VdBackground 01.jpg

Kejelasan untuk Menghadapi Kebingungan

Print
Created on Friday, 11 December 2015 Last Updated on Thursday, 17 March 2016 Written by Phi-D


Berubah-ubah, tidak pasti, rumit, rancu; itu semua merupakan kata-kata yang dapat dengan mudah membuat suatu keadaan menjadi klise dan kehilangan makna. Meski demikian keadaan itu tetap membutuhkan perhatian.

Sebenarnya dunia ini menjadi semakin berubah-ubah, tidak pasti, rumit, dan rancu. Tetapi apakah kita tahu apa artinya ini untuk kita? Apakah kita telah melakukan sesuatu yang berbeda? Bisa jadi belum. Lalu bagaimana cara kita menghadapi ketidak-pastian dan kerancuan dalam dunia ini? Atau, yang lebih penting lagi, bagaimana kita membantu bisnis kita, karir kita, pekerjaan kita, dan perusahaan kita menghadapi ketidak-pastian dan kerancuan di dunia?

Ya, kondisi tidak jelas dan tidak pasti memang membuat seseorang menjadi bingung dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Setelah kita berinisiatif melakukan hal yang masih dapat dan masih mungkin dilakukan, kita pun jadi bertanya-tanya, apakah yang sedang kita lakukan ini dapat membantu, atau malah kita membuatnya menjadi semakin rumit. Ya, ketidak-pastian dan ketidak-jelasan membuat kita semua kebingungan dan tidak tahu apa yang SEHARUS-nya dilakukan.

Di dunia bisnis, pada saat terjadi situasi tidak pasti dalam sebuah perusahaan, para pegawainya pasti merasa ”teraniaya” dan tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Semua hal menjadi begitu rancu! Banyak hal yang tampaknya terlihat penting, tetapi mereka tetap bingung dengan apa yang sebenarnya diinginkan oleh para pemimpin bisnis. Di sisi lain, para pemimpin tertinggi perusahaan selalu ingin agar segala sesuatu terkendali dengan baik dan tidak ingin mendengarkan hal-hal yang tidak pasti dan rancu. Ya, di saat ada situasi yang tidak pasti dalam sebuah perusahaan, para pemimpin tertinggi perusahaan malah menginginkan kepastian dan kejelasan. Di saat seperti ini, semua manajer akan merasakan dilema; di satu sisi kekacauan dan kebingungan menyerang, sementara di sisi lain mereka dituntut bersikap tenang dan berpikiran logis untuk dapat menyusun gambar dan merapikan data dalam bentuk presentasi ke manajemen bisnis yang menuntut kejelasan.

Memang tidak semua orang mau dengan rendah hati mengakui bahwa dunia ini memang sebenarnya lebih berubah-ubah, tidak pasti, rumit, dan rancu dari yang dapat kita pikirkan. Lalu, jika sekarang kita mau mengakuinya, bagaimana kita dapat terus bergerak tanpa mengangkat tangan menyerah dan mengatakan, ”Saya tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya” atau ”Kita tidak tahu apa artinya ini”?

Berikut ini ada beberapa langkah sederhana yang bisa membantu untuk SEDIKIT mengatasi rasa frustasi menghadapi ketidak-jelasan dalam dunia ini.
 
Akui itu Tidak Menyenangkan

Kita harus dapat menerima fakta bahwa berjalan dalam kondisi yang tidak pasti dan tidak jelas tidak menyenangkan untuk SEMUA orang. Psikologi dasar manusia tidak dirancang untuk menerima keadaan yang tidak pasti. Kita tidak dapat mengabaikan atau membuang keadaan yang tidak jelas, tetapi kita tidak perlu berpura-pura bahwa kita menyukai kondisi yang tidak menyenangkan ini.

Berhenti dan Analisa Situasi

Saat kita tertekan untuk membuat sebuah keputusan yang akan mengarahkan langkah atau membuat penilaian yang pasti dalam suatu situasi yang tidak pasti, cobalah berhenti dan memeriksa alasan mengapa kita melakukan langkah itu. Apakah karena kita harus melihat dan membuat suatu keputusan sehingga kita dapat mengambil suatu tindakan? Atau apakah keadaan yang tidak pasti dan tidak jelas itu sangat tidak menyenangkan dan kita ingin menghilangkannya dari kehidupan kita? Memang seringkali kita harus memutuskan sesegera mungkin, tetapi terkadang strategi terbaik adalah dengan menunggu beberapa waktu lagi sehingga kita mendapatkan informasi tambahan. Hal itu memang masuk akal jika dipandang secara rasional, tetapi itu menjadi sangat tidak menyenangkan jika ditinjau dari segi psikologi.

Mencoba Mencari Kejelasan

Marilah kita melihat apa yang telah kita terima dari orang saat mereka memberikan perencanaan dan penilaian. Memang tidak dianjurkan untuk mengatakan, ”Kita tidak mempunyai ide,” tetapi kita harus mendorong hal-hal seperti ”Ini adalah area ketidak-pastian dan rancu, dan inilah cara yang kita lakukan untuk mendapatkan kejelasan.”

Tangani Proyek

Saat memungkinkan, kita harus melakukan banyak eksperimen. Ini berarti lebih banyak proyek dengan biaya-biaya yang kecil. Ini juga berarti lebih banyak evaluasi dengan keinginan yang besar untuk ”membunuh” hal-hal yang tidak bekerja dengan baik. Berapa lama kita mengijinkan sebuah proyek berjalan sebelum kita meninjau apakah proyek ini masih masuk akal? Biasanya terlalu lama. Apakah mudah bagi kita untuk menghentikan hal-hal yang tidak lagi dapat bekerja dengan baik? Biasanya terlalu sulit.

Secara jujur, tidak ada satu orang pun menyukai kondisi yang berubah-ubah, tidak pasti, rumit, dan rancu karena itu membuat pekerjaan kita menjadi semakin sulit. Akan tetapi itulah cara dunia bekerja, dan kita hendaknya terbiasa dengan keadaan itu dan bekerja untuk menghadapinya sedapat mungkin. Kita hendaknya selalu mengingat bahwa kondisi dan situasi ini dihadapi SEMUA orang, maka jika kita dapat menghadapi dan mengatasinya dengan baik dibandingkan orang-orang lainnya, maka itu merupakan keuntungan untuk kita.

Aza-aza FIGHTING.

Disadur bebas dari: Memo to The CEO: We Need Some Clarity On Ambiguity ( © www.forbes.com)

Hits: 667