VdBackground 01.jpg

Perilaku Kasar Picu Kesalahan Kerja

Print
Category: Pengetahuan Sehat Created on Thursday, 30 December 2010 Last Updated on Wednesday, 03 July 2013 Written by V-dee

 

creative.mozilla.orgTernyata mendapat perlakukan kasar bukan hanya memicu sakit hati. Dalam konteks pekerjaan, penerimaan sikap tidak menyenangkan itu juga berpotensi membuat seseorang melakukan kesalahan.  Bahkan Profesor Psikologi Terapan dari University of Aberdeen, Inggris, Rhona Flin, mengungkap, "Hanya menyaksikan perilaku kasar di tempat kerja juga membuat seseorang cenderung melakukan kesalahan."

Menurut Flin, hubungan antara sikap kasar dan kesalahan menjadi sangat penting, khususnya dalam industri kesehatan. Artinya, para tenaga medis harus lebih sabar saat bekerja demi memberikan layanan kesehatan terbaik untuk pasien.
Flin memberi gambaran suasana ruang operasi di rumah sakit. Kemampuan berpikir anggota tim medis bisa rusak saat melihat adanya kekasaran antarrekan kerja di area tersebut. Jelas, ini sangat membahayakan pasien.
Saat melakukan tindakan operasi, semua staf medis harus memfokuskan perhatian dan memori agar tak terjadi kesalahan fatal. "Jika terjadi sikap kasar di ruang operasi, akan memengaruhi kemampuan anggota tim medis melakukan tugas-tugas yang menimbulkan risiko bagi pasien," ujarnya.
"Keselamatan pasien harus lebih dipertimbangkan lebih dari sekedar suasana yang harmonis di tempat kerja," Flin menambahkan, seperti dikutip dari Times Of India.

Sumber: vivanews.com

Hits: 1514