VdBackground 01.jpg

4 Kebiasaan Buruk dan Berbahaya di Dapur

Print
Created on Tuesday, 16 October 2012 Last Updated on Wednesday, 03 July 2013 Written by Phi-D

Cara memasak seseorang biasanya dipengaruhi oleh ibu, nenek, juru masak dan 'tokoh' memasak lainnya yang dia tiru. Kebiasaan ini kemudian menjadi kebiasaan dan kembali dicontoh oleh anak-anaknya, berlanjut sampai menjadi sesuatu yang dianggap lumrah. Namun tidak semua kebiasaan ini benar, di antaranya adalah berikut ini.


Mencedok Tepung

Ketika menakar tepung, beberapa orang memiliki kebiasaan mencedokkan wadah takaran ke dalam tepung dan memasukkannya langsung ke mangkuk. Letak kesalahannya, hasil menakar yang seperti ini tidak akurat dan memberi jumlah lebih banyak dari yang seharusnya. Akibatnya, kue akan gagal mengembang dan keras.

Cara yang benar: Gunakan sendok untuk memasukkan tepung ke wadah penakar dan pastikan ukurannya berada di garis yang tepat.

Makanan Asam vs. Wadah Aluminium

'Panci adalah panci, sama saja semuanya'. Masih banyak yang tidak mau susah-susah mengenali jenis panci, padahal beberapa panci dapat bereaksi dengan makanan yang mengandung bahan asam jawa, tomat, perasan jeruk nipis dan bahan berasa asam lainnya. Panci aluminium dan besi tuang tidak boleh digunakan untuk memasak atau menyimpan makanan-makanan tersebut. Bahan asam dapat bereaksi dengan besi atau aluminium menyebabkan perubahan warna dan aroma yang aneh pada makanan Anda.

Cara yang benar: gunakan panci dari bahan yang nonreaktif seperti stainless-steel, enamel dan gelas.

Goreng Sebanyak-banyaknya

Rasanya merasa bersalah jika saat menggoreng hanya memasukkan sedikit demi sedikit, oleh karena itu banyak orang memilih memenuhi penggorengannya untuk menghemat waktu dan gas. Padahal cara ini membuat panas minyak berkurang sehingga bahan yang digoreng menjadi lengket ke panci. Jika menggoreng sayuran, maka hasilnya akan lembek dan tidak renyah seperti halnya gorengan.

Cara yang benar: masukkan bahan secukupnya saja ke dalam penggorengan, dan pastikan masih ada ruang kosong yang cukup agar panas minyak merata

Malas Memanaskan Lebih Awal

Saat menunggu memang paling menyebalkan. Inilah yang menyebabkan banyak orang melewatkan poin 'panaskan oven atau wajan lebih dulu' di resep-resep masakan. Akibatnya, hasil panggangan tidak matang secara merata atau malah menjadi gosong dan lengket ke wadahnya.

Cara yang benar: ikuti petunjuk untuk memanaskan oven, panggangan atau wajan dengan cukup. Jangan mengurangi atau bahkan menambah waktu, kecuali Anda telah berpengalaman.

Sumber: Vemale.com
Sumber gambar: kids-cooking-activities.com

Hits: 1017