VdBackground 01.jpg

Hewan-hewan Peliharaan yang Menyehatkan

Print
Created on Friday, 13 November 2015 Last Updated on Tuesday, 31 May 2016 Written by Phi-D


Suatu hari, ada seorang ibu yang pernah mengatakan begini, ”Kenapa harus pelihara hewan sih? Mereka menghabiskan waktu, mereka butuh banyak perhatian, mereka tidak pernah akan mandiri dan mereka selalu tergantung pada manusia untuk makan, mandi, dan bersih-bersih kandang.” Bahkan seorang teman juga pernah berkata, “Lebih enak menjaga anak daripada memelihara hewan. Saat 5 tahun mereka sudah bisa ”mandiri”, saat 10 tahun mereka sudah bisa membantu kita. Tetapi hewan tidak pernah bisa mandiri atau pun membantu kita.”

Ya, bagi sebagian besar orang, memelihara hewan adalah suatu beban; akan tetapi bagi para pecinta binatang, memelihara hewan malahan membuat mereka senang. Pertanyaannya, apakah memelihara hewan benar-benar memiliki manfaat?

Sebuah laman di Kompas.com di bawah topik kesehatan membahas bahwa memelihara hewan berdampak besar bagi kesehatan seseorang. Maka tidak heran jika beberapa dokter menyarankan untuk memelihara hewan untuk menurunkan tekanan darah, membantu proses penyembuhan untuk anak-anak di rumah sakit, membantu anak autis untuk melatih interaksi sosial, dan sebagainya. Ya, hewan peliharaan dapat menjadi sahabat terbaik yang selalu mendukung dan setia di dekat sehingga dapat mengurangi stres, menjaga kesehatan jantung, menghilangkan kepenatan, dan sebagainya. Lalu, hewan-hewan seperti apa yang paling cocok dijadikan peliharaan? Berikut ini adalah beberapa alternatifnya.

1. Anjing

 

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 dan dipublikasikan oleh Health Journal of Physical Activity and Health menunjukkan bahwa 34 % mereka yang memelihara anjing lebih dapat memenuhi kebutuhan aktivitas fisik mereka.

Dr. Marty Becker, penulis Chicken Soup for the Pet Lover Soul, mengatakan bahwa ada begitu banyak yang telah dilakukan anjingnya untuk membuatnya bahagia. Dr. Becker mengatakan, "Hanya dengan membelai anjing, Anda dapat merasakan sensasi seperti setelah Anda melakukan perawatan di spa."

Menghabiskan waktu satu sampai dua menit bersama anjing akan membuat hormon dopamin dan serotonin, yang membuat suasana hati bahagia, akan meningkatkan. Melihat aksi menggemaskan dari para anjing ternyata meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Maka dapat dipastikan bahwa memelihara anjing berdampak baik untuk kesehatan pemiliknya karena membuat pemiliknya memiliki tekanan darah yang stabil, kadar kolesterol dan tingkat triglisida yang lebih rendah. Dan tentunya ini sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko sakit jantung.


2. Kucing

Seperti anjing, kucing pun dapat menghilangkan stress dan tekanan darah tinggi. Suara dan tingkah lakunya yang manja dan menggemaskan membuat pecinta kucing tertawa senang.
Universitas Minnesota pernah membuat penelitian dan membuktikan bahwa mereka yang tidak pernah memelihara kucing memiliki risiko 40% lebih tinggi terkena serangan jantung.

3. Ikan

 

Pernahkah Anda memperhatikan ikan-ikan berenang di kolam? Seorang ahli pernah menguji dan membuktikan bahwa melihat ikan berenang memiliki efek yang sama seperti mendengarkan musik.
Penelitian lain yang menguji para pasien yang menjalani operasi gigi membuktikan dengan menatap akurium ikan selama 20 menit, dapat membuat para pasien ini seolah dihipnotis sehingga kadar stress mereka menurun.

4. Burung

Banyak orang memelihara burung untuk menikmati suara kicauannya. Akan tetapi, memelihara burung ternyata memiliki manfaat yang lebih besar lagi. Gregg Takashima, pimpinan American Association of Human-Animal Bond Veterinarians menyatakan bahwa memelihara burung dapat mempengaruhi kesehatan orang yang memeliharanya. Seperti halnya kucing dan anjing, burung juga dapat menciptakan kesenangan bagi mereka yang berinteraksi dengannya.

5. Kuda

Dilihat dari ukuran dan kekuatannya, kuda memang lebih besar dibanding hewan peliharaan lainnya. Menurut Brecker, Anda bisa mengontrol masalah dalam hidup ketika dihadapkan pada makhluk yang lebih besar. Oleh karena itu kuda sering dijadikan sebagai hewan untuk terapi penyembuhan.

Suatu penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 memperlihatkan bahwa kuda dapat mengurangi hormon stress pada anak-anak. Selain manfaat psikologis, menunggang kuda dapat juga membantu seorang anak memiliki keterampilan untuk mengontrol diri dan melatih keseimbangan tubuh.

Melihat begitu banyaknya manfaat yang didapat dengan merawat dan memelihara hewan peliharaan, masihkah Anda menganggap hewan peliharaan sebagai beban?

Baca juga artikel:  Atasi Stress dengan Anjing Anda.

Referensi: 5 Hewan Peliharaan yang Berdampak Menyehatkan (© health.kompas.com)

Hits: 760