VdBackground 02  .jpg

Kata-kata Motivasi Seputar Pekerjaan dari Presiden Amerika

Print
Created on Wednesday, 23 April 2014 Last Updated on Wednesday, 25 June 2014 Written by Phi-D


Sebuah artikel di internet memperlihatkan bahwa 1 dari 3 pekerja mengalami stress di tempat kerja. Stress juga menjadi masalah kedua yang paling sering terjadi di samping masalah sakit punggung. Hasil survei juga mengatakan bahwa jika diakumulasikan, lebih dari seperempat pekerja absen selama 2 minggu dalam setahun karena masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stress  (baca artikel: Tips Mengatasi Stress Dalam Hidup dan di Tempat Kerja).

Semakin besar tanggung jawab seseorang dalam dunia pekerjaan, maka akan semakin berat tekanan atau beban yang harus dipikul oleh seseorang. Ini berarti kadar stres orang tersebut semakin bertambah. Sebagai contoh, seorang pegawai dengan jabatan sebagai staf memiliki kadar stress yang lebih ringan dibandingkan seorang manajer, seorang manajer kadar stressnya lebih ringan dibandingkan seorang general manager. Seorang general manager lebih ringan beban pikirannya dibandingkan pemilik perusahaan. Pemilik perusahaan lebih ringan tanggung jawabnya dibandingkan gubernur suatu negara. Gubernur tidak memiliki beban seberat yang harus dipikul oleh seorang presiden dari suatu negara. Dan tidak ada pekerjaan yang paling berat, dibandingkan pekerjaan dan tanggung jawab yang harus ditanggung dari seorang Presiden Amerika, negara adikuasa yang sedang berkuasa saat ini.

Meski profesi seorang presiden Amerika benar-benar di bawah tekanan yang hebat, setiap presiden selalu mempunyai kata-kata motivasi yang selalu mengingatkan mereka untuk kuat menghadapi berbagai tekanan. Anda pun dapat menggunakan pepatah-pepatah ini untuk menguatkan Anda sewaktu menghadapi tekanan di dunia pekerjaan Anda.

"It is easier to do a job right than to explain why you didn't (Lebih mudah mengerjakan pekerjaan Anda sebaik-baiknya daripada menjelaskan kenapa Anda tidak mengerjakannya dengan maksimal)." – Martin Van Buren, Presiden USA ke-8.
Artinya: Lakukan saja pekerjaan Anda sebaik-baiknya, lakukan apa pun yang harus Anda lakukan meskipun itu tampak sulit dan berbahaya, karena tidak mudah membuat alasan yang dapat diterima oleh orang lain jika Anda tidak mau melakukan pekerjaan Anda, atau Anda terlalu malas untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

"An honorable defeat is better than a dishonorable victory (Pertempuran yang terhormat lebih baik dibandingkan kemenangan yang tidak terhormat). " – Millard Fillmore, Presiden USA ke-13.
Artinya: bisa jadi berkaitan dengan kata pepatah saat masih di sekolah, “Orang yang curang (misalnya dengan menyontek untuk dapat hasil ujian yang bagus) tidak akan pernah menang dan seorang pemenang tidak akan pernah curang.

"Am I not destroying my enemies when I make them my friends (Bukankah saya membunuh/menghancurkan musuh-musuh saya jika saya menjadikan mereka sebagai teman saya)?” – Abraham Lincoln, Presiden USA ke-16.
Artinya: Berupayalah berteman dengan mereka yang adalah musuh Anda. Dengan menjadikan mereka teman Anda, Anda tidak lagi memiliki musuh. Maka ada pepatah lain yang juga mengatakan, “Keep your friends close, but your ememies closer (Tetaplah dekat dengan teman Anda, tetapi Anda harus lebih mendekat lagi ke musuh-musuh Anda).” Dengan melakukan ini, musuh-musuh Anda tidak lagi membuat Anda takut, kaget atau kuatir karena setelah mereka di dekat Anda dan menjadi teman Anda, Anda menjadi tahu apa pun yang mereka pikirkan dan rencanakan.

"In the time of darkest defeat, victory may be nearest (Di masa kekalahan yang paling kelam, kemenangan bisa jadi sudah dekat)." – William McKinley, Presiden USA ke-25.
Artinya: Hal-hal buruk yang terjadi hanya bersifat sementara. Hal-hal buruk tidak akan ada untuk selamanya, itu tidak akan terjadi seterusnya, itu tidak akan jadi masalah yang tidak ada jalan keluarnya.

"The only man who makes no mistake is the man who does nothing (Satu-satunya orang yang tidak pernah membuat kesalahan adalah orang yang tidak pernah berbuat sesuatu)." – Theodore Roosevelt, Presiden USA ke-26.
Artinya: Sewaktu Anda melakukan kesalahan dalam pekerjaan Anda, jangan merasa Anda gagal dan tidak berani mencoba lagi. Karena memang orang yang tidak melakukan apa-apa dan tidak bekerjalah yang tidak melakukan kesalahan. Maka terus berusaha, terus berjuang dan terus bekerja!

