VdBackground 01.jpg

Pengelompokkan Alat Pemindai

Print
Created on Friday, 03 December 2010 Last Updated on Wednesday, 03 July 2013

Alat pemindai gambar (scanner) merupakan perangkat elektronik yang memiliki cara kerja seperti mesin fotokopi. Perangkat ini dapat memindai obyek-obyek seperti dokumen, foto dan sebagainya. Hasil pemindaian akan diubah menjadi data digital yang dapat dibaca dan disimpan ke dalam komputer.

Pemindai gambar dapat dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas yang akan dipindai, yaitu sebagai berikut:

1.  Flatbed
Pemindai gambar flatbed akan bekerja dengan cara meletakkan selembar kertas atau dokumen di atas kaca pemindai. Setelah itu lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas untuk mengambil gambar dan teks dari kertas tersebut.

2. Automatic Document Feeder (ADF)
Pemindai gambar Automatic Document Feeder akan bekerja dengan meletakkan kertas pada baki (tray). Setelah itu kertas akan dimasukkan satu per satu oleh bagian mekanik pemindai dengan bantuan pad assy dan roller. Sewaktu kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai akan bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut.

Keuntungan memindai dokumen menggunakan Automatic Document Feeder adalah sebagai berikut:
- Kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam.
- Dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan.
- Dengan imprinter, pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai.
- Jika dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader, maka Automatic Document Feeder dapat sangat berguna untuk pengarsipan dan manajemen dokumen.

Sumber: wikipedia.org

Hits: 2188