VdBackground 01.jpg

Perjuangan Terakhir Sang Model Kerempeng

Print
Category: Pengetahuan Sehat Created on Friday, 28 December 2012 Last Updated on Wednesday, 03 July 2013 Written by Phi-D

Makanan memang sesuatu yang menyenangkan untuk dimakan dan dilahap. Namun bagi beberapa orang, khususnya yang berprofesi sebagai model, pemain film, peragawati dan sebagainya, dengan tuntutan penampilan langsing, makanan sering menjadi musuh.

Anggapan yang dibentuk dunia bahwa bertubuh langsing dan kurus itu sangat indah dan menarik membuat bahkan beberapa anak perempuan yang memasuki masa remaja tidak ingin menjadi gemuk. Padahal memasuki usia remaja, anak-anak juga mengalami pertambahan jumlah jaringan lemak, dan ini membuat anak-anak remaja menjadi lebih mudah gemuk jika mengonsumsi makanan berkalori tinggi.

Dalam beberapa kasus, menjaga pola makan dengan berdiet memang dianjurkan. Akan tetapi jika penjagaan pola makan terlalu berlebihan karena takut gemuk sehingga membuat seseorang kehilangan selera makan, hal itu perlu diwaspadai karena dapat mengarah pada penyakit anoreksia.

Seorang model dan aktris dari Prancis, Isabel Caro, pada akhirnya menjadi simbol internasional untuk perjuangannya dengan anoreksia. Kelainan pola makan ini membuat Caro meninggal dunia di usia 28 tahun. Namun, kematian Caro tidak sia-sia karena dapat mengajarkan kita betapa bahayanya memiliki obsesi menjadi tetap kurus.

Nama Caro mulai mencuat pada 2007 setelah berpose bugil membintangi sebuah iklan kontroversial tentang pencegahan anoreksia di Italia. Model ini menggemparkan dunia saat memamerkan tubuh polosnya yang tinggal tulang berbalut kulit. Saat itu berat badannya 30,8 kg dengan tinggi sekitar 1,6 meter.

Caro mengidap anoreksia sejak usia remaja, yaitu pada usia 13 tahun. Ia bersedia tampil tanpa busana dalam iklan itu, karena dia berniat membuat wanita menyadari bahaya anoreksia atau kelainan pola makan lainnya. Sayangnya, karena cukup menghebohkan, iklan ini dilarang tayang di beberapa negara.

Mantan pelatih aktingnya, Daniele Dubreuil-Prevot mengungkapkan bahwa Caro meninggal pada 17 November 2010. Sebelum menghembuskan napas terakhir, Caro dirawat selama dua minggu di rumah sakit akibat komplikasi pneumonia (radang paru-paru), sepulang menyelesaikan pekerjaan di Tokyo, Jepang.

Agar perjuangannya tidak sia-sia, pada 2008, Caro menulis sebuah buku bertajuk 'The Little Girl Who Didn't Want to Get Fat' (Gadis Kecil yang Tidak Ingin menjadi Gemuk). Ia juga sering mengampanyekan bahaya anoreksia di beberapa media. Salah satunya di acara yang dipandu Jessica Simpson, 'The Price of Beauty' (Nilai sebuah Kecantikan). Dalam acara itu, Caro secara terus terang mengungkapkan kisahnya yang ingin bertubuh langsing di masa remaja hingga akhirnya menjadi pengidap anoreksia.

Sayangnya, ketika ia menyadari bahaya anoreksia, dan berjuang keras untuk sembuh dari kelainan pola makan itu, semuanya sudah terlambat. Ia pun meninggal di usia muda.

Maka, masihkah ingin terobsesi dengan tubuh kurus?

Disadur dari: kosmo.vivanews.com

Hits: 1338