VdBackground 02  .jpg

Tips untuk Memasak

Print
Created on Thursday, 27 March 2014 Last Updated on Monday, 28 April 2014 Written by Phi-D


Tersedianya begitu beragam perangkat masak modern, seperti oven gas, microwave, rice cooker, kompor gas, food processor, blender, chopper dan sebagainya, membuat memasak menjadi semakin mudah dan cepat. Meskipun demikian, dengan semakin banyaknya makanan-makanan instan, memasak makanan yang sehat terasa begitu merepotkan dan menghabiskan banyak waktu. Akan tetapi, jika Anda sedikit sabar, kreatif dan membuat persiapan, memasak sendiri makanan Anda tidaklah menghabiskan begitu banyak waktu Anda.  Bacalah beberapa tips di bawah ini yang biasanya saya lakukan sehingga memasak makanan menjadi lebih mudah dan cepat.

1. Siang hari, saat istirahat siang di kantor, carilah ide untuk menu masakan besok. Anda dapat menelusuri resep-resep di internet sehingga Anda memiliki ide untuk menu masak esok hari. Atau Anda dapat membeli buku kumpulan resep di toko-toko buku sehingga Anda dapat memiliki menu masakan selama 1 minggu, atau bahkan 1 bulan.

2. Pelajari resep Anda sebaik-baiknya, mulai  dari mengenali seluruh bahan memasak, membayangkan proses memasak dan "melukiskan" dalam pikiran Anda bagaiaman rasa makanan itu nantinya. Jika Anda tahu persis tentang proses memasak, Anda akan memasak dengan lebih cepat. Oleh karena itu, jika Anda sedang didesak waktu, masaklah hanya makanan yang Anda kenal baik cara memasaknya, dibandingkan Anda harus memasak resep makanan baru.

3. Masak nasi Anda untuk sarapan di malam hari (Catatan: jika Anda bekerja di kantor dan akan membawa bekal makan siang, maka Anda dapat menambah porsi nasi yang Anda masak untuk bekal makan siang). Sedangkan nasi untuk makan malam dapat dimasak sewaktu Anda pulang kerja. Perangkat memasak nasi modern (alias rice cooker) juga sangat membantu memasak nasi dengan lebih cepat dan mudah. Selain itu, Anda tidak perlu memasak nasi untuk makan malam dalam jumlah yang banyak. 

4. Belanja sayur dan bahan makanan di sore hari atau sepulang kerja. Atau, Anda dapat membuat persediaan masakan untuk 2 atau 3 hari sehingga Anda tidak perlu ke pasar setiap hari. Simpan bahan-bahan masakan seperti sayur menggunakan koran sehingga tidak mudah layu. Cuci bersih ayam, ikan atau pun daging mentah yang Anda beli, dan potong-potong. Setelah itu simpan di kotak-kotak terpisah sehingga aromanya tidak bercampur di lemari pendingin Anda. Selain itu, cara ini membuat lemari pendingin Anda bersih dan rapi. Catatan: jika memungkinkan, potongan daging dapat Anda pisah-pisahkan dalam plastik-plastik sebanyak kebutuhan 1 kali masak sehingga memudahkan Anda untuk mengambil hanya beberapa bagian daging untuk dimasak sewaktu daging membeku.

5. Potong-potong sayuran di malam hari, kemudian bungkus dengan kertas koran dan disimpan di lemari pendingin sehingga tidak mudah layu. Atau jika Anda mempunyai uang lebih, Anda dapat berbelanja sayuran di swalayan atau supermarket. Berbagai jenis sayuran yang tersedia di sana pada umumnya sudah dalam keadaan bersih, sudah dipotong-potong dan dimasukkan dalam wadah plastik kedap udara.

6. Pagi hari, cuci sayuran yang akan dimasak, yang sudah Anda potong-potong di malam hari dan buat racikan bumbu masakan untuk menumis sayuran Anda. Akan tetapi jika Anda ingin memasak makanan dengan varian bumbu masakan yang bervariasi (seperti bumbu rawon, lodeh ataupun rendang), lakukan persiapan meracik bumbu masakan di malam hari dan simpan bumbu racikan itu di lemari pendingin. Setelah itu lanjutkan dengan proses  memasak. Catatan: Anda dapat mengalasi tempat Anda memotong-motong bumbu atau sayuran dengan koran sehingga setelah Anda selesai dengan proses memotong, Anda dapat mengangkat sampah potongan sayuran dan bumbu dengan hanya melipat koran tadi.

7. Cuci perlengkapan memasak Anda setelah digunakan sehingga sepulang kerja Anda tidak perlu disibukkan untuk membersihkan perlengkapan memasak yang kotor.

8. Simpan perlengkapan  memasak di tempatnya sehingga Anda tidak perlu kebingungan mencari-cari perlengkapan memasak saat Anda harus cepat-cepat memasak di pagi hari dan….

9. Buang rasa malas, jangan mengeluh, nikmati saat memasak  dan…. tetap SEMANGAT. Aza-aza FIGHTING.

Sebenarnya setiap orang punya tips jitu untuk memasak makanan yang sehat dengan caranya sendiri, dengan cara yang sederhana dan cepat. Bahkan Anda pun dapat mencari-cari resep sederhana di internet sehingga memasak menjadi suatu kesenangan bukan beban. OK, selamat memasak dan semoga Anda tetap sehat.

(Lihat juga artikel: Perlukah Wanita Pintar Memasak?)

Aza-aza FIGHTING  =D

Hits: 1086