VdBackground 01.jpg

Cara-cara Cepat untuk Mendorong Karir Anda

Print
Created on Thursday, 29 January 2015 Last Updated on Wednesday, 01 April 2015 Written by Phi-D


Seperti semua orang, Anda pun sangat ingin membuat kemajuan dalam karir. Namun satu hal yang perlu Anda ingat, kemajuan dalam karir tidak sepenuhnya dapat diupayakan oleh Anda sendiri, ada orang-orang di sekitar Anda yang membuat Anda dapat membuat kemajuan dalam karir. Akan tetapi, sayangnya, dalam kebanyakan kasus, ada hal-hal yang membuat Anda malahan menyulitkan orang lain untuk mendukung kemajuan karir Anda.

Berikut ini adalah prinsip-prinsip dasar yang perlu Anda ingat sehingga ini dapat membuat orang-orang lain membantu Anda untuk mendorong karir Anda. Memang dalam semangat yang tinggi, tidak semua prinsip di bawah ini yang mudah diterapkan, tetapi semuanya ini lebih mudah dijalankan daripada Anda frustasi melihat talenta Anda tidak digunakan atau tenggelam.

1. Lakukan Kebaikan di Tempat Pertama

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menolong beberapa orang setiap hari. Jangan sampai gagal dalam melakukannya, tuliskan pada kalender Anda untuk mengingatkan Anda melakukannya. Berupayalah untuk berkenalan dengan orang-orang baru, tunjukkan pekerjaan terbaik yang telah dilakukan oleh kolega-kolega dan klien-klien Anda, bantu mereka yang terhimpit dan tidak beruntung (bukan mereka yang kaya dan berkuasa).

Kebiasaan ini bukan hanya membuat Anda merasa lebih baik tetapi ini juga akan mengubah perasaan orang-orang lain terhadap Anda.
 
2. Akui Kelemahan

Hal terbaik dan termudah yang dapat dilakukan seorang profesional adalah dengan mengakui bahwa mereka lemah. Dengan melakukan ini, Anda memberikan kolega-kolega Anda sebuah kesempatan untuk membantu Anda, dan ini membuat mereka merasa lebih terampil dan dihargai.

3. Percaya Diri dan Terampil

Jika Anda percaya diri namun tidak terampil, maka Anda tidak lebih dari kendi yang kosong. Sebaliknya jika Anda terampil tetapi tidak percaya diri maka Anda akan dengan tragis menyia-nyiakan talenta Anda. Oleh karena itu agar dapat menikmati keberhasilan jangka panjang, Anda harus seimbang dalam 2 (dua) elemen penting ini. Ini memang tidak mudah, tetapi dengan tetap seimbang, ini akan membuat perbedaan besar dalam karir Anda.
   
4. Penampilan Luar

Apakah Anda memotong gambar orang lain yang ada di foto untuk media sosial? Apakah foto Anda terlihat seperti orang yang sedang melarikan diri dari hukum? Apakah Anda memotong rambut Anda sendiri? Memang ide untuk hidup sebagai meritokrat sangat menyenangkan, tetapi semua orang membuat pendapat cepat berdasarkan penampilan. Maka investasikan waktu dan uang sehingga Anda dapat mengubah penampilan dan memberikan penampilan luar yang terbaik.

5. Jangan Menunggu Gelar

Jika Anda ingin dipromosikan, bertindaklah seperti Anda memang sudah dipromosikan. Lakukan lebih dari yang diharapkan dari Anda walau itu berarti Anda bekerja sampai larut malam dan pada akhir pekan.

6. Sederhanakan Sasaran Anda

Ada 9 dari 10 profesional yang tidak dapat menjelaskan secara sederhana apa yang mereka inginkan selanjutnya dalam karir mereka. Jika Anda tidak dapat mengerti apa yang Anda inginkan selanjutnya, maka tidak seorang pun yang akan mengerti. Terus lepaskan sedikit demi sedikit sampai Anda dapat menjelaskan apa yang Anda inginkan bahkan ke anak berumur 7 tahun.

7. Tetap Otentik

Jangan berpura-pura menjadi orang lain, dan jangan berpura-pura peduli saat Anda tidak benar-benar peduli. Jujurlah 100%, jadilah diri sendiri 100%. Yang terpenting, jika Anda mengatakan bahwa Anda akan melakukan seuatu, lakukan saja hal itu.

8. Bangun Hubungan dengan Pro-Aktif

Dunia tidak pernah berhenti, maka Anda tidak boleh berhenti untuk berkenalan dengan orang-orang yang baru. Ya, jangan pernah berhenti mencari, mencapai dan bertemu dengan orang-orang dinamis yang bersemangat karena orang-orang seperti inilah yang dapat melengkapi Anda. Jangan sampai Anda terjebak dalam kotak. Walaupun Anda bisa jadi sudah lansia dengan usia lebih dari 70 tahun, tetaplah pro-aktif untuk dekat dengan mereka yang berusia 23 tahun yang memiliki banyak energi dan ide.

9.Ubah Karir ”Terkutuk” Anda

Seringkali orang menunggu terlalu lama agar mendapatkan tenaga dari luar untuk mengubah status mereka. Anda memiliki kesanggupan untuk mengubah nasib jika Anda rela membayar ”harga” untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan (baca artikel: Harga yang Harus Dibayar untuk Segalanya).

10.Berikan Bukti pada Pekerjaan Anda

Jika Anda bergantung pada orang-orang lain untuk mengetahui kesalahan Anda, Anda akan menjadi orang yang lemah dan tidak mandiri. Maka buat keyakinan pada diri Anda sendiri bahwa Anda memang telah melakukan pekerjaan yang sempurna.

Baca juga artikel:  Hal-hal yang Menghambat Karir Anda

Disadur bebas dari: 10 Quick Ways To Supercharge Your Career (©  www.forbes.com)

 

Hits: 562