VdBackground 02  .jpg

Kebiasaan dari Orang yang Sangat Sukses

Print
Created on Monday, 12 October 2015 Last Updated on Wednesday, 10 January 2018 Written by Phi-D


Orang-orang yang sangat sukses ternyata sangat sukses dalam banyak dimensi kehidupan. Mereka sukses dalam menjalin pertemanan, mereka sukses memelihara kesehatan secara fisik dan mental, mereka sukses menjaga keharmonisan keluarga, mereka sukses dalam karir, bahkan mereka sukses untuk menikmati semua yang mereka kerjakan. Selain itu, orang-orang yang sangat sukses juga senang menceritakan tujuan-tujuan pribadinya ke orang-orang lain.

Sebuah riset berdasarkan survei di laman TalentSmart yang melibatkan lebih dari satu juta orang, membuktikan bahwa orang-orang yang sangat sukses memiliki banyak kesamaan. Pada umumnya, 90% dari mereka sangat terampil mengelola emosi mereka sehingga dapat tetap fokus, tenang, dan produktif. Ya, orang-orang yang sukses memiliki nilai kecerdasan emosi (EQ, Emotional Quotient) yang sangat tinggi, suatu kualitas yang sangat kritis untuk mencapai impian-impian atau tujuan-tujuan jangka panjang (Baca juga: Hal-hal Emosional yang Tidak Dilakukan Orang-orang yang Cerdas).

Seperti orang-orang pada umumnya, orang-orang yang sangat sukses juga membuat berbagai strategi untuk mencapai tujuan. Akan tetapi TIDAK SEMUA ORANG TAHU dengan persis kapan menggunakan suatu strategi pada waktu yang tepat. Karena itu dapat dikatakan bahwa orang-orang yang sangat sukses memiliki banyak strategi yang efektif, tepat guna, dan tepat waktu untuk mencapai tujuan mereka. Berikut ini adalah beberapa strategi yang seringkali digunakan orang-orang yang sangat sukses untuk mewujudkan impian-impian mereka.

1. Tetap Tenang
Orang-orang yang sangat sukses selalu tenang dan sabar karena mereka selalu mendengarkan dan memahami emosi-emosi mereka. Setelah itu mereka menggunakan pengetahuan ini pada waktu yang tepat untuk bertindak dan MENANTANG situasi tersebut dengan pengendalian diri. Saat segala rencana mereka berantakan, mereka tetap tenang karena yakin bahwa bagaimana pun baiknya atau buruknya sesuatu, waktu akan mengubah segalanya. Oleh karena itu, mereka akan menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan keadaan sehingga mereka tetap bahagia dan terkendali.

2. Tahu Banyak Hal
Orang-orang yang sangat sukses mengetahui banyak hal dibandingkan orang-orang lain karena mereka TERUS BELAJAR untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadarannya. Mereka terus mengembangkan diri dengan terus belajar sesuatu yang baru kapan pun mereka memiliki waktu luang. Mereka belajar bukan karena belajar adalah sesuatu yang baik dilakukan, tetapi mereka belajar karena mereka memang SANGAT SUKA BELAJAR. Ya, mereka tidak suka belajar hanya untuk terlihat pintar, tetapi mereka lebih memilih untuk mempelajari hal-hal baru dan mencari peluang untuk meningkatkan diri. Karena itu mereka bisa jadi akan belajar tentang diri mereka sendiri, lingkungan di sekitar mereka, atau memperdalam pengetahuan yang telah mereka miliki. Jadi, mereka belajar bukan karena takut kelihatan bodoh, tetapi karena mereka ingin menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam pikiran mereka.

3. Tidak Tergesa-gesa
Orang-orang yang sangat sukses membuat keputusan dengan memikirkan segala hal secara matang. Ini berarti mereka akan mempertimbangkan berbagai pandangan, mencari saran dari orang-orang yang lebih berpengalaman, bahkan mereka bisa tidur sambil memikirkan keputusan tersebut. Mereka tahu bahwa, seperti yang dikatakan banyak penelitian, terlalu mengandalkan kata hati dengan berani mengikuti naluri dan intuisi tidak selalu efektif, bahkan dapat menyesatkan. Karena itu, mereka akan berhati-hati dengan tidak tergesa-gesa dalam memikirkan banyak hal secara logis sambil membuat beberapa perbandingan sebelum mengambil keputusan yang tepat.

