VdBackground 02  .jpg

Pembicara yang Lihai vs Komunikator yang Hebat?

Print
Created on Wednesday, 10 December 2014 Last Updated on Monday, 22 December 2014 Written by Phi-D


Seorang pemimpin yang hebat pastilah seorang komunikator yang handal. Komunikator yang handal atau hebat sangat berbeda dengan pembicara yang lihai. Pembicara yang lihai adalah orang-orang yang selalu pintar omong dalam segala situasi untuk “menyelamatkan” diri sendiri dari sebuah masalah. Dalam bahasa Indonesia sehari-hari, orang-orang yang pintar omong sering disebut dengan istilah OmDo, alias Omong Doang. Berbeda dengan orang yang pintar omong, seorang komunikator bukan hanya pintar bicara, tetapi ia bahkan dapat memecahkan masalah mereka ataupun masalah orang lain. Meskipun menjadi komunikator adalah sesuatu yang luar biasa, akan tetapi untuk mendapatkan keterampilan berkomunikasi yang baik tidaklah mudah; ini dikarenakan ketrampilan ini sangat jarang, malahan tidak pernah, diajarkan dalam dunia akademisi.

Dalam dunia pendidikan, ketrampilan berbicara melatih siswa untuk berfokus pada ucapan, kosa kata, kehadiran, cara berpidato, tata bahasa, sintaksis dan sejenisnya. Memang semua ini mengajarkan siswa untuk belajar berbicara bahkan terampil berbicara, tetapi ini semua malah membuat siswa berfokus pada diri mereka sendiri. Padahal, untuk menjadi seorang komunikator yang baik, seseorang tidak hanya harus terampil berbicara, tetapi mereka juga harus dapat berfokus pada orang-orang lain. Hal ini memang tampak sepele, tetapi untuk dapat berbicara dengan berfokus pada orang-orang lain, seorang pemimpin dituntut mati-matian untuk mempelajari ketrampilan berkomunikasi.

Mengapa Penting untuk Menjadi Komunikator yang Baik?

Komunikator yang baik sanggup mengembangkan kesadaran eksternal yang tajam sehingga mereka tidak membuat kesal lawan bicaranya ataupun menimbulkan masalah saat berinteraksi dengan orang lain. Cobalah amati pemimpin-pemimpin hebat dunia, Anda dapat melihat bahwa mereka benar-benar seorang komunikator yang luar biasa. Mereka mungkin berbicara tentang ide-ide mereka, tetapi mereka melakukannya dengan cara yang juga berbicara ke emosi dan aspirasi dari orang-orang yang mendengarkan mereka. Mereka sadar bahwa jika pesan yang ingin mereka sampaikan tidak berakar kuat di pikiran pendengar mereka, maka apa yang ingin mereka sampaikan tidak dimengerti, apalagi diperjuangkan oleh mereka yang mendengarkannya.

Selain itu, penelitian memperlihatkan bahwa banyak masalah hebat dalam suatu organisasi terjadi karena kurangnya atau bahkan tidak adanya komunikasi. Situasi ini secara tepat menggarisbawahi pentingnya seorang pemimpin untuk berfokus menjadi komunikator yang hebat. Untuk itu, pimpinan yang hebat akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk membangun komunikasi secara pribadi kepada beberapa orang setiap hari.

Alasan lain yang menjadikan komunikasi yang efektif sangat diperlukan adalah bahwa komunikasi telah menjadi komponen penting dari suatu keberhasilan profesional, apakah itu hubungan pribadi, hubungan antar kelompok, antar perusahaan, antar organisasi atau hubungan dengan pihak eksternal.

Menggunakan Komunikasi yang Efektif

Sebenarnya tidaklah sulit untuk memahami ketrampilan berkomunikasi yang baik, akan tetapi untuk menggunakan ketrampilan berkomunikasi dengan tepat saat kondisi yang kurang baik muncul, tidaklah selalu mudah. Ya, ketrampilan yang sudah diperoleh dan pengetahuan yang sudah didapatkan hanya akan berharga jika itu dapat diterapkan secara praktis saat diperlukan.

Satu persamaan yang dimiliki para komunikator handal adalah bahwa mereka memiliki kesadaran yang tinggi terhadap suatu situasi dan suasana. Komunikator yang handal juga adalah pendengar yang hebat dan pengamat yang lihai. Mereka juga terampil membaca seseorang atau sekelompok orang dengan merasakan suasana hati, dinamika, sikap, nilai-nilai dan keprihatinan dari orang-orang yang sedang diajak berkomunikasi. Selain itu, para komunikator yang handal juga membaca lingkungan dari orang-orang yang sedang diajak bicara; mereka juga memiliki kesanggupan yang luar biasa untuk mengadaptasi pesan yang ingin mereka sampaikan ke suatu lingkungan tanpa kehilangan tempo. Pesannya bukan sekadar menyampaikan pesan, tetapi itu 100% tentang menemukan kebutuhan dan harapan dari orang-orang yang sedang diajak berkomunikasi.

Lalu, bagaimana Anda tahu bahwa ketrampilan Anda telah semakin matang sehingga Anda sendiri telah yakin bahwa Anda memanglah seorang komunikator yang ulung? Cobalah lihat beberapa rahasia komunikasi dari pimpinan yang hebat pada artikel Rahasia-rahasia Komunikasi dari Seorang Pemimpin yang Hebat berikut ini.

Disadur bebas dari:  10 Communication Secrets of Great Leaders (www.forbes.com)
Sumber gambar:  ivanzulva.blogspot.com

Hits: 1788