VdBackground 02  .jpg

Arsitektur Komputer

Print
Created on Thursday, 26 April 2012 Last Updated on Wednesday, 03 July 2013

Arsitektur komputer merupakan suatu rancangan konseptual dan struktur operasional dasar dari sebuah sistem komputer yang terdiri dari berbagai komponen yang saling terhubung satu sama lain. Berikut ini adalah beberapa komponen dari suatu sistem komputer.

A. Perangkat Keras
Perangkat keras (hardware) merupakan bagian fisik komputer yang dapat dilihat dengan mata dan disentuh dengan tangan.
Di bawah ini adalah komponen standar dari perangkat keras yang membangun sebuah PC komputer.

Keterangan Gambar:
1. Monitor
2. Papan Utama (Motherboard)
3. Prosesor
4. Slot IDE (Integrated Drive Electronics) / ATA
5. RAM
6. Sound Card  / VGA Card  / Ethernet Card
7. Catu Daya (Power Supply)
8. Cakram Optik
9. Cakram Keras (Harddisk)
10. Kibor
11. Tetikus
12. Slot PCI

Secara fungsional, perangkat keras dapat digolongkan sebagai berikut:
Perangkat Masukan (Input)
Perangkat ini digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer sesuai dengan bentuk yang diijinkan komputer untuk kemudian diolah ke dalam media pemroses.
Contoh: Kibor, tetikus, alat baca kode batang (bar-code reader), penggerak cakram (disk drive), CD-ROM drive, USB drive dan sebagainya.

Perangkat Keluaran (Output)
Perangkat ini digunakan untuk mengeluarkan hasil pengolahan data dari media pemroses ke dalam berbagai bentuk yang diinginkan pengguna.
Contoh: Printer, monitor, plotter, proyektor-LCD dan sebagainya.

Penyimpan Data (Storage Media)
Perangkat ini digunakan untuk menyimpan data hasil pengolahan.
Secara umum media penyimpan atau memori dapat dibagi menjadi 2 (dua), yaitu:

1. Random Access Memory (RAM)
RAM adalah media penyimpan yang bersifat non-permanen. Data dan proses yang sedang dikerjakan akan disimpan ke dalam RAM selama komputer aktif atau menyala. Setelah komputer dimatikan (daya listrik dicabut), maka semua data dan proses yang ada di  dalam RAM akan terhapus.
Kapasitas RAM harus mampu mengimbangi kinerja prosesor, bila kapasitas RAM kecil sedangkan proses yang dikerjakan banyak, maka RAM akan cepat penuh dan menyebabkan prosesor akan berhenti bekerja dan tidak dapat melakukan proses apa pun. Dalam dunia komputer, keadaan ini dikenal dengan istilah hang.

2. Harddisk
Harddisk adalah media penyimpanan data secara permanen.

B. Perangkat Lunak
Perangkat lunak (software) adalah instruksi-instruksi yang ditulis dalam bentuk kode program yang digunakan untuk mengolah segala proses dan memerintahkan perangkat keras melakukan tugasnya.

C. Data dan Informasi
Data adalah kumpulan fakta atau datum yang dapat diolah oleh sistem komputer.
Informasi adalah data yang telah diberi makna melalui konteks. Sebagai contoh, dokumen berbentuk lembar sebar, seperti Microsoft Excel dapat digunakan untuk membuat informasi dari data yang ada di dalamnya.

D. Prosedur
Prosedur adalah serangkaian aksi spesifik, tindakan atau operasi yang harus dijalankan atau dieksekusi dengan cara yang sama agar dapat diperoleh hasil yang sama dari suatu keadaan yang sama. Contohnya prosedur kesehatan dan keselamatan kerja.
Karena itu kata prosedur dapat mengindikasikan rangkaian aktivitas, tugas-tugas, langkah-langkah, keputusan-keputusan, perhitungan-perhitungan dan proses-proses, yang dijalankan melalui serangkaian pekerjaan yang menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan, suatu produk atau sebuah akibat. Maka sebuah prosedur biasanya mengakibatkan sebuah perubahan.

E. Pengguna
Pengguna (brainware) adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan untuk memanfaatkan komputer atau sistem pengolahan data. Oleh karena itu, pengguna merupakan sumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu sistem komputer.

Menurut tingkat pemanfaatan terhadap komputer, pengguna komputer dapat digolongkan dalam 4 (empat)  tingkatan berikut (dimulai dari tingkatan yang tertinggi):

System Analyst 
Penanggung jawab dan perencana sistem dari sebuah proyek pembangunan sebuah sistem informasi khususnya yang memanfaatkan komputer.

Programmer 
Pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang.

Administrator  
Seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem/jaringan komputer.

Operator  
Pengguna biasa yang hanya dapat memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada.

Disadur dari: Buku LSP Telematika dan Wikipedia.
Sumber gambar: id.wikipedia.org

Hits: 2287