4. Bicara dengan Yakin
Jarang sekali mendengarkan orang-orang yang sangat sukses mengatakan kata-kata, ”Uuummm,” ”Saya tidak yakin,” dan ”Saya pikir.” Orang-orang yang sukses akan berbicara dengan tegas karena mereka tahu sangatlah sulit untuk membuat orang-orang lain mendengarkan mereka jika mereka tidak dapat menyampaikan ide dan kata-kata mereka dengan penuh keyakinan.

5. Bahasa Tubuh yang Positif
Orang-orang yang sangat sukses selalu menggunakan bahasa tubuh yang positif dalam gerakan, ekspresi, dan nada suara. Ini semua membuat orang-orang yang sangat sukses, selalu berhasil menarik orang-orang untuk berada di dekat mereka. Nada yang antusias, tangan yang tidak menyilang, kontak mata yang hangat, dan mencondongkan badan ke orang yang sedang berbicara menciptakan bahasa tubuh yang positif yang membuat orang-orang yang sangat sukses disukai oleh orang-orang lain. Ya, penggunaan bahasa tubuh yang positif dapat membuat banyak perbedaan dalam percakapan, karena CARA seseorang mengatakan sesuatu lebih penting dari apa yang sedang dikatakannya.

6. Memberikan Kesan Pertama yang Kuat
Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang akan bereaksi dan memutuskan untuk menyukai atau tidak menyukai seseorang dari tujuh detik pertama mereka bertemu. Setelah itu, sampai percakapan berakhir, mereka akan menyesuaikan diri berdasarkan reaksi pertama mereka. Ini mungkin terdengar menakutkan, tetapi di lain sisi, ini menguntungkan karena dapat membuat seseorang berhasil menanggapi Anda atau tidak. Sebenarnya kesan pertama selalu berhubungan dengan bahasa tubuh yang positif. Postur badan yang menyakinkan, salaman tangan yang akrab dan kuat, senyuman di bibir, bahu yang terbuka, itu semua dapat membantu memberikan kesan pertama yang kuat.

7. Mencari Kemenangan-kemenangan Kecil
Orang-orang yang sangat sukses senang menantang diri sendiri dan bersaing dengan sehat, walaupun upaya-upaya mereka hanya menghasilkan kemenangan-kemenangan yang kecil. Kemenangan-kemenangan kecil ini akan membangun sel-sel hormon androgen baru yang peka di area otak yang bertanggung jawab untuk memberikan hadiah dan motivasi pada diri. Dengan bertambah banyaknya sel-sel androgen yang peka maka ini akan mempengaruhi hormon testosterone, yang akan lebih jauh meningkatkan rasa percaya diri dan keinginan yang besar untuk menangkap tantangan-tantangan di depan. Saat seseorang mendapatkan serangkaian kemenangan-kemenangan kecil, rasa percaya dirinya akan meningkat selama berbulan-bulan.

8. Tidak Takut
Rasa takut itu sebenarnya ada karena seseorang memenuhi emosinya dengan imajinasi. Memang bahaya adalah sesuatu yang nyata. Dan itu adalah desakan adrenalin yang tidak nyaman yang didapatkan saat seseorang akan tertabrak sebuah bis. Akan tetapi, menjadi takut adalah pilihan. Orang-orang yang sangat sukses tahu ini dengan sangat baik, karena itu mereka akan ”menyimpan” rasa takut di kepala mereka. Sebaliknya dari pada membiarkan rasa takut mengendalikan mereka, mereka akan ”kecanduan” dengan rasa gembira yang mereka dapatkan saat mereka berhasil menaklukkan rasa takut mereka.

