VdBackground 02  .jpg

Nama Domain yang Menarik untuk Situs Web Anda

Print
Created on Thursday, 02 August 2012 Last Updated on Thursday, 03 April 2014


Memilih nama domain merupakan langkah kunci untuk mengembangkan situs web Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih nama domain.

1. Nama Domain sebagai Nama atau "Merek"
Nama domain sebenarnya merupakan salah satu cara orang-orang dapat menemukan "kehadiran" Anda di dunia maya, alias internet. 
Karena itu, nama domain seharusnya dapat diingat dengan mudah, misalnya nama itu harus cocok atau berkaitan dengan nama atau jenis produk yang dipasarkan di situs atau bisa sekadar nama yang menarik dan unik.

2. Mempersiapkan Nama Domain
Jika sebelumnya Anda telah menetapkan suatu nama, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut:
-. Jika perusahaan tempat Anda bekerja memiliki nama usaha Penerbitan Buku Komik, maka Anda dapat mendaftarkan nama domain penerbitanbukukomik.com, meski perusahaan Anda dikenal dengan "Buku Komik", namun ada lebih baik Anda menggunakan istilah "Penerbitan"untuk memberitahu bahwa situs ini tidak berfokus pada "Penjualan" Buku Komik, tapi hanya "Menerbitkan" buku-buku komik, sehingga sasaran pengunjungnya adalah penulis buku komik, penerjemah buku komik ataupun perusahaan-perusahaan pemasok tinta dan kertas.
-. Nama domain dapat juga dipisahkan menggunakan garis pisah, misalnya penerbitan-buku-komik.com. Akan tetapi perlu diingat, penggunaan garis pisah seringkali mempersulit karena orang seringkali lupa menyertakan tanda ini sewaktu mengetikkan alamat situs.
-. Nama domain dapat merupakan singkatan dari nama usaha atau nama pribadi Anda, misalnya pbk.com

Catatan: Untuk kebutuhan perusahaan, ada baiknya Anda menggunakan nama domain sesuai negara tempat usaha Anda, misalnya, Anda dapat menggunakan nama penerbitanbukukomik.co.id.

Sebagai kesimpulan dari artikel ini adalah:
-. Cari nama domain yang menggambarkan usaha Anda.
-. Gunakan nama domain yang mudah diingat.
-. Jaga agar nama domain yang Anda gunakan tidak terlalu panjang.


Catatan tentang Nama Domain
-. Nama domain tidak dapat dimiliki secara individu.
Seseorang yang mendaftarkan nama domain akan mendapatkan hak-hak eksklusif untuk menggunakan nama domain tersebut selama suatu jangka waktu tertentu. Hak ini diatur melalui peraturan dari suatu lembaga seperti Perusahaan Internet yang digunakan untuk mengatur nama dan angka, lembaga internasional yang mengawasi nama-nama domain seperti .com atau .org selama 10 tahun.

-. Istilah penjualan nama domain dapat diartikan bahwa seseorang menjual hak-hak yang dimilikinya untuk menggunakan suatu nama domain dengan bayaran tertentu.

Baca: Nama Domain Termahal 2011

Baca: Pertanyaan Seputar Pembangunan Situs Web

Disadur dari: Website Design and Development, 100 Questions to Ask Before Building a Website oleh George Plumley

Hits: 2611