VdBackground 01.jpg

Perlukah Wanita Pintar Memasak?

Print
Created on Thursday, 27 March 2014 Last Updated on Tuesday, 15 July 2014 Written by Phi-D


Pertanyaan menggelitik ini memang seringkali ditanyakan bukan saja oleh kaum hawa, banyak pria pun sering mengajukan pertanyaan serupa, "Perlukah wanita pintar memasak?" Atau, perlukah seorang istri memasak makanan di jaman yang modern dan serba praktis ini?

Ada sebuah tulisan unik yang masuk ke jejaring sosial teman saya, yang intinya mengajukan pertanyaan, TrueWife atau MicroWife (plesetan dari kata microwave)? Memang sebuah kalimat dapat memberikan banyak makna dan menggelitik rasa ingin tahu. 

Apakah memang benar seseorang dapat disebut sebagai istri sejati jika ia pintar memasak? Setelah mencari beberapa referensi dan informasi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Coba cermati sendiri beberapa pokok dalam artikel berikut.


WANITA  KARIER
Meningkatkannya kebutuhan hidup, keinginan untuk dapat membeli barang-barang yang bergengsi, emansipasi, tekanan ekonomi ataupun sekadar mendapat pengakuan atau pembuktian diri, merupakan salah satu dari sekian banyak alasan yang membuat seorang wanita memilih untuk meraih profesi sebagai seorang wanita karier. Profesi sebagai wanita karier menuntut seorang bekerja minimal 9 jam di luar rumah. Itu belum dihitung waktu yang harus dikorbankan dalam perjalanan yang macet. Jika dihitung-hitung secara kasar, seorang yang bekerja harus mengorbankan waktunya selama 11 – 12 jam untuk berada di luar rumah. Itu belum dihitung waktu jika ada pekerjaan ekstra yang harus dikerjakan (alias lembur).

Jika keadaanya seperti itu, sewaktu diminta untuk memasak, umumnya wanita seperti ini akan mengatakan dengan jujur salah satu dari jawaban di bawah ini.
Capek!  Repot!  Tidak praktis!  Tidak ada waktu!   Katering saja!  Beli saja di warung!  Nikahi saja koki restoran!  Bla… bla… bla….

MEMASAK SENDIRI
Harus diakui, memasak makanan sendiri untuk sarapan, makan siang dan makan malam cukup melelahkan bagi seorang wanita karier. Hal ini disebabkan karena seperti telah dibahas sebelumnya, waktu yang dimiliki sangat sedikit. Belum lagi memikirkan menu apa yang harus dimasak besok, tidur lebih larut untuk mempersiapkan masakan dan bangun lebih awal untuk mulai mencincang dan meracik bumbu serta memasak makanan, kemudian mencuci dan merapikan perlengkapan masak.
Akan tetapi seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, bahwa ada harga yang harus dibayar untuk setiap hal (lihat artikel: Harga yang Harus Dibayar untuk Segalanya). Coba bandingkan beberapa hal di bawah ini sebelum Anda mengatakan bahwa memasak adalah beban tambahan yang harus dipikul oleh wanita.

KEUNTUNGAN MEMASAK SENDIRI

Berikut ini ada hal-hal yang dapat menguntungkan jika Anda memasak sendiri makanan Anda.

Higienitas. Memasak makanan sendiri membuat Anda dapat memastikan kebersihan dari bahan makanan sehingga Anda dapat memasak makanan yang bersih dan sehat. Selain itu, Anda dapat memastikan perlengkapan memasak dicuci dengan baik dan disimpan di tempat yang bersih.

Kesehatan. Anda dapat mengendalikan bahan makanan yang Anda gunakan untuk memasak, misalnya jika Anda ingin menghindari penyakit darah tinggi, Anda dapat membatasi penggunaan garam. Atau jika ingin menghindari diabetes, anda akan membatasi penggunaan gula. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan perabot-perabot yang tanpa disengaja dapat merusak kesehatan, misalnya Anda tidak akan memasak makanan yang mengandung rasa asam di perabot aluminium, atau Anda tidak akan menyajikan makanan yang masih panas menggunakan wadah plastik dan sebagainya. Selain itu dengan memasak sendiri, Anda tidak perlu menyantap MSG (penyedap makanan kimia yang konon dapat memicu kanker) ataupun mengonsumsi pemanis buatan.

Hemat. Jika Anda memasak makanan sendiri, Anda tidak perlu membayar jasa dari tukang masak, dan ini pasti lebih menghemat pengeluaran Anda.

Silakan menyimpulkan sendiri sesuai karakter Anda, inginkah Anda menjadi seseorang yang pintar memasak atau tidak? Pilihannya ada di tangan Anda masing-masing.

Aza-aza FIGHTING.

Jika Anda ingin mencoba memulai memasak sendiri makanan Anda, cobalah baca di artikel ini beberapa Tips untuk Memasak dengan cepat.

Baca juga di artikel ini beberapa karakter menarik yang tanpa sengaja terbentuk karena hobi memasak.

Disadur dari berbagai sumber (thread Kaskus |  lifestyle.kompasiana.com  |  tentang-pernikahan.com  | www.tabloidnova.com  |  wolipop.detik.com).

Gambar dimodifikasi oleh phi-D dari 123RF.

Hits: 1506