VdBackground 02  .jpg

Bersahabat dengan 'Alien'

Print
Created on Thursday, 27 March 2014 Last Updated on Wednesday, 17 December 2014 Written by Phi-D


Sewaktu ada yang bertanya, “Apa itu Alien?” Terdapat beragam definisi yang diberikan, mulai dari makhluk dari planet lain, makhluk hidup di bumi yang berevolusi ataupun makhluk yang aneh penampilannya. Kata alien sendiri merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris. Jika Anda membuka kamus bahasa Inggris, Anda akan menemukan arti kata alien adalah orang/makhluk yang asing, bertentangan dan berbeda. Maka bersahabat dengan alien, bisa berarti bersahabat dengan orang yang asing, sering bertentangan ataupun berbeda pendapat.

Pada awalnya, memang sewaktu bertemu seorang teman, Anda akan merasa seperti sedang bersama alien. Anda begitu asing dengan sifatnya, kebiasaannya, hobinya, tingkahnya dan sebagainya (Lihat artikel: Nilai Moral dari Persahabatan yang Menarik). Tetapi seraya waktu berlalu, Anda mulai terbiasa dengan dunianya, sehingga Anda mulai menjadikannya sebagai teman baik (alias sahabat) Anda.

Dalam bersahabat pun, Anda seringkali masih harus menghadapi sahabat Anda sebagai alien. Pertentangan ataupun perbedaan pendapat seringkali membuat ketegangan dalam persahabatan. Selain itu, sahabat Anda bukanlah manusia super, mereka dapat melakukan kesalahan-kesalahan. Anda pun juga melakukan kesalahan. Sahabat Anda mungkin memberitahu kesalahan Anda dan Anda tidak suka mendengarnya. Terkadang Anda mengharapkan kesempurnaan yang berlebihan dari sahabat Anda sehingga Anda kecewa jika dia melakukan hal yang sebaliknya. Ya, hubungan antar-sahabat bisa juga menjadi suatu masalah. Maka ada suatu pepatah menarik yang saya temukan di internet, bunyinya seperti ini:

“Kamu TIDAK PERLU menemukan SAHABAT yang paling MENYENANGKAN. Kamu hanya PERLU menemukan...
SAHABAT yang SETIA.”



Sahabat yang setia akan menghargai Anda, membantu Anda mengarahkan pikiran, mendengarkan Anda, memberikan dorongan moril, membesarkan hati Anda pada masa-masa yang sulit. Ia turut merasakan kepedihan Anda, kemarahan Anda ataupun kegembiraan Anda.

Akan tetapi, sahabat Anda bisa jadi menyebalkan, tidak menyenangkan, bahkan menyakiti hati Anda. Sekali lagi, mereka dapat menjadi seperti alien, makhluk asing yang menginvasi ketenangan di bumi dengan membuat kehidupan menjadi kacau dan hancur lebur. Akan tetapi, sahabat yang setia adalah sahabat yang benar-benar melihat Anda apa adanya. Mereka mungkin tidak selalu memberikan pujian, kadang mereka mengkritik Anda bukan karena ingin menyakiti hati Anda, tetapi sahabat Anda ingin menjadikan Anda orang yang lebih baik. Mereka sangat menghargai Anda dan ingin agar Anda juga dihargai oleh orang-orang lain.

Ada pendapat yang menyatakan bahwa mutu kehidupan seseorang dapat dilihat dari mutu persahabatan. Maka jika seseorang dapat menjaga persahabatan dengan baik, maka orang tersebut dapat menjaga kehidupannya juga dengan sangat baik. Berikut ini ada beberapa tips yang disadur dari majalah Watchtower 1 Des 2000 untuk menjaga persahabatan Anda.

Jadilah Sahabat. Penulis esai asal Amerika, Ralph Waldo Emerson mengatakan bahwa, “Satu-satunya cara untuk mempunyai sahabat adalah dengan menjadi sahabat.” Karena itu penting untuk membesarkan hati dan mengulurkan bantuan pada sahabat Anda, bahkan tanpa diminta.

Sediakan Waktu. Jaman modern ini, orang menjadi sibuk oleh kegiatan, pekerjaan, teknologi dan sebagainya, sehingga mereka seringkali kehabisan waktu. Akan tetapi seperti tanaman yang sedang bertumbuh, persahabatan perlu diairi dan dipupuk agar dapat berkembang, dan… itu BUTUH WAKTU.

Berikan Perhatian bila Sahabat Anda Berbicara. Pendengar yang baik dan penuh perhatian seringkali lebih mudah memperoleh sahabat. Maka sewaktu sahabat Anda sedang berbicara, tunjukkan minat terhadap apa yang dibicarakan, jangan memonopoli setiap percakapan atau menarik perhatian pada diri sendiri.

Bersedia Mengampuni. Sahabat yang setia akan cepat mengabaikan kesalahan sepele. Sebagai ilustrasi, beberapa orang tidak suka makan buah markisa karena terganggu oleh biji-biji kecilnya. Akan tetapi, bagi yang menyukai buah itu, biji-biji kecil itu bukan masalah. Maka dengan cara yang sama, sahabat yang setia akan mengasihi sifat-sifat baik sahabatnya dan mengabaikan kesalahan-kesalahan sepelenya. Seseorang yang belajar untuk memaafkan kesalahan sepele tidak akan pernah kehilangan seorang sahabat.

Hormati Privasi. Setiap orang, termasuk sahabat Anda, butuh  privasi. Maka mengunjungi sahabat Anda di rumahnya harus dalam batas-batas yang wajar. Jangan menjadi posesif terhadap sahabat Anda karena itu hanya akan menimbulkan kecemburuan. Bijaksanalah sewaktu mengemukakan selera atau pendapat pribadi Anda tentang sesuatu sehingga persahabatan Anda akan tetap menyegarkan dan menyenangkan.

Bermurah Hati. Jika Anda menunjukkan perhatian yang tulus terhadap kesejahteraan orang lain, mereka akan akan menyukai Anda. Maka berikanlah pujian yang tulus, kata-kata yang membina dan membesarkan hati, ataupun hadiah-hadiah kecil yang menarik (tidak perlu yang mahal). Pikirkan apa yang dapat Anda lakukan sebaliknya daripada menyoroti apa yang dapat sahabat Anda lakukan untuk Anda.

Sebenarnya ada banyak hal lain yang bisa ditambahkan agar Anda dapat menjadi sahabat yang terbaik bagi sahabat Anda karena setiap manusia unik dan jika Anda benar-benar adalah seorang sahabat yang setia, Anda pasti tahu dengan persis bagaimana memperlakukan sahabat Anda.

Baca juga kata-kata menarik seputar persahabatan di artikel ini.

Ditulis untuk sahabat terbaikku.

Foto diambil menggunakan PhotoBooth pada iMac dengan efek Alien.

Hits: 1518