VdBackground 02  .jpg

Mainkan Catur dalam Berbisnis (bagian 2)

Print
Created on Thursday, 15 October 2015 Last Updated on Thursday, 17 March 2016 Written by Phi-D


Kesanggupan untuk mengangkat dan memisahkan sebuah nama dari persaingan adalah salah satu cara ”bermain catur” [Baca alasan membangun nama sebelum bersaing di: Mainkan Catur dalam Berbisnis (bagian 1)]. Menjalankan rutin melelahkan yang sama, strategi-strategi pengembangan bisnis yang sama, yang juga digunakan oleh pengusaha lainnya adalah cara ”bermain dam”. Lakukan strategi ahli untuk memposisikan diri di industri untuk menikmati akses, kepercayaan, dan perlakuan istimewa lebih dulu dari pesaing Anda.

Berikut ini adalah beberapa strategi untuk dipraktekkan segera.

1. Pindah dari Belakang Layar ke Tengah-tengah Panggung
Saat pesaing selalu berada di samping Anda dan sibuk memburu bisnis Anda, cobalah ”meloncat“ ke depan dengan menawarkan diri untuk menjadi pembicara. Ini akan menyediakan peluang untuk melawan pesaing Anda, sekaligus menunjukkan bakat Anda sehingga menarik sponsor dan calon pelanggan. Selain itu, cara ini bahkan membuat Anda ”dilirik” oleh para pemimpin perusahaan lainnya.

2. Lakukan Kebaikan
Ada sebuah pandangan yang mengatakan bahwa saat seseorang melakukan kebaikan, maka ia akan menerima kebaikan. Karena itu jika bisnis yang Anda bangun banyak memberikan kebaikan, bahkan Anda sendiri aktif menjadi sukarelawan untuk melayani di lembaga amal atau non komersial yang mendekati dunia industri, maka bisnis Anda pun akan mendapatkan jalan yang baik. Memberikan nilai dan banyak waktu serta sumber daya. Ini akan membuat seorang wirausaha menjadi lebih bernilai di bandingkan teman-teman wirausahanya yang lain.

3. Dapatkan Kepercayaan
Cara termudah membangun kepercayaan adalah jika Anda menjalin hubungan yang dekat atau akrab dengan para pelaku bisnis lainnya. Ini berarti Anda harus berhati-hati sehingga Anda tidak mencurangi pelaku bisnis lainnya, mengambil keuntungan yang terlalu tinggi dari rekan bisnis, tidak mau membantu menyukseskan usaha bisnis kolega bisnis Anda, dan sebagainya. Cobalah untuk selalu membangun hubungan yang strategis dengan industri-industri besar atau para selebritis.

Di era teleprompters, pengolahan gambar, dan pengolahan video, dunia kehilangan para pemimpin yang sejati. Para pelanggan sangat mengharapkan ini, tetapi mereka tidak mendapatkan dari para pemimpin dan produk-produk mereka. Wirausahawan seharusnya tidak menyesali siapa mereka sebenarnya dan apa yang ingin mereka lakukan dan perjuangkan. Selalu ingatkan diri sendiri bahwa akan ada olokan, ejekan, dan kritik karena kesuksesan selalu menuai rasa iri.

Setelah menuai sukses, para wirausaha pun dapat dengan mudah jatuh terpuruk. Tantangan terbesarnya adalah saat mereka ingin mengembangkan bisnis yang berhasil mereka bangun. Di saat itu, para wirausaha ini harus ingat bahwa mereka tidak lagi dapat ”bermain catur” tetapi mulai bermain dam sampai sistem dalam usaha mereka berjalan dengan baik.

Disadur bebas dari:  Go for Chess Not Checkers When Running a Business ( ©  www.entrepreneur.com)
Sumber Gambar: 5 Tips Ampuh Agar Usahamu Bertahan Dalam Persaingan ( © laruno.com)

Hits: 446