9. Lemah Lembut
Orang-orang yang lemah lembut merupakan kombinasi yang sempurna dari orang yang kuat dan lembut. Mereka tidak akan mengintimidasi, marah, atau memanipulasi untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan karena mereka lembut dan memiliki keyakinan alami untuk menyelesaikan tugas. Kata lembut seringkali dimaknai berkonotasi negatif, terutama di lingkungan kerja. Akan tetapi, pada kenyataannya, kelembutan dari seorang yang lemah lembutlah yang memberikan kekuatan pada orang-orang yang sangat sukses. Ini membuat mereka mudah didekati, disukai, dan enak diajak bicara, kualitas-kualitas yang membuat orang-orang dapat menerima ide-ide seseorang.

10. Jujur
Orang-orang yang sangat sukses yakin bahwa kejujuran dan integritas, walaupun terkadang menyakitkan, selalu akan memberikan hasil jangka panjang. Mereka tahu bahwa kejujuran selalu membuat orang-orang secara alami tertarik dan mendekat. Sedangkan kebohongan dan ketidak-jujuran, pada akhirnya akan memberikan bahaya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Notre Dame memperlihatkan bahwa orang-orang yang selalu berbohong sering mengalami masalah-masalah kesehatan mental dari pada mereka yang selalu berkata jujur.

11. Berterima kasih
Orang-orang yang sangat sukses tahu bahwa untuk sampai ke posisi mereka saat ini, ada banyak hasrat yang besar, keinginan yang besar, dan kerja keras. Mereka juga tahu bahwa guru-guru, kolega-kolega, keluarga, dan teman memainkan banyak peran yang sangat besar dalam kesuksesan mereka. Dari pada membanggakan pencapaian-pencapaian mereka, orang-orang yang sangat sukses mengakui peran orang-orang lain untuk melakukan hal-hal luar biasa yang membantu kesuksesan mereka.

12. Memberikan Penghargaan
Orang-orang yang sangat luar biasa dapat meraih banyak pencapaian karena mereka tahu pentingnya untuk merenung dan menghargai apa pun yang telah mereka miliki. Mereka tahu bahwa pandangan positif, ketabahan, dan motivasi yang besar datang karena kesanggupan mereka untuk tetap rendah hati dan menghargai setiap kesempatan yang diberikan kehidupan sejauh ini kepada mereka.

13.Memanfaatkan Waktu
Semua manusia memiliki waktu yang sama setiap hari, yaitu 24 jam. Cara memanfaatkan waktu yang sangat terbatas inilah yang membedakan antara orang yang sukses dengan orang yang gagal. Orang-orang super sukses tahu cara memilih hal-hal terpenting dalam kehidupan mereka dan melakukannya sehingga mereka tidak membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak berharga atau tidak penting.

Hal inilah yang membuat Tim Ferris, seorang penulis, pengusaha, investor, dan pembicara yang berasal dari Amerika, selalu sarapan dengan menu yang sama setiap harinya sehingga ia tidak menyia-nyiakan waktunya.

14.Berani Menolak
Dalam setiap bisnis, seseorang memang diajarkan untuk selalu mengatakan, "Ya", dan mengambil setiap kesempatan dan peluang. Akan tetapi, miliarder Waren Buffet mengatakan, “The difference between successful people and really successful people is that really successful people say no to almost everything (Perbedaan antara orang yang sukses dan orang yang sangat sukses adalah, orang yang sangat sukses mengatakan tidak pada hampir setiap hal).”
Ya, jika Anda berani menolak banyak hal kecil dan tidak berarti, Anda akan memiliki lebih banyak waktu dan energi untuk mengerjakan dan mengejar banyak hal besar yang Anda inginkan [Baca artikel: Menyenangkan Orang Lain itu Tidak Menyenangkan].

15.Tidak Bosan Mengulang
Orang yang super sukses umumnya suka berpetualang, bersenang-senang, mencoba melakukan hal-hal baru, dan belajar banyak keterampilan baru. [Baca artikel: Keluar dari Zona Nyaman]. Dalam melakukan itu semua, tentunya mereka sering melakukan kesalahan dan kegagalan. Akan tetapi, itu semua tidak membuat mereka putus asa, lelah, atau pun bosan; sebaliknya mereka menikmati, penasaran, dan terus mencoba meski proses yang harus mereka lalui berjalan sangat lambat.

