VdBackground 02  .jpg

Terapi Menggunakan Musik

Print
Category: Pengetahuan Sehat Created on Monday, 12 August 2013 Last Updated on Monday, 12 August 2013 Written by Phi-D

Penelitian menunjukkan bahwa musik memiliki pengaruh yang kuat terhadap tubuh dan jiwa manusia. Penemuan terbaru dalam bidang kesehatan adalah mengembangkan suatu terapi yang dapat menyembuhkan menggunakan musik dan disebut sebagai Terapi Musik.

Mereka yang telah menggunakan terapi musik mendapati berbagai keuntungan dalammenggunakan musik, terutama dalam membantu penderita kanker dan anak-anak dengan kelainan ADD (Attention Deficit Disorder). Beberapa rumah sakit bahkan mulai menggunakan musik dan terapi musik untuk membantu pasien-pasiennya mengurangi rasa sakit, mencegah depresi, menyemangatinya untuk bergerak, menenangkan perasaan pasien, mengurangi ketegangan otot dan sebagainya.

Musik dapat mempengaruhi tubuh dan pikiran dengan cara yang luar biasa hebat. Berikut ini adalah beberapa efek musik yang dapat membantu menjelaskan betapa efektifnya penggunaan Terapi Musik.

Gelombang Otak
Penelitian menunjukkan bahwa musik dengan tempo yang cepat dapat merangsang gelombang otak untuk beresonansi mengikuti irama sehingga dapat membuat otak berkonsentrasi lebih tajam dan berpikir lebih waspada. Sedangkan tempo musik yang lebih lambat membantu otak lebih tenang sehingga dapat membantu proses perenungan.
Penelitian juga menemukan bahwa perubahan dalam aktivitas gelombang otak akibat mendengarkan musik dapat membantu otak mengalihkan kecepatan sesuai dengan kebutuhan, ini berarti musik dapat memberikan manfaat yang bertahan lama pada tubuh dan pikiran, bahkan setelah musik berhenti didengarkan.

Laju Pernafasan dan Jantung
Perubahan pada gelombang otak telah mengubah fungsi tubuh lainnya. Hal itu diatur oleh sistem saraf otonom seperti laju pernafasan dan jantung. Ini akan mengakibatkan pernafasan yang lebih lambat, denyut jantung yang lebih lambat dan mengaktifkan respon relaksasi. Itulah sebabnya musik dan terapi musik dapat membantu menangkal dan mencegah efek yang merusak dari stres kronis, sehingga musik bukan hanya memberikan relaksasi, tapi juga membantu kesehatan.

Kondisi Pikiran
Musik dapat juga digunakan untuk membantu berpikir positif, membantu mengatasi depresi dan kekuatiran. Ini juga dapat membantu mencegah stres berlebihan yang dapat merusak tubuh dan membantu menjaga tingkat kreativitas dan optimis yang tinggi serta berbagai manfaat lainnya.

Manfaat Lainnya
Musik dapat memberikan banyak manfaat seperti menurunkan tekanan darah (ini berarti juga menurunkan risiko stroke dan masalah kesehatan lainnya dari waktu ke waktu), meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi ketegangan otot dan sebagainya. Karena itubanyak orang yang mulai menggunakan musik sebagai perangkat penting untuk membantu tubuh tetap, atau menjadi lebih, sehat.

Penggunaan Terapi Musik
Mengingat begitu banyaknya keunggulan yang didapat melalui musik, tidaklah mengherankan jika terapi musik menjadi populer. Banyak rumah sakit menggunakan terapi musik untuk mengatasi rasa sakit atau rasa tertekan (stres) dari pasiennya. Bahkan, Anda sendiri dapat menggunakan musik setiap hari untuk relaksasi, memperoleh kembali energi sewaktu Anda kelelahan, mengatasi kesedihan sewaktu menghadapi tekanan emosi, meminimalkan rasa kuatir berlebihan ataupun kebutuhan-kebutuhan lainnya. Musik merupakan salah satu alat yang sangat efektif untuk mengatasi tekanan hidup (stress) dan dapat digunakan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber: Music Therapy, email dari Teman di Klub Pecinta Gitar Klasik.
Sumber gambar: www.sunriseayurvadic.com

Hits: 909