VdBackground 01.jpg

Kiat Sukses Menjadi Karyawan Baru di Kantor

Print
Created on Tuesday, 22 November 2011 Last Updated on Thursday, 03 April 2014

Dunia kerja berbeda dengan dunia kampus. Sebagai “pendatang” baru di suatu kantor, ada banyak hal yang harus diketahui dan dikuasai. Berikut ini adalah beberapa kiat yang dapat diupayakan karyawan baru sewaktu bekerja di suatu perusahaan baru.

Bergaul
Jalin hubungan yang baik dengan semua karyawan senior di kantor. Selain itu hindarilah kebiasaan di lingkungan sekolah seperti memilih-milih teman, karena sewaktu bekerja di kantor, seseorang dituntut untuk dapat bekerja dalam satu tim.

Ikuti Aturan Main
Mengikuti aturan main perusahaan merupakan hal yang tidak boleh diabaikan, seperti kedisiplinan dan aturan dalam memanfaatkan fasilitas kantor. Biasakan untuk datang on-time ke kantor.

Pahami Bidang Pekerjaan
Selain bertanya apa saja pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda, jangan ragu untuk bertanya jika ada hal yang tidak dimengerti. Jika atasan sibuk, Anda bisa bertanya pada rekan senior lain.  Namun ada yang perlu diingat, yaitu bahwa para senior juga memiliki tanggung jawab pekerjaan. Karena itu, sedapat mungkin bekerjalah secara mandiri.

Tak Ada “SKS”
Walau banyak, tugas kuliah dapat dikerjakan dengan SKS, alias Sistem Kebut Semalam. Akan tetapi tugas-tugas di kantor harus dapat dipertanggung-jawabkan, maka melakukan pekerjaan yang terburu-buru dapat beresiko membuat kesalahan. Karena itu, buatlah daftar pekerjaan berdasarkan skala prioritas dan patuhilah deadline yang diberikan atasan.

Siapkan “Tameng”
Bersiaplah menghadapi situasi sulit, seperti saat atasan marah-marah, menghadapi klien yang membuat jengkel atau terjadi konflik dengan rekan kerja. Sewaktu menjadi sakit hati terhadap hal-hal tadi, boleh saja ikutan jengkel akan tetapi jangan terlalu diambil hati dan menangis. Carilah solusi dan hiburan yang dapat menenangkan hati, seperti mendengarkan musik.

Baca juga: Cara Mudah dapatkan Pekerjaan untuk Lulusan Baru

Disadur dari: Majalah CHIC No. 99
Sumber Gambar: mamansuparman.com

Hits: 1470