Peraih medali emas Olimpiade dalam perlombaan renang, Michael Phelps, tidak menjadi perenang tercepat di dunia dalam satu malam. Ia terus berlatih, mengulang dengan tekun, mencoba seraya ia memiliki keyakinan bahwa ia akan berhasil [Baca artikel: Mengapa Anda Harus Merekrut Seorang Atlet dalam Bisnis Anda].
Ya, untuk berhasil menguasai keterampilan baru dan menaklukkan banyak hal baru, seseorang harus menjadikan pembelajaran pada keterampilan baru tersebut sebagai suatu rutinitas. Banyak atlet, artis, pengusaha, dan pemimpin dalam dunia bisnis berhasil meraih sukses karena mereka tidak pernah bosan mengulang untuk berlatih sehingga mereka menjadi lebih terampil dari sebelumnya [Baca artikel: Takut Mengambil Risiko = ??].

16.Tidak Mencoba Memperbaiki Kelemahan
Seorang atasan pernah menegur saya dan membeberkan banyaknya kelemahan yang saya miliki. Memang bagus untuk membuat perbaikan diri, akan tetapi selalu ingat fakta-fakta ini:
a.Orang lain akan sangat mudah mengkritik dan melihat kelemahan orang lain dan sulit menghargai kelebihannnya [Baca artikel bahwa teman yang buruk adalah teman yang selalu ingin mengubah kepribadian Anda di Bahaya Bergaul dengan Teman yang Buruk].
b.Setiap orang itu seperti dua sisi mata uang, kepribadian menarik yang dimiliki seseorang akan SELALU membawa kepribadian yang buruk bersamanya (misalnya, karakter positif yang tegas, idealis, dan kepribadian yang kuat dari seseorang selalu membuat seseorang terlihat keras kepala, susah diatur, dan mau menang sendiri).
c.Tidak ada manusia mana pun yang sempurna, yang tidak pernah memiliki kelemahan.

Karena itu jika Anda begitu kuatir akan pendapat orang lain tentang kelemahan Anda, Anda akan menghabiskan waktu Anda dan menyia-nyiakan kepribadian menarik Anda. Ya, orang-orang yang sangat sukses tidak berfokus pada apa yang TIDAK DAPAT mereka lakukan atau perbaiki, sebaliknya mereka lebih senang menyalurkan energi mereka untuk melakukan dan memperdalam keterampilan mereka untuk mengerjakan hal-hal yang sangat membutuhkan kepribadian terbaik yang mereka miliki.

Tom Rath, seorang penulis dan peneliti mengatakan “Jika Anda menghabiskan hidup Anda untuk mencoba menjadi lebih baik dalam segala sesuatu, Anda tidak akan pernah menjadi besar dalam hal apapun.”

17.Mereka Bangun Pagi
Apa persamaan mereka yang sukses menjadi CEO dan pengusaha? Sederhana, mereka selalu bangun pagi, bahkan sebelum matahari terbit. Ketika kebanyakan orang masih tidur, orang-orang yang super sukses sudah bangun untuk merenung, berolahraga, merancang kreativitas, memikirkan ide-ide baru. Ya, mereka selalu membuat awal yang produktif setiap hari.

Benjamin Franklin, gubernur Pennsylvania ke-6 dan memiliki banyak keahlian, serta melakukan banyak pekerjaan berbeda mengatakan, “Early to bed and early to rise makes a man healthy, wealthy and wise (Tidur cepat dan bangun lebih pagi membuat seseorang lebih sehat, kaya, dan bijak).”

Jadi, ingin menjadi salah satu orang yang super sukses? Terus praktekkan kebiasaan-kebiasaan ini setiap hari (Baca juga artikel: Kebiasaan yang Dilakukan Orang Sukses)

Jadi, ingin menjadi salah satu orang yang super sukses? Terus praktekkan kebiasaan-kebiasaan ini setiap hari (Baca juga artikel: Karakter WAJIB untuk Sukses).

Aza-aza FIGHTING.

Referensi:  12 Habits That Set Ultra Successful People Apart  (© www.forbes.com) | Hal Mengejutkan yang Dilakukan Orang Super Sukses (© www.marketing.co.id)

Hits: 1030