"A pessimist is one who makes difficulties of his opportunities and an optimist is one who makes opportunities of his difficulties (Pesimis adalah seseorang yang membuat kesulitan-kesulitan pada kesempatan-kesempatan yang dimilikinya dan optimis adalah seseorang yang membuat kesempatan-kesempatan pada kesulitan-kesulitan yang dimilikinya)." – Harry Truman, Presiden USA ke-33.
Artinya: Hidup itu penuh dengan kesulitan dan kesempatan. Maka manfaatkan setiap kesempatan sehingga Anda dapat mengatasi berbagai kesulitan Anda.

"We must adjust to changing times and still hold to unchanging principles (Kita harus menyesuaikan diri dengan waktu yang terus berubah dan tetap berpegang pada prinsip yang tidak berubah)." – Jimmy Carter, Presiden USA ke-39.
Artinya: Memang agar dapat bertahan hidup, Anda harus selalu berubah mengikuti perkembangan jaman, tetapi Anda tidak boleh mengubah prinsip-prinsip dasar dalam kitab suci karena itu dapat menjaga moral Anda tetap baik.

Associate with men of good quality if you esteem your own reputation, for it is better to be alone than in bad company (Bergaullah dengan orang-orang yang memiliki kualitas yang baik jika Anda menghargai reputasi Anda sendiri, karena lebih baik sendirian daripada Anda berada bersama teman-teman yang bersikap buruk).” – George Washington, Presiden USA ke-1.
Artinya: Berhati-hatilah dalam memilih teman bergaul Anda. Ada pepatah dalam kitab suci yang mengatakan, “Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang berguna.”

Trust, but verify (Percaya, tetapi uji).” – Ronald Reagan, Presiden USA ke-40.
Artinya: Meskipun Anda merasa bahwa sumber informasi yang Anda dapatkan bisa dipercaya, tetapi Anda tetap harus membuat riset tambahan untuk menguji bahwa informasi tersebut akurat dan memang dapat dipercaya. Tindakan ini membuat Anda tidak mudah dibohongi atau diperdaya oleh orang-orang yang ingin menjatuhkan Anda.

There are risks and costs to action. But they are far less than the long range risks of comfortable inaction (Ada resiko dan harga yang harus dibayar untuk suatu tindakan. Akan tetapi itu semua lebih sedikit/murah dibandingkan resiko jangka panjang yang harus Anda tanggung jika Anda tidak bertindak dari keadaan nyaman Anda sekarang).” – John F. Kennedy, Presiden USA ke-35.
Artinya: Lihat di artikel Jika Anda hanya Memiliki 0.01% Kesempatan   dan juga di artikel   Harga yang Harus Dibayar untuk Segalanya.

Do you want to know who you are? Don't ask. Act! Action will delineate and define you (Apakah Anda ingin tahu siapa Anda sebenarnya? Jangan bertanya. Bertindaklah! Tindakan akan menggambarkan dan mendefinisikan siapa diri Anda).” – Thomas Jefferson, Presiden USA ke-3.
Artinya: Orang tidak dapat tahu siapa Anda sampai Anda melakukan sesuatu. Misalnya jika Anda mengatakan bahwa Anda adalah orang yang jahat dan kejam, tetapi Anda selalu memperlakukan orang lain dengan baik dan ramah maka orang-orang akan mengatakan bahwa Anda adalah orang yang baik. Orang akan melihat seperti apa Anda, dari apa yang Anda lakukan, bukan apa yang Anda katakan.

When you get to the end of your rope, tie a knot and hang on (Sewaktu Anda ada di ujung tali Anda, buatlah simpul dan bergantunglah).” – Franklin D. Roosevelt, Presiden USA ke-32.
Artinya: Jika banyak masalah membuat Anda nyaris terjatuh, seolah-olah Anda berada di ujung tali, JANGAN MENYERAH. Bergantunglah pada apa pun yang telah Anda lakukan dan pelajari dalam hidup. Jika Anda merasa tidak ada lagi yang tersisa untuk Anda, carilah satu-satunya hal yang masih bisa Anda lakukan dan Anda miliki, bahkan meski itu sangat kecil seperti membuat simpul tali. Ini berarti Anda melakukan yang terbaik untuk bertahan. Situasi dapat berubah, orang lain dapat mengulurkan bantuan pada Anda, atau Anda bisa jadi tiba-tiba mendapat ide untuk mengatasi masalah Anda. Ya, jika Anda bertahan sedikit lagi, banyak masalah berat akan terselesaikan dengan sendirinya.
(Lihat juga artikel: Jangan Menyerah Sekarang)

Referensi: Career Advice from U.S. Presidents (theofficeprofessional.com)
Sumber gambar: Thinkstock Images

Hits: 1395