VdBackground 02  .jpg

Sikap untuk Mempermudah Belajar Pemrograman

Print
Created on Friday, 17 December 2010 Last Updated on Thursday, 03 April 2014

 

 

Bahasa pemrograman memang tidak selalu mudah dipelajari. Akan tetapi ada beberapa hal yang dapat membuat belajar pemrograman menjadi lebih mudah. Hal ini mencakup memiliki sikap yang baik sewaktu belajar. Berikut ini adalah beberapa sikap yang perlu dipertahankan sehingga belajar bahasa pemrograman tidak membebani tapi jadi menarik.

- Miliki keinginan untuk belajar. Pertahankan keinginan untuk belajar meski tahap awal mempelajarinya tidak mudah. Hal ini dapat diumpamakan seperti sewaktu mempelajari suatu bahasa asing yang baru.

- Untuk melatih logika, sering-sering membaca source code dari program lain. Jangan menghafal urutan programnya, tapi pahami logika dari program tersebut.

- Pelajari cara mengekspresikan algoritma untuk menuangkan ide di kepala dalam bahasa manusia ke dalam bahasa program.

- Belajar dari orang lain. Hal ini penting untuk menambah pengalaman dan ilmu dalam membuat program.

- Bergabung dengan komunitas programmer di internet untuk menambah wawasan.

- Sering berlatih membuat program sederhana sendiri. Jika menemui kesulitan, jangan malu bertanya pada orang yang lebih ahli ataupun mengeksplorasi dari internet.

- Jangan menyerah sewaktu gagal membuat program.

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan, bisa jadi mempelajari bahasa pemrograman tidak sesulit yang dibayangkan. Inti dari semua sikap di atas adalah JANGAN MENYERAH....

AZA AZA FIGHTING.... =D

by Phi-D.

Hits: 2401