VdBackground 01.jpg

Tujuh Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Domain

Print
Created on Tuesday, 21 December 2010 Last Updated on Thursday, 03 April 2014

 

Memiliki domain sendiri?? Wah kayaknya ini adalah impian para blogger. Dengan domain sendiri weblog kita terdengar, terlihat dan terbaca lebih keren.. Weblog kita akan tampil menawan karena tanpa ada embel-embel blog**ot.com, wordp**ss.com, blog**me.com de es be.. Namun kalo kamu mau beli domain ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Beberapa diantaranya adalah tujuh hal di bawah ini.

1. Keyword-Rich Domain
Keyword-Rich Domain adalah faktor penting dalam SEO. Dengan memilih domain yang tepat maka dapat meningkatkan rangking search engine weblog kamu. Apalagi kalo tujuan nge-blog untuk menggeluti bisnis dunia maya.

2. Menggunakan '.com'
.com adalah sebuah tren. Ketika kamu mendengar kata 'situs' pasti kata '.com' langsung terlintas dipikiran. .com juga menggambarkan situs yang bersifat bisnis. Beberapa browser bahkan langsung melengkapi URL yang kita ketik dengan .com pada saat kita lupa mengetikkan ekstensi situs. Coba saja ketikkan yahoo tanpa .com di address bar Firefox kamu. Maka Firefox otomatis akan mengarahkan ke yahoo.com. Tapi jika seandainya kamu tidak suka .com, .net bisa jadi pilihan ke dua. Darren Rowse, seorang ProBlogger menggunakan domain .net untuk situsnya.

3. Mudah diingat
Mudah diingat maksudnya pendek, mudah disebutkan dan mudah dieja. Tanpa penggunaan tanda baca akan lebih baik.

4. Gunakan nama yang spesial atau lucu
Memilih nama domain sebaiknya mudah diingat dan menarik, misalnya nama sendiri. Tapi jika nama kamu banyak sama dengan orang maka harus pintar memilih nama yang tepat.
Atau jika memang tidak mau memakai nama sendiri bisa gunakan nama lain yang menurut Anda menarik.

5. Hindari nama yang sudah menjadi trademark
Cobalah untuk tidak menggunakan nama domain yang sudah menjadi trademark. Sebagai contoh kamu mendaftarkan nama domain yang memuat kata "Amazon", maka tunggu saja dalam beberapa hari akan ada teguran dari Amazon.com untuk kamu supaya menyerahkan domain tersebut. Kan bikin rugi tuh..

6. Jika memang harus membeli nama domain yang sudah dipakai?
Jika ingin membeli nama domain tapi sudah dipakai orang lain dan karena saking ngebetnya dangan nama domain itu, kita bisa saja membelinya dari orang tersebut.
Berusahalah untuk mengontak orang tersebut dan mengajukan penawaran.
Jika gagal, coba cek kapan domain tersebut berakhir dan bersiaplah membelinya seandainya orang itu lupa memperpanjang.

7. Pertimbangkan harga
Ini perlu karena harus sesuai dengan kemampuan kantong. Untuk apa kamu membeli domain dengan harga mahal jika blogging is just for fun not for bisnis. Masih banyak yang murah dan memiliki pelayanan yang bagus. Tapi untuk urusan yang satu ini memang tergantung pribadi masing-masing. 

Nah bagaimana sudah siap membeli domain? Semuanya tinggal Anda yang memutuskan.

Sumber: k[dash]director[dot]com

Hits: 1361