VdBackground 01.jpg

Perangkat Lunak Grafis berbasis Vektor yang Terbaik

Print
Created on Thursday, 19 May 2011 Last Updated on Wednesday, 03 July 2013

 

Perangkat lunak grafis berbasis vektor ini digunakan untuk membuat gambar-gambar berbasis vektor/garis sehingga sering disebut sebagai perangkat lunak Illustrator. Obyek-obyek yang dihasilkan menggunakan perangkat lunak ini adalah kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung.

 

Seiring dengan perkembangan teknologi dan perangkat lunak, banyak perangkat lunak grafis juga mengalami perbaikan oleh berbagai perusahaan perangkat lunak. Berikut ini adalah beberapa perangkat lunak grafis yang telah digunakan dalam pasar desain grafis.

– Adobe Illustrator                    – Macromedia Freehand

– Beneba Canvas                     – Metacreations Expression

– CorelDraw                             – Micrografx Designer

 

Belakangan ini, Adobe Illustrator boleh dikatakan menjadi pemimpin dalam pasar perangkat lunak grafis berbasis vektor karena perangkat lunak ini telah dibundel dengan Adobe Photoshop dan Adobe InDesign sehingga dapat digunakan untuk interaksi antar perangkat lunak dengan lebih mudah.

Macromedia Freehand yang sebelumnya menjadi begitu digemari untuk digunakan oleh para desainer grafis, tidak lagi dikembangkan dan diperbarui sejak tahun 2003. Hal ini membuat perangkat lunak ini mulai ditinggalkan. Dengan mulai menghilangnya keberadaan Macromedia Freehand, ini membuat keberadaan Corel Draw sebagai salah satu perangkat lunak grafis yang mudah dipelajari dan digunakan oleh desainer grafis pemula berada dalam posisi goyah karena harus menghadapi sendiri pesaing yang tangguh seperti Adobe Illustrator.

 

Dengan disebutkannya bervariasi perangkat lunak, terkadang membuat pemula dalam digital desain grafis menjadi bingung memilih perangkat lunak mana yang terbaik untuk digunakan. Sebenarnya, setiap perangkat lunak memiliki fungsi dan cara penggunaan yang hampir mirip untuk mengolah grafis. Akan tetapi, setiap perangkat lunak pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Selain itu, kadang kala seorang desainer memiliki kebiasaan-kebiasaan serta selera sendiri, sehingga jika ditanya perangkat lunak mana yang terbaik untuk digunakan oleh seorang desainer yang profesional, maka akan didapatkan jawaban yang bervariasi. Beberapa desainer malah masih begitu terbiasa untuk mendesain suatu karya menggunakan pensil biasa, kemudian hasil karyanya dipindai untuk kemudian diberi warna hanya menggunakan perangkat pengolah gambar sederhana seperti Ms. Paint.

 

Karena itu agar dapat menentukan perangkat lunak terbaik untuk seorang desainer, seorang desainer perlu mencoba terlebih dulu setiap perangkat lunak pengolah grafis sehingga mengetahui kelebihan dan kekurangan dari perangkat lunak tersebut. Dengan demikian ia dapat menentukan sendiri perangkat lunak yang mana yang lebih baik digunakan.

Hits: 13134