VdBackground 01.jpg

Adakah Keuntungan Mempekerjakan Tenaga Profesional Ahli?

Print
Created on Monday, 07 October 2019 Last Updated on Monday, 07 October 2019 Written by Phi-D

 

Terkadang beberapa orang bisa saja komplain, “Mengapa Anda meminta harga yang mahal untuk pekerjaan mudah yang dapat Anda selesaikan dalam waktu hanya 5 menit?”

Apakah Anda sering kecewa saat ada orang yang mematok harga yang cukup mahal padahal dia dapat melakukan pekerjaan itu dengan sangat cepat, cekatan, lincah, terlihat tanpa beban dan bahkan tanpa perlu berpikir mendalam dalam mengerjakan tugas “mudah” yang diberikan pada orang itu?

Sebelum Anda menyatakan kekecewaan Anda, cobalah mengajukan pertanyaan itu ke diri Anda sendiri: Apakah Anda JUGA dapat mengerjakan pekerjaan yang sama hanya dalam waktu 5 menit, tanpa mengeluh, tanpa meminta bantuan, tanpa kesulitan sama sekali? Kalau jawaban Anda adalah, “Iya, saya juga dapat.” Itu berarti Anda pun juga adalah seorang ahli dengan keterampilan dan kehebatan yang sama. Dan ini pun berarti Anda tidak perlu meminta orang lain untuk mengerjakan tugas tersebut karena Anda pun dapat dengan mudah melakukannya sendiri.

Ya, seorang ahli dapat mengerjakan banyak sekali tugas dan pekerjaan yang terlihat sulit, menekan, rumit, dan kompleks hanya dalam waktu yang sangat singkat tanpa kesulitan sama sekali. Kenapa begitu? Davy Greenberg menjelaskan alasannya, “If I could do a job in 30 minutes, it is because I spent 10 years learning how to do that in 30 minutes. You owe me for the years, not the minutes (Jika saya dapat mengerjakan tugas dalam 30 menit, itu karena saya telah lebih dulu menghabiskan waktu 10 tahun sebelumnya untuk belajar cara mengerjakan tugas itu dalam waktu 30 menit. Anda berhutang tahun-tahun belajar saya, bukan menit pekerjaan saya).”

 

Alasan yang Greenberg bagikan kemudian menjadi viral dan ini menjelaskan beberapa kebenaran penting berikut ini:

  • Jika Anda ingin menghasilkan produk yang bagus dan bermutu, maka Anda harus mempekerjakan tenaga ahli.
  • Jika Anda ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk merawat kepuasan semua pelanggan Anda, maka maka Anda harus mempekerjakan tenaga ahli.
  • Jika Anda ingin membuat keuntungan-keuntungan besar demi kelangsungan hidup perusahaan Anda, maka Anda harus mempekerjakan tenaga ahli.
  • Jika Anda ingin memiliki tim kerja yang kompak, cerdas, kompeten, dan produktif, maka Anda harus mempekerjakan tenaga ahli dan memosisikan para ahli ini sebagai mentor bagi rekan-rekan kerja yang baru.
  • Jika Anda ingin perusahaan yang Anda pimpin bekerja dengan efektif dan berkembang dengan cepat, maka Anda pun harus mempekerjakan para tenaga ahli.

Dan untuk alasan-alasan dan kebenaran-kebenaran di atas, maka Anda pun HARUS berani membayar harga seorang pekerja ahli (baca juga: Harga yang Harus Dibayar untuk Segalanya). Memang saat Anda mempekerjakan tenaga ahli, ada beberapa hal yang perlu Anda antisipasi. Misalnya, Anda harus SIAP membayar harga yang lebih tinggi untuk tenaga kerja Anda. Selain itu, Anda pun harus siap menerima komplain dan memperbaiki pemikiran Anda saat para tenaga ahli ini menemukan jalan terbaik dan lebih efektif dalam mengembangkan perusahaan Anda. Lalu, Anda pun harus siap menjadi moderator yang baik untuk mengatasi berbagai perbedaan pendapat yang mungkin timbul akibat berkumpulnya beberapa tenaga ahli dalam tim Anda. Akan tetapi, beberapa antisipasi di atas tidak seberapa dibandingkan keuntungan berlipat-lipat yang akan Anda peroleh karena berbagai pekerjaan bermutu yang dikerjakan para tenaga ahli Anda. Dan jika Anda dikarunia keahlian tambahan untuk mengelola para ahli ini dan menempatkan mereka pada posisi yang tepat, maka Anda pun akan dikarunia berpuluh-puluh lipat keuntungan tambahan.

Seperti halnya atlet hebat yang selalu mengulang-ulang latihan yang sama setiap hari, selama berjam-jam, untuk jangka waktu bertahun-bertahun, agar dapat menjadi lebih tangkas, cekatan, dan ahli; maka para pekerja profesional yang ingin menjadi seorang ahli pun HARUS melakukan hal yang sama. Itu sebabnya mereka LAYAK mendapatkan bayaran yang lebih dibandingkan pekerja pada umumnya.

Baca juga: Mengapa Anda Membayar Mahal untuk Tenaga Kerja Ahli?

Referensi artikel: Why It Can Cost $5000 for What Looks Like 5 Minutes of Work (© www.inc.com)

Sumber gambar: IG @eldadido

Hits: 133