VdBackground 01.jpg

Apa itu Introvert, Ambivert dan Ekstrovert?

Print
Created on Friday, 20 March 2015 Last Updated on Wednesday, 19 October 2016 Written by Phi-D


Dalam berpikir, kepribadian seseorang dibagi dalam 3 (tiga) bagian, yaitu introvert, ambivert dan ekstrovert. Perbedaan ini dapat terjadi karena caranya seseorang memaksimalkan dan menggunakan bagian otaknya. Berikut akan dijelaskan tentang 3 (tiga) tipe kepribadian ini.

Introvert

Seorang introvert sering diidentifikasikan sebagai seorang yang pemalu. Akan tetapi, pada dasarnya, jika mereka tidak sedang malu, mereka memang senang menghabiskan waktu sendirian untuk mengisi kembali energi mereka. Sederhananya adalah, seorang dengan kepribadian introvert akan kehabisan tenaga jika mereka sedang berada bersama-sama dengan orang lain. Oleh karena itu, orang dengan kepribadian ini akan lebih senang berpikir sendiri dan membangun keinginannya sendiri.

Sifat-sifat inilah yang membuat orang-orang introvert hanya memiliki sedikit sekali teman-teman dekat dan mereka akan sangat selektif sewaktu membangun suatu hubungan.
Para introvert selalu berpikir sebelum bertindak sehingga orang-orang melihat mereka yang dari kepribadian ini bijaksana, berhati-hati, tenang dan intronspektif. Kepribadian ini selalu menggunakan bagian otaknya yang sebelah kiri.
Sebagai kesimpulan, berikut ini adalah ciri-ciri kepribadian introvert:
-Suka menyendiri.
-Menikmati kesunyian.
-Mengembalikan tenaga saat sendirian.
-Dunia dalam dirinya sangat kaya.
-Berpikir sebelum bertindak dan berbicara.
-Memiliki sedikit teman akrab.
-Tidak menikmati keramaian dan bersosialisasi.
-Berjiwa bebas.

Orang-orang terkenal yang memiliki kepribadian introvert: Albert Einstein, Mahatma Ghandi, Eleanor Roosevelt, Larry Page, Tim Burton, Dr. Seuss, Keanu Reeves, Gwyneth Paltrow, Michelle Pfeiffer, Grace Kelly, Tom Hanks, Mother Teresa, Friedrich Nietzsche, George Orwell.

Ambivert

Orang-orang dengan kepribadian ambivert cukup tenang karena dapat memiliki karakter introvert dan ekstrovert. Pada suatu waktu, tipe ambivert akan senang dikelilingi banyak orang, namun pada saat lainnya, mereka akan memilih untuk bersantai sendirian saja. Kepribadian ambivert dapat sangat mudah beradaptasi dengan 2 (dua) spektrum kepribadian yang ekstrim dari introvert dan ekstrovert. Mereka juga dapat dengan mudah mempelajari dunia internal dan eksternal. Memang keadaan-keadaan ini membuat orang-orang dengan kepribadian ambivert sering bingung karena mereka selalu merasa ”berjalan bertentangan”, merasa satu hal pada saat ini, dan merasa hal lainnya pada saat selanjutnya. Orang-orang dengan kepribadian ambivert umumnya berteman dengan 3 – 5 orang.

Sebagai kesimpulan, berikut ini adalah ciri-ciri kepribadian ambivert:
-Tenang.
-Menikmati pergaulan, tetapi juga menikmati waktu sendirian.
-Keputusan berperilaku umumnya tergantung pada perasaan orang lain, alias dapat menyesuaikan diri pada situasi dan keadaan.
-Umumnya hanya memiliki sekelompok kecil teman.
-Fleksibel.
-Berubah-ubah.
-Sanggup menghargai dunia bagian dalam dan luar.
-Lembut hati.

Orang-orang terkenal yang memiliki kepribadian ambivert: Yesus dari Nazaret, Leonardo DiCaprio, Stephen Spielberg, George Carlin, John Lennon, Celine Dion, Rowan Atkinson, Angelina Jolie, Marilyn Monroe, Julian Assange, Richard Dawkins, Putri Diana (Inggris), Johnny Depp, William Shakespeare.

Ekstrovert

Sebagai orang yang hebat membuat koneksi sosial, orang berkepribadian ekstrovert sangat senang bersosialisasi, bergaul dan berteman dengan sebanyak mungkin orang. Para ekstrovert memperoleh energi dari orang-orang di luar dunianya, kejadian-kejadian yang terjadi dan senang berpikir serta melakukan aktifitas hariannya bersama dengan orang-orang lainnya. Tidak seperti para introvert, tipe kepribadian ekstrovert akan merasa sengsara jika harus menghabiskan waktu sendirian dan mereka senang menjadi pusat perhatian. Orang menggambarkan tipe kepribadian para ekstrovert sebagai pribadi yang suka berteman dan suka berbicara. Sebagai kesimpulan berikut ini adalah beberapa karakteristik kepribadian ekstrovert:
-Senang bersosialisasi.
-Merasa segar dan bertenaga setelah melakukan interaksi sosial
-Suka berteman dan berkumpul bersama teman
-Memiliki banyak sekali teman
-Ramah dan mudah didekati
-Tegas dan suka bersaing
-Berbicara dan bertindak baru kemudian berpikir belakangan
-Mudah bingung (teralihkan pikirannya)

Orang-orang terkenal yang memiliki kepribadian ekstrovert: Bill Clinton, Margaret Thatcher, Marie Antoinette, Muhammad Ali, Winston Churchill, George W. Bush, Oscar Wilde, Tony Robbins, Oprah Winfrey, Jim Carrey, Bruce Willis, Tom Cruise, Napoleon Bonaparte, Walt Disney, Deepak Chopra, Hugh Hefner, Whoopi Goldberg, Pablo Picasso, Weird Al Yankovic.

Baca juga: Siapa Saya Sebenarnya? (Introvert, Ambivert atau Extrovert)

Disadur dari: Introvert or Extrovert: Test Yourself with Our Personality Quiz  (©  lonerwolf.com)

 

Hits: 1791