VdBackground 01.jpg

Teknik Mengajar yang Efektif

Print
Created on Tuesday, 05 July 2011 Last Updated on Wednesday, 03 July 2013

 

Mempelajari hal-hal yang baru merupakan suatu pengalaman yang menyenangkan terutama jika ternyata setelah dipelajari, hal-hal baru tersebut dapat dipahami dengan baik. Memang untuk mempelajari sesuatu yang baru, beberapa orang bisa jadi menyelidiki dari berbagai informasi melalui buku ataupun internet, beberapa bisa jadi mendaftar di tempat-tempat kursus ataupun beberapa orang mencari sekolah-sekolah khusus untuk mendalami ilmu pengetahuan mereka. Memang jika terdapat minat yang tinggi terhadap suatu bidang ilmu, mempelajari suatu hal dapat menjadi sesuatu yang menyenangkan. Namun jika tidak ada minat terhadap ilmu yang sedang dipelajari, mempelajari suatu hal dapat membosankan, membebani dan tidak menarik. Nach, untuk yang satu ini, dibutuhkan seorang guru yang memiliki kesanggupan sebagai pengajar yang dapat memudahkan pembelajaran.

Jika mencari di internet, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pengajar agar dapat mengajar pelajar dengan efektif sehingga memahami suatu bidang ilmu secara lebih mendalam. Teknik mengajar yang efektif berarti pengajar tersebut mampu menangkap minat pelajar dan membantunya untuk mempelajari materi-materi yang rumit sekalipun seperti sains dan matematika. Berikut ini ada beberapa teknik mengajar yang efektif yang disadur dan dikutip dari berbagai sumber di internet.

Melibatkan Pelajar
Agar dapat mengajar secara efektif, penting untuk melibatkan pelajar pada materi. Dalam hal ini, seorang guru yang baik harus dapat mencari hubungan antara materi yang sedang dipelajari dengan ketertarikan pribadi pelajar terhadap suatu hal atau masalah yang paling dipahami oleh pelajar. Tujuannya adalah agar pengajaran yang dilakukan lebih berkesan dan merangsang minat pelajar untuk mempelajari materi.

Variasi
Variasi sangat penting karena pengajar harus berhadapan dengan banyak pelajar yang memiliki minat, kepribadian dan sifat yang berbeda-beda. Dengan memberikan variasi materi pengajaran, pengajar dapat menggali cara menarik minat pelajarnya. Selain itu, otak manusia dapat dengan mudah menjadi jenuh. Maka dengan memberikan variasi cara mengajar, pelajar tidak mudah menjadi jenuh. Cara mengajar dapat dilakukan langsung di depan komputer, menyelidiki materi melalui buku di perpustakaan ataupun praktek di alam.

Kesempatan Pelajar untuk Mengajar
Sediakan waktu dan kesempatan untuk pelajar agar dapat mengajar pelajar lainnya materi yang sudah dipelajari bersama. Umumnya cara ini lebih efektif jika dilakukan dalam hal belajar kelompok.

Tinjau Ulang
Setiap hari, pada 10 menit pertama sebelum memulai pelajaran, penting untuk mengajak pelajar berdiskusi sambil mengingat pelajaran yang mereka pelajari sebelumnya.

Sistem Pemberian Hadiah
Terapkan sistem pemberian hadiah bagi pelajar untuk memberinya semangat dalam mempelajari materi bahkan setelah sesi pelajaran selesai. Pemberian hadiah ini dapat dilakukan dan diberikan bagi pelajar-pelajar berikut:
-. Pelajar yang dapat menerapkan materi yang diajarkan dalam kehidupan sehari-hari.
-. Pelajar yang berhasil lulus dalam setiap tes yang diberikan.
-. Pelajar yang terlibat penuh dalam diskusi kelompok di luar sesi pelajaran.
-. Pelajar yang dapat memberikan ide-ide baru dalam materi pelajaran.
-. Pelajar yang dapat memberikan solusi atau memecahkan soal untuk materi pelajaran tanpa bantuan.

Tujuan
Bantu pelajar untuk menetapkan tujuan jangka panjang. Untuk mencapai tujuan ini, pengajar perlu membantu pelajar menentukan tujuan-tujuan jangka pendek yang lebih mudah dicapai. Setelah itu, setiap beberapa saat, bantu pelajar untuk meninjau apakah si pelajar masih tetap pada jalur untuk mencapai tujuannya.

Kerja Kelompok
Pada akhir pertemuan, cobalah untuk memberikan “Tantangan Setelah Sesi Belajar”. Misalnya ini dapat dilakukan dengan membagi pelajar untuk bekerja dalam kelompok yang terdiri atas 3 sampai 4 orang. Tantangan yang diberikan dapat berupa materi lanjutan dari materi yang sudah dipelajari. Jawaban dari tantangan tersebut akan dibahas bersama pada pertemuan selanjutnya.

Evaluasi
Evaluasi yang diberikan bagi pelajar harus bersifat pribadi dan rahasia karena isinya merupakan fokus pada pencapaian individu, kemajuan yang dibuat dan penguasaan materi, bukan hanya sekedar menunjukkan prestasi yang sudah dibuat.

Kerjasama
Pengajar dapat bekerjasama dengan pelajar untuk sama-sama bekerja menyelesaikan suatu proyek.

Menghadirkan Tenaga Profesional
Undang seorang profesional yang berhubungan dengan materi yang dipelajari untuk menceritakan hal-hal yang mereka lakukan dalam pekerjaan mereka.

Disadur dari: 10 Effective Teaching Techniques (www.pribelize.org)
Sumber Gambar: portfolios.music.ufl.edu

Hits: 1363