VdBackground 02  .jpg

Cara Menjadi Pemimpin yang Inspiratif

Print
Created on Monday, 11 May 2015 Last Updated on Tuesday, 25 July 2017 Written by Phi-D


Pemimpin yang inspiratif adalah pemimpin yang dapat membawa suatu organisasi dan orang-orang yang berada di dalamnya untuk mendapatkan kedudukan yang lebih baik sehingga menjadi bahan perbincangan di dunia bisnis. Hal ini disebabkan karena pemimpin yang inspiratif mampu menggunakan cara yang paling efektif untuk mempersuasi tim-tim yang terdiri dari orang-orang bertalenta, yang merupakan fondasi dari sebuah perusahaan modern. Dengan kemampuannya menginspirasi, pemimpin ini sanggup membagikan pandangan dan visi dari sebuah organisasi.

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara seseorang menjadi seorang pemimpin yang inspiratif? Apa saja yang harus dilakukan?

Cara termudah dan tercepat untuk menjawabnya adalah dengan melihat pada nilai-nilai akademik yang menonjol dan pengalaman kerja yang luar biasa yang telah dilakukannya. Pada umumnya, pemimpin yang inspiratif adalah mereka yang mengenyam pendidikan dalam program MBA di sekolah bisnis terkemuka atau lulus dari sekolah teknik. Setelah itu mereka bekerja sebagai sebagai pegawai tetap di sebuah organisasi yang bereputasi baik dengan masa jabatan tertentu.
Sedangkan cara tersulit dan terlambat untuk menjawab apa saja yang harus dimiliki pemimpin yang inspiratif adalah bahwa pemimpin yang inspiratif membutuhkan lebih dari sekadar nilai-nilai akademik yang menonjol dan pengalaman teknik.

Seperti yang didiskusikan dalam The Ten Golden Rules of Leadership (10 Aturan Emas Kepemimpinan), kepemimpinan adalah komposisi yang luar biasa dari keterampilan, pengalaman, dan cara pandang yang matang. Dan cara pandang yang matang-lah yang MEMBEDAKAN dan MEMISAHKAN antara:
1. Pemimpin yang inspiratif vs mereka yang hanya ”menjalankan” sebuah organisasi
2. Pemimpin yang membantu sebuah organisasi bertumbuh pesat vs pemimpin yang menghancurkan sebuah organisasi.

Cara pandang yang matang adalah BAHAN TERPENTING  yang harus dimiliki dalam diri pemimpin yang inspiratif. Ini disebabkan karena dengan memiliki cara pandang yang matang, seorang pemimpin dapat mengembangkan dan mengeluarkan pikirannya untuk menyuarakan visi perusahaan ke orang-orang yang berbeda dan unik dalam organisasinya.

Ada beberapa pemimpin yang memang terbukti inspiratif dalam dunia bisnis. Mereka adalah Bill Gates dan Steve Jobs. Bill Gates dan Steve Jobs mampu melihat banyak hal lebih cepat dari eksekutif-eksekutif lainnya; dan mereka benar-benar memahami hal-hal yang terjadi sehingga mereka dapat memantulkan dan menjelaskan secara terperinci tentang berbagai hal sambil berkonsentrasi penuh pada tantangan-tantangan yang sedang dihadapi.

Hal inilah yang memperlihatkan mengapa pemimpin yang sejati bukan saja harus dilihat dari nilai akademik yang menonjol, tetapi juga dari cara mereka memahami berbagai masalah dalam hidupnya. Dan pada saat mereka dapat sangat memotivasi diri menghadapi berbagai tantangan dalam hidup, mereka dapat mencapai status sebagai seorang ”pemimpin” yang inspiratif.

Sebagai kesimpulan; yang membedakan antara pemimpin sejati, dan juga pria atau wanita yang membuat perbedaan nyata di lingkungan kerja, mulai dari pekerja administrasi, adalah rangkaian yang unik dari cara pandang dan nilai. Di saat orang-orang lain terjebak dalam kekusutan detil dan hal-hal remeh, pemimpin yang sejati dapat menggunakan metode-metode dan pendekatan-pendekatan yang memantulkan kejelasan dan pemahaman. Kesanggupannya ini muncul karena ia selalu melakukan perenungan yang dalam pada kehidupan.

Hanya pria dan wanita yang benar-benar mengolah filosofi hidup yang bermakna secara mendalam, selalu merenungkan berbagai hal yang terjadi dalam hidup, serta memberikan inspirasi kepada orang-orang lain, yang akan menjadi orang-orang yang siap dan sanggup untuk menunjukkan bahkan menciptakan lingkungan kerja yang unggul, yang memang dipimpin oleh seorang ”pemimpin” yang inspiratif.

Karena itu, nyata bahwa kepemimpinan yang sebenarnya dibentuk dan dimulai dari dalam diri.

Disadur bebas dari: How to Become an Inspirational Leader ( © www.forbes.com)
Sumber Gambar: Karakter Pemimpin (@ www.peterlim-mba.com)

Hits: 838