VdBackground 01.jpg

Cara Mudah dapatkan Pekerjaan untuk Lulusan Baru

Print
Created on Tuesday, 22 November 2011 Last Updated on Thursday, 03 April 2014

Beberapa perusahaan sangat menyukai untuk mencari karyawan dari lulusan baru dengan alasan pembayaran gaji dan tunjangan yang lebih murah, meski dengan konsekuensi mengajari mereka dari awal. Meskipun demikian, mencari pekerjaan bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan karena adanya persaingan dari semakin banyaknya lulusan baru dari SMK ataupun dari dunia kuliahan. Namun, jangan mudah menyerah sewaktu menuliskan lamaran pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa kiat yang dapat diikuti para lulusan baru.

Identifikasi Posisi
Mengidentifikasi posisi yang paling cocok dengan profil Anda dapat memudahkan dalam memilih pekerjaan yang diminati. Untuk melakukan kiat ini, buatlah daftar kelebihan yang Anda miliki, tulis semua pengalaman kerja Anda (misalnya: pengalaman magang, melakukan pekerjaan paruh waktu dan sebagainya). Setelah itu introspeksi dan identifikasi posisi yang cocok dengan ketrampilan dan minat Anda.

Bangun Jejaring
Memasang profil di situs pencari kerja bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan pekerjaan. Salah satu cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan adalah dengan membangun jejaring dengan orang-orang yang dapat mengarahkan Anda untuk dapat magang dengan bayaran atau mendapatkan posisi yang relevan. Jangan ragu untuk meminta saran dari seorang mentor, snior yang sudah bekerja atau bahkan teman-teman orang tua Anda. Diskusikan minat Anda dan cara terbaik membuat terobosan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Gunakan Sosial Media
Sosial media memang merupakan salah satu media yang dapat dijadikan sarana hiburan dan menuangkan hobi membagi tulisan, foto, gambar dan sebagainya. Namun, sosial media seperti Linkedln, Facebook ataupun Twitter dapat sangat membantu Anda dalam memasarkan diri dan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Sudah banyak cerita tentang orang-orang yang ditawari pekerjaan karena profil Facebook atau konten tweet di Twitter yang mereka unggah di internet. Karena itu, buat dan isilah sosial media Anda dengan informasi-informasi yang relevan seperti informasi pendidikan, pengalaman magang , pengalaman kerja dan juga minat Anda.

Baca juga: Kiat Sukses menjadi Karyawan Baru

Disadur dari: Majalah CHIC No. 100
Sumber gambar: mamansuparman.com

Hits: 1151