VdBackground 02  .jpg

Kala Pencuri menjadi Pengangguran

Print
Created on Sunday, 24 May 2020 Last Updated on Sunday, 24 May 2020 Written by Phi-D

 

Tahun 2020, pandemi Covid-19 menyerang hampir seluruh negara di dunia ini. Dan pandemi ini langsung memberikan pengaruh yang buruk pada berbagai bidang dalam lapisan masyarakat. Sebagai contoh, bidang kesehatan mendapatkan dampak langsung seperti terbatasnya tenaga medis, kurangnya tempat perawatan bagi pasien Corona, langkanya persediaan perlengkapan medis yang menjadi standar kesehatan di pasaran, dan sebagainya.

Bidang lain yang terdampak adalah ekonomi. Karena sebagian besar orang diminta di rumah saja sehingga tidak dapat melakukan pekerjaan untuk mencari nafkah, kegiatan ekspor-impor pun mengalami kendala karena adanya berbagai kebijakan negara yang berubah untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona, dan masih banyak hal lainnya yang terkena imbas akibat Covid-19 ini.

Bidang sosial pun ikut terdampak karena adanya ketakutan dan kepanikan besar yang mengakibatkan setiap orang menjadi seolah tidak peduli satu sama lain. Penimbunan bahan pangan, penimbunan perlengkapan medis (baca juga: Dedikasi Hebat para Tim Medis saat Pandemi Virus Corona), orang tua yang lansia tidak dapat bertemu anggota keluarganya, kakak dan adik juga menjaga jarak sosial dengan saling menghindari kunjungan keluarga, dan masih banyak masalah sosial lainnya lagi.

Salah satu masalah lainnya yang cukup menjadi perhatian banyak negara karena menimbulkan kekacauan ekonomi dan sosial adalah gelombang PHK besar-besaran yang mengakibatkan banyaknya orang kehilangan pekerjaan. Beberapa perusahaan pun memotong gaji karyawan sampai lebih dari 60% demi menyelamatkan kas perusahaan. Selain itu, banyak karyawan diminta bekerja dari rumah saja untuk memotong biaya operasional usaha.

Ya, semua hal yang tadi dibahas cukup memilukan hati dan menyedihkan.

Tetapi hari ini, 24 Mei 2020, ada sebuah lelucon meme yang cukup unik dan cukup menghibur yang dikirim oleh seorang teman dari grup WhatsApp. Memang isinya masih menunjukkan emosi menyedihkan, tetapi jika dilihat dari sisi humor, ada sesuatu hal menarik.

 FORMULIR APLIKASI bagi PENGANGGURAN
PEKERJAAN:  Pencuri
ALASAN MENJADI PENGANGGURAN:
Semua orang ada di rumah.

Tidak pernah terpikir oleh saya tentang kehadiran “pekerjaan” seperti diperlihatkan dalam meme humor ini. Di sini terlihat bahwa kegiatan mencuri pun, yang dijadikan sebagai “pekerjaan profesional” oleh beberapa orang dalam lapisan masyarakat, ikut terdampak pandemi global Covid-19. Dan kalau dipikir-pikir, hal itu ada benarnya juga.

Saat pandemi seperti ini, orang-orang diminta di rumah saja sehingga para pencopet dan pencuri bingung mau mencopet siapa di jalan, karena tidak ada lagi siapa-siapa di jalanan. Lalu, saat semua orang di rumah, pencuri pun ketakutan untuk memasuki rumah untuk mencuri dan merampok. Pada akhirnya, semua pekerjaan pencurian pun jadi ikutan terdampak, dan mereka pun harus melaporkan diri bahwa pandemi global virus Corona ini memaksa para pencuri menjadi “pengangguran”. Dan hal ini, sekaligus mengajarkan teori kehidupan yang cukup penting, yaitu bahwa segala hal yang terjadi di dunia, selalu memiliki hukum sebab akibat, dan saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya sehingga adalah mustahil bagi manusia sebagai makhluk sosial untuk tidak memperlihatkan kepedulian antara satu sama lain (baca teori lengkapnya di Teori Angsa Hitam).

Ya, pandemi Corona memang menyedihkan dan memilukan hati. Tetapi ternyata ada saja hal-hal menarik yang cukup kreatif untuk dibahas dan dapat dijadikan humor sejenak untuk membantu mengisi hati dengan hiburan sesaat kala menghadapi tantangan yang cukup berat.

Aza-aza FIGHTING.

Sumber gambar: Facebook @DiedLaughing

Hits: 197