VdBackground 02  .jpg

Perangkat Lunak Komersial Terbaik untuk Desain Grafis

Print
Created on Tuesday, 24 December 2013 Last Updated on Friday, 27 December 2013 Written by Phi-D


Desain grafis merupakan salah satu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Dalam disain grafis, teks juga dianggap sebagai salah satu obyek gambar karena merupakan hasil abstraksi dari simbol-simbol. Saat ini tersedia beberapa perangkat lunak untuk desain grafis. Berikut ini akan dibahas beberapa perangkat lunak desain grafis yang populer dan berkualitas.

Adobe Creative Suite
Adobe Creative Suite merupakan salah satu produk dari Adobe yang membantu para desainer mengolah desain grafisnya. Perangkat lunak ini merupakan salah satu pilihan utama para desainer grafis dunia karena fitur dan tampilannya yang sederhana namun memiliki fitur yang memadai. Untuk dapat menggunakan secara maksimal (versi pro), seorang desainer harus membayar $1300 (data tahun 2013). Karena itu, aplikasi ini hanya digunakan oleh para desainer kelas atas.

Xara Designer Pro
Xara Designer Pro lebih murah dari perangkat lunak sebelumnya. Meskipun demikian, kualitas perangkat lunak ini tidak kalah. Banyak orang berpendapat tampilan Xara Designer Pro lebih nyaman dan cocok untuk desain grafis kasual. Perangkat ini memiliki kemampuan merancang tata letak, perangkat pengolahan grafis yang lengkap, selain itu penggunanya tidak memerlukan banyak memori untuk mengaktifkan aplikasi ini. Perangkat lunak ini dapat digunakan dengan membayar $ 299.

Adobe Illustrator
Aplikasi ini merupakan perangkat lunak editor vektor grafis yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems. Adobe Illustrator adalah aplikasi untuk mendesain atau membuat gambar berbasis vektor, dimana obyek gambar dibentuk melalui kombinasi garis dan titik (dot) berdasarkan rumusan matematika tertentu. Aplikasi ini dapat menangani beragam desain dari yang sederhana hingga amat kompleks, serta mampu mengekspor hasil akhir sebuah desain ke dalam berbagai format sesuai kebutuhan Anda dengan kualitas yang bisa diandalkan. Adobe Illustrator sangat kompatibel dengan beragam perangkat lunak lainnya untuk berbagai kepentingan akhir, seperti kepentingan cetak, desktop publishing, web publishing dan lain-lain. Desain-desain gambar yang dihasilkan dari aplikasi ini cenderung terlihat flat/datar dan mempunyai warna kartun yang kental, sehingga tidak dapat menghasilkan gambar yang realistis (mirip foto). Harga aplikasi terbaru (CS6) adalah $ 599.

AutoCAD
Aplikasi ini merupakan aplikasi 3D modelling yang dapat digunakan untuk mendesain dan membentuk dunia di sekeliling Anda dengan mudah karena aplikasi  ini memiliki fitur-fitur yang fleksibel. Desainer yang menggunakan aplikasi ini akan merasakan mudahnya mendokumentasi desain mereka, berbagi ide ataupun mengeksplorasi ide secara 3D. AutoCAD memiliki ribuan add-ons yang dapat digunakan untuk mendesain sesuai kebutuhan spesifik desainer. AutoCAD dapat dibeli dengan harga $4.195.

CorelDraw Graphics Suite
Aplikasi ini merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk dijalankan pada sistem operasi Windows. Aplikasi utama dari paket ini adalah CorelDraw, yang digunakan untuk merancang dan mengatur tata letak grafis berbasis vektor. Fungsi-fungsi utama aplikasi CorelDraw adalah penggunaan efek-efek yang mudah diaplikasikan pada obyek yang dibuat dalam aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan banyak rancangan template profesional baru yang mudah digunakan untuk merancang poster, kartu nama ataupun newsletter. Pada paket ini, tersedia juga aplikasi Corel Photo-Paint yang dirancang untuk memperbaiki foto-foto digital yang terlihat buram dan tidak fokus. Harga paket aplikasi CorelDraw Graphics Suite X6 adalah US$395.

Google SketchUp
Aplikasi dengan model 3D ini menjadi sangat penting bagi mereka yang ada di dunia desain. Google SketchUp menawarkan kemudahan untuk menciptakan model 3D sesuai keinginan penggunanya. Terdapat banyak fitur-fitur yang mudah digunakan dan terdapat fitur Bantuan yang diletakkan di tempat yang sangat terlihat dan dalam ukuran yang besar. Karena itu, sangat cocok jika Google SketchUp menjadi perangkat sempurna bagi desainer tingkat dasar (amatiran) ataupun tingkat menengah.
Untuk memulai menggunakan aplikasi ini, letakkan semua opsi Bantuan (seperti tutorial bentuk video, tips dan trik, blog dan help center) di tempat yang terlihat. Di awal penggunaan, aplikasi ini akan meminta pengguna untuk memilih salah satu template dari banyak template yang disediakan, seperti desain arsitektur ataupun desain kayu.
Google SkecthUp juga menyediakan toolbar di bagian atas aplikasi, yang terdiri dari menu-menu yang biasa ada pada aplikasi desain lainnya. Terdapat juga menu untuk mengatur kamera dan perangkat kerja lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan instruksi untuk menuntun pekerjaan desain mulai dari pembuatan garis sederhana sampai menjadi suatu rancangan desain.
Harga Beli SketchUp Pro 8 adalah berkisar £ 335,00

Disadur dari berbagai sumber (www.unik.up2det.com | iamnumber18.blogspot.com  | lainnya).

Hits: 2980