupan anak-anaknya. Yang namanya orang tua, wajar sekali memberi nasihat pada anaknya agar tidak jatuh pada penderitaan.

Hanya saja tidak semua orang tua bisa memahami bahwa membiarkan anak merasa jatuh dapat melatih anak-anak mereka menjadi lebih tangguh. Akibatnya beberapa orang tua kadang memberikan nasihat yang bisa jadi terlalu protektif. Nah, untuk poin ini, menjadi kewajiban Anda untuk menjelaskan dan membuktikan bahwa Anda bisa dipercaya untuk menjaga diri sendiri. Memang ini tidak mudah, tetapi lakukan hanya bila Anda benar-benar siap, berkemauan kuat dan bertanggung jawab.

Perspektif Yang Obyektif

Orang tua adalah sosok yang tidak berhubungan langsung dengan kehidupan Anda di luar rumah. Misalnya dengan kehidupan Anda di kampus, sekolah atau kantor. Maka sudah pasti mereka bisa memberikan pandangan yang cukup objektif.

Jangan sembarangan membanting pintu saat orang tua sedang bertanya atau memberi nasehat. Mungkin saja apa yang ia katakan adalah apa yang kita butuhkan. Meski saat itu biasanya kita hanya ingin mendengar apa yang ingin kita dengarkan.

Menguatkan Ikatan Orang Tua Dan Anak

Hanya dengan mendengarkan dan mempertimbangkan apa yang orang tua Anda sarankan dapat membuat Anda dan orang tua mempunyai kedekatan yang lebih berkualitas. Sekalipun Anda tak menggunakan nasihat itu, tapi dengan menghargainya, Anda bisa membuat orang tua lebih tenang.

Mereka juga akan merasakan bahwa Anda masih percaya dan menyayangi mereka. Namun tak harus memaksakan apabila yang disarankan orang tua memang meragukan untuk direalisasikan dalam masalah Anda.

Mengurangi Rasa Penyesalan

Banyak anak yang akhirnya mengakui bahwa apa yang dikatakan orang tuanya bukanlah kesia-siaan atau teori belaka. Penyesalan memang datang belakangan. Tapi setidaknya Anda bisa mengurangi resiko menyesal di depan dengan tidak mengabaikan nasihat orang tua.

Rasa penasaran anak-anak muda memang besar karena banyak hal yang masih belum diketahui anak-anak muda. Meski tak masalah sesekali menjadi anak bandel, tetapi selalu dengarkan nasihat baik yang diberikan orang tua. Seiring Anda bertumbuh dewasa, Anda dapat memutuskan sendiri dan menyaring nasihat mana yang benar dan mana yang perlu Anda "modifikasi" sesuai karakter yang telah Anda bentuk.


Disadur dari:  5 Alasan untuk Lebih Mendengarkan Nasihat Orang Tua (© www.vemale.com)

Hits: 4658