VdBackground 01.jpg

Mengenal Silicon Valley

Print
Created on Friday, 23 January 2015 Last Updated on Wednesday, 11 February 2015 Written by Phi-D


Silicon Valley adalah sebuah tempat berkumpulnya inovator-inovator hi-tech dari seluruh dunia. Silicon Valley terletak di selatan area Teluk San Fransisco, California Utara, Amerika. Istilah Silicon Valley awalnya merujuk pada luasnya area regional yang besar dari sejumlah innovator dan manufaktur chip, namun belakangan itu berubah menjadi pusat area bisnis hi-tech. Ya, Silicon Valley berubah menjadi pusat ekonomi di Amerika, dan akan berlanjut untuk menjadi pusat area inovasi hi-tech karena adanya sejumlah besar engineer dan kapitalis pengusaha (venture capitalists).

Istilah Silicon Valley pertama kali diciptakan oleh Ralph Vaerst, seorang wirausaha di California Utara. Kata ‘Silicon Valley’ kemudian dipublikasikan oleh Don Hoefler, teman dari Vaerst, yang menggunakan kedua kata tersebut sebagai judul dari artikel perdagangan mingguan “Silicon Valley USA”, mulai tanggal 11 January 1971. Kata Valley sendiri merujuk dari kata Santa Clara Valley, yang berlokasi di Teluk San Fransisco, sementara Silicon merujuk ke perusahaan konsentrasi tinggi dalam industri komputer dan semi-konductor, yang terkonsentrasi di satu area.

Kesuksesan Silicon Valley didorong oleh dua faktor utama, kreativitas inovasi dan wirausaha. Di Silicon Valley tersebut terdapat sebuah universitas bernama Stanford University yang merupakan salah satu universitas terbesar di dunia. Dari universitas tersebut banyak lahir perusahaan-perusahaan teknologi kelas dunia yang mampu merajai dunia teknologi, mulai dari Sun Microsystems sampai dengan yang paling besar, Google.Universitas Stanford banyak sekali mendukung riset-riset yang merangsang inovasi teknologi tinggi dan ini semua membuat mahasiswanya menjadi sangat produktif untuk menghasilkan produk-produk teknologi baru.

Para wirausaha Silicon Valley adalah kapitalis pengusaha dan investor yang berani mengeluarkan sejumlah besar uang untuk membiayai riset kreatif di Stanford. Salah satu kapitalis pengusaha yang terkenal adalah sequoia capital. Berikut ini adalah perusahaan-perusahaan yang termasuk sequoia capital adalah:
* Adobe Systems
* Advanced Micro Devices (AMD)
* Agilent Technologies
* Apple Inc.
* Applied Materials
* Business Objects
* Cisco Systems
* eBay
* Google
* Hewlett-Packard (HP)
* Intel
* Intuit
* LSI Logic
* Maxtor
* National Semiconductor
* NetApp
* Nvidia
* San Disk
* Symantec
* Sun Microsystems
* Yahoo!
Dengan dukungan dari para kapitalis inilah, wirausaha berteknologi tinggi di Silicon Valley dapat berkembang pesat. Para inovator yang selama ini berkutat di kampus bisa melangkah sedikit keluar wilayah kampus untuk mencari dana, mendapat dukungan dan mengimplementasikan idenya.

Disadur dari:  Mengenal Silicon Valley (©  www.kamusilmiah.com)

Hits: 700