VdBackground 01.jpg

Pemindaian Dokumen (Scanner)

Print
Created on Thursday, 02 December 2010 Last Updated on Wednesday, 03 July 2013

Alat pemindai, pada umumnya dikenal sebagai scanner, memiliki cara kerja dan keunggulan yang berbeda-beda, tergantung dari merek dan tipe yang dimilikinya. Akan tetapi secara umum, alat pemindai memiliki satu fungsi utama, yaitu memasukkan gambar grafik ke dalam komputer. Berikut ini adalah prosedur dasar untuk melakukan pemindaian gambar menggunakan alat pemindai. Dalam hal ini, saya menggunakan alat pemindai dengan merek Canon versi CanoScan FB 630P (Alat ini sudah jadoel, tapi karena masih bisa nyala makanya masih digunakan. Sayang dibuang).

Prosedur dasar alat pemindai ini dapat digunakan untuk memindai bermacam-macam tipe gambar, baik yang berwarna lengkap, keabu-abuan, hitam-putih. Cara kerja alat pemindai adalah sebagai berikut:

  • Angkat dan buka penutup alat pemindai.© CanoScan FB Handbook
  • Posisikan kertas berisi gambar atau dokumen yang akan dipindai di atas kaca pemindai dengan posisi dokumen yang akan dipindai menghadap ke kaca pemindai seperti tampak pada gambar di samping ini.
  • Ratakan bagian atas dokumen dengan tanda perataan pada alat pemindai.
    Setelah membuat pengaturan pada dokumen, tutup penutup dokumen dari alat pemindai dengan hati-hati agar posisi dokumen di dalam alat pemindai tidak berubah.
    • Buat pengaturan tipe gambar pada perangkat lunak pemindai sebagai berikut.
      Untuk memindai dokumen sebagai gambar berwarna, pilih tipe gambar True Color atau High Definition Color.
      Warna true color akan menampilkan 256 warna untuk channel merah, hijau dan hitam. Sedangkan tipe gambar high definition color akan menghilangkan kelebihan warna untuk memberikan kualitas hasil gambar yang lebih baik, akan tetapi tipe gambar ini akan memperlambat kecepatan pemindaian gambar. 
    • Untuk memindai dokumen dengan warna keabu-abuan, pilih tipe Grayscale.
      Warna dengan tipe grayscale akan menampilkan warna putih, hitam dan 254 bayangan keabu-abuan.
    • Untuk memindai dokumen menjadi hitam dan putih, pilih tipe gambar Black and White.
      Warna dengan tipe ini hanya akan menampilkan dua warna, yaitu hitam dan putih.
    • Untuk memindai dokumen menjadi teks yang dapat dikonversi oleh perangkat OCR (Optical Character Recognition), pilih tipe gambar Text Enhanced.
      Catatan:
      • Dokumen berwarna standar (dengan ukuran 8,5 x 12 cm) dan dipindai dengan resolusi 360 dpi akan menghasilkan ukuran berkas hasil pindaian sebesar 6 MB untuk tipe gambar berwarna, sedangkan untuk tipe gambar grayscale akan menghasilkan ukuran berkas pindaian 2 MB dan untuk tipe gambar black and white dan text image akan menghasilkan berkas dengan ukuran 250 KB.
  •  Buat pengaturan pada resolusi pemindaian, resolusi hasil pindaian, ukuran besar yang akan dihasilkan dari gambar yang dipindai.
    Pengaturan dapat dilakukan untuk mengatur ukuran kertas untuk mencetak hasil pindaian atau ukuran monitor komputer untuk menampilkan hasil pindaian gambar. Pengaturan yang dilakukan di bagian ini akan sangat menentukan resolusi dan perbesaran dari hasil gambar yang telah dipindai.
  • Buat pengaturan untuk menginisialisasi dan mengaktifkan fitur preview dengan mengklik ikon Preview sehingga hasil pindaian gambar dapat dilihat sebelumnya.
    Klik tombol Scan atau Preview untuk memulai pemindaian gambar. 
     Klik tombol Cancel pada progress bar untuk membatalkan proses pemindaian gambar.
  • Setelah proses pemindaian selesai, lihat hasil pindaian. Jika ada yang kurang sesuai dengan keinginan, maka buat pengaturan ulang pada perangkat lunak pemindai untuk mengatur pewarnaan, ukuran, kekontrasan warna dan sebagainya.
    Jika hasil pemindaian gambar sudah sesuai dengan kebutuhan, simpan hasilnya dengan mengklik tombol Save.
    Catatan:
    • Hati-hati sewaktu memosisikan kertas di atas kaca pemindai agar kaca tidak menjadi kotor sehingga membuat hasil pindaian menjadi kotor atau kurang sempurna.
    • Untuk memindai kertas film OHP dan transparansi, letakkan selembar kertas putih yang bersih di atas kertas transparansi tersebut sewaktu ingin dipindai.
    • Luruskan dahulu kertas dokumen yang tergulung atau terlipat sebelum memosisikan kertas tersebut di atas kaca pemindai.

Membuka Gambar Hasil Pindaian

Setelah gambar yang telah dipindai ditutup, gambar tersebut dapat dibuka kembali dan ditampilkan pada jendela preview dari aplikasi pemindai. Selain itu, gambar dapat dibuka dan ditampilkan menggunakan aplikasi pembaca gambar seperti ACDSee, Windows Picture and Fax Viewer, Nero PhotoSnap Viewer dan sebagainya.

Hits: 7806