VdBackground 02  .jpg

Siapa Saya Sebenarnya? (Introvert, Ambivert atau Extrovert)

Print
Created on Friday, 20 March 2015 Last Updated on Wednesday, 19 October 2016 Written by Phi-D


Dewasa ini manusia sudah mengubah era informasi menjadi era pengetahuan sehingga terdapat begitu banyak informasi yang bertebaran dan dapat diakses di internet ataupun media. Hal ini tentunya sangat menguntungkan karena seseorang dapat mengetahui banyak hal, termasuk juga menyelidiki siapa diri mereka sebenarnya tanpa harus membayar tes kepribadian.

Berikut ini adalah salah satu tes yang saya coba untuk mengetahui siapa diri saya sebenarnya.
Ikuti tes di sini.

Dari hasilnya terlihat bahwa saya mendapat nilai 52 dari 100 poin.



Keterangan hasil:
  0-20    Kepribadian Anda adalah introvert murni.
 20-40   Kepribadian Anda adalah introvert dengan beberapa fungsi ambivert.
 40-60   Kepribadian Anda adalah ambivert murni.
 60-80   Kepribadian Anda adalah ekstrovert dengan beberapa fungsi ambivert.
80-100  Kepribadian Anda adalah ekstrovert murni.

Berdasarkan hasil dan keterangan hasil, terlihat bahwa saya berada di dalam kriteria ambivert murni. Beberapa bulan kemudian, saya mencoba menguji ulang dan mendapat nilai 62. Ini berarti saya ada dalam ranah kepribadian ekstrovert dengan beberapa fungsi ambivert.

Terkadang, kita tidak bisa mempercayai hanya satu hasil tes, maka saya pun mencoba tes lainnya lagi di: Are You An Introvert, Ambivert, Extrovert, Or Shy?. Situs ini mencoba untuk menguji 4 (empat) macam kepribadian manusia, yaitu: introvert, ambivert, extrovert ataupun tingkat kadar pemalu Anda. Hasil yang saya dapatkan adalah sebagai berikut:

81%  Pemalu
Saya diidentifikasi sebagai seorang yang pemalu. Laman ini mengidentifikasi saya sebagai seorang introvert atau pun ekstrovert. Saya juga dikategorikan sebagai seorang yang sering terlalu mengkuatirkan apa yang dipikirkan orang-orang lain. Lalu diberikan penjelasan bahwa terkadang di saat-saat tertentu, saya adalah pribadi yang sangat ingin berbicara dengan orang, tetapi terlalu takut untuk melakukannya.

Berikut ini adalah kadar prosentase tes yang saya lakukan:
80%  Introvert
80%  Ambivert
30%  Extrovert

Setelah beberapa bulan, saya menguji ulang kepribadian saya di situs yang sama, saya diidentifikasi sebagai:

93%  Introvert
Saya diidentifikasi sebagai orang yang suka menyendiri dan kehabisan tenaga setelah berada di tempat umum. Ini membuat saya lebih senang tinggal di rumah daripada berjalan-jalan dengan teman-teman saya.

Berikut kadar prosentase saya:
80%  Ambivert
54%  Shy
20%  Extrovert

Lalu apa artinya kepribadian introvert, ambivert dan ekstrovert? Coba baca artikel: Apa itu Introvert, Ambivert dan Ekstrovert?


Hits: 18827