VdBackground 02  .jpg

Cara Singkat Cegah Penuaan Dini Pada Rambut

Print
Category: Pengetahuan Sehat Created on Tuesday, 16 October 2012 Last Updated on Wednesday, 03 July 2013 Written by Phi-D

Apa tatanan rambut favorit yang membuat Anda merasa begitu percaya diri? Mengangkat rambut ke atas? Meluruskan rambut dengan catok? Membuat gelombang rambut dengan hot roller? Mewarnai rambut dengan warna favorit untuk mengubah penampilan secara instan?

Penataan-penataan rambut tersebut dapat membuat Anda menjadi orang yang berbeda dalam sekejap sekaligus membuat penampilan lebih cantik. Akan tetapi, memaksakan rambut untuk diubah-ubah terlalu sering akan merusak kesehatan rambut. Misalnya, rambut yang di cat akan terekspos dengan bahan kimia untuk pewarnaan, rambut yang diluruskan dengan alat catok bersuhu tinggi mempunyai efek seperti “menyetrika” rambut, atau penggunaan curling iron yang sangat panas untuk mengubah tekstur rambut menjadi keriting pastinya membuat rambut mengalami stres. Belum lagi pemakaian bahan kimia lainnya seperti foam dan hairspray.

Padahal, rambut manusia terhitung sensitif karena lapisan kutikula pada bagian luar dapat rusak hanya dengan penyisiran rambut. Karena itu, kerusakan yang diakibatkan oleh penataan rambut masuk jauh ke dalam sampai kepada bagian inti pada rambut yang disebut dengan cortex, di dalam setiap helai rambut. Akibatnya, rambut akan menjadi kering dan tak bernyawa, mudah patah, bercabang, mengeriting, kasar, dan mudah rontok. Tidak hanya itu, kilau rambut akan menghilang sehingga rambut terlihat kusam, dengan ujung rambut yang memerah tanda rambut sudah mengalami penuaan dini seperti yang ditampilkan pada gambar hasil perbesaran dari rambut rusak di samping ini.

Bagaimana keadaan rambut Anda? Apakah rambut Anda juga mengalami tanda-tanda penuaan dini seperti yang disebutkan sebelumnya? Apabila tanda-tanda kerusakan pada rambut sudah mulai dirasakan apalagi mulai terlihat, ini saat yang tepat untuk menelaah kembali gaya hidup kamu dan cara perawatan rambut kamu sehari-hari.

Seperti kulit wajah yang membutuhkan serum, moisturizer, night cream, serta masker untuk merawat dan mengembalikan keremajaan kulit, rambut juga membutuhkan perawatan yang serupa. Jika rambut masih dalam kondisi sehat, tanpa keluhan apapun, mungkin shampoo dan conditioner saja masih cukup untuk merawat rambut. Tetapi, apabila kamu sering menyisir apalagi menata rambut sehingga rambut mulai menunjukkan tanda kerusakan seperti kering, pecah-pecah, kusam, rontok, dan sebagainya, maka Anda tidak dapat hanya menggunakan shampoo dan conditioner untuk mengembalikan kesehatan rambut yang sudah mulai mengalami kerusakan. Rambut membutuhkan night cream yang mengandung nutrisi untuk mengembalikan kelembapan rambut, serum untuk melindungi rambut, serta hair mask atau masker rambut dan memberikan asupan protein dan vitamin yang dibutuhkan rambut.

Walaupun produk perawatan rambut yang lengkap rangkaiannya belum sebanyak dan semarak produk perawatan kulit, ada beberapa produk perawatan rambut yang bisa dipilih. Pilihlah produk perawatan khusus untuk rambut rusak dan berfungsi mengikat protein dalam cortex rambut sehingga membentuk rambut yang kuat dengan pertahanan tangguh dari dalam. Biasanya produk ini berbentuk krim juga serum.

Setelah melakukan perawatan rambut yang benar, Anda dapat lebih siap menata cantik rambut Anda tanpa harus mengkhawatirkan kerusakan rambut.

Sumber: id.she.yahoo.com

Hits: 919