VdBackground 02  .jpg

Buatlah Pertanyaan-pertanyaan Positif

Print
Created on Friday, 02 January 2015 Last Updated on Friday, 09 January 2015 Written by Phi-D


Hal-hal negatif seringkali berasal bukan dari jawaban yang diterima dari dunia ini, tetapi juga dari pertanyaan yang Anda tanyakan pada diri sendiri setiap hari. Dan jika pertanyaan yang Anda ajukan pada diri sendiri berupa pertanyaan-pertanyaan negatif, maka Anda pun akan mendapatkan jawaban-jawaban negatif.

Berikut ini adalah contoh-contoh pertanyaan negatif yang tidak akan membuat Anda mendapatkan jawaban positif:
"Kenapa saya?"
"Mengapa saya tidak melakukannya?"
"Bagaimana jika saya tidak cukup hebat?"

Apakah Anda akan membiarkan orang lain menanyakan pada Anda pertanyaan-pertanyaan yang melemahkan semangat yang terkadang Anda tanyakan pada diri Anda sendiri? Kemungkinan tidak. Maka  berhentilah membuat pertanyaan-pertanyaan semacam itu dan tukarlah dengan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mendorong Anda ke arah yang lebih positif seperti di bawah ini.

1. Apa yang dapat membuat Anda bersyukur dan positif sekarang ini?
Senjata paling ampuh untuk melawan stres dan pikiran negatif adalah kesanggupan Anda untuk memilih berbagai pikiran yang akan Anda pikirkan. Kebahagiaan akan menghilang dari mereka yang menolak untuk melihat hal-hal baik yang telah mereka miliki. Saat kehidupan memberikan banyak alasan untuk berpikir negatif, cobalah sekuat tenaga untuk berpikir positif.

2. Masalah apa yang dimiliki orang lain yang membuat Anda bersyukur karena Anda tidak punya masalah itu?
Tersenyumlah; bukan karena kehidupan itu mudah, sempurna ataupun berjalan sesuai keinginan Anda, tetapi karena Anda telah memilih untuk bahagia dan bersyukur untuk semua hal baik yang Anda miliki; dan juga untuk semua masalah yang tidak Anda miliki.

3. Apa hal yang sekarang Anda pegang/simpan dan perlu Anda buang segera?
Terkadang memegang sesuatu malahan dapat membuat Anda semakin lemah, dan membiarkan pergi malahan dapat membangun kekuatan Anda. Apakah hal-hal yang membuat Anda sangat kecewa 6 bulan lalu atau tahun lalu, benar-benar merupakan masalah untuk Anda? Pastinya tidak. Akan tetapi jika Anda masih memikirkannya, jangan jadikan itu sebagai perhatian utama Anda.

4. Siapa, atau apa, yang membutuh pengampunan Anda?
Pengampunan tidak selalu memperbaiki hubungan dan situasi. Beberapa hubungan dan situasi memang bisa jadi tetap buruk. Walaupun begitu, ampuni, dan biarkan yang telah terjadi, terjadi. Terus berjalan maju dan bebaskan diri Anda. Jika Anda tetap memegang kekesalan, Anda terikat pada orang/kondisi buruk itu melalui ikatan emosi yang bahkan lebih kuat daripada ikatan besi. Pengampunan adalah satu-satunya cara untuk menghancurkan ikatan itu dan membuat Anda bebas.

5. Hal benar apa yang harus dilakukan?
Hanya karena Anda dapat melakukannya, bukan berarti Anda harus melakukannya. Hanya karena itu mudah, bukan berarti itu berguna untuk Anda. Maka lakukanlah apa yang benar, bukan apa yang mudah; dan ini dapat membuat Anda tidak stres saat menjalani hidup.

6. Hal baik apa yang sekarang dapat Anda lakukan untuk orang lain?
Lakukan semua hal baik yang dapat Anda lakukan, untuk sebanyak mungkin orang, sesering yang dapat Anda lakukan. Tidak ada yang sia-sia dari perlakuan pengasih dan kebaikan yang Anda lakukan, walaupun itu terlihat tidak berarti. Yakinlah bahwa kebaikan yang telah Anda tunjukkan akan selalu kembali ke sekitar Anda.

7. Pujian apa yang baru-baru ini Anda terima?
Ingatlah, kupu-kupu tidak tahu apa warna sayapnya, tetapi mata manusia dapat melihat betapa indahnya sayap seekor kupu-kupu. Dengan cara yang sama, di hari-hari yang sibuk dan tergesa-gesa, bisa jadi Anda tidak sadar betapa hebatnya Anda, tetapi orang-orang di sekitar Anda dapat melihat bahwa Anda luar biasa hebat. Maka saat seseorang mengatakan sesuatu yang baik tentang Anda, ingatlah itu sebagai sesuatu yang berharga dan simpanlah di dalam ingatan dan hati Anda.

8. Apa yang Anda ketahui tentang kehebatan Anda?
Meskipun menyenangkan untuk mendengarkan saat ada yang memuji Anda, tetapi itu bukanlah hal yang penting sebagai dasar untuk memberikan penghargaan pada diri Anda sendiri. Dan jika tidak ada seorang pun yang memberikan pujian kepada Anda, pujilah diri Anda sendiri. Anda cukup BAIK, Anda cukup PINTAR, Anda cukup KUAT. Dan Anda tidak perlu mencari pengakuan dari orang, karena memang Anda berharga. Perhatikan kekuatan yang Anda miliki, fokus pada kekuatan itu dan hargai kekuatan itu.

9. Apa hal berbeda yang akan Anda lakukan jika Anda tahu tidak ada yang akan menyalahkan Anda?
Harus Anda akui bahwa Anda tidak dapat menyenangkan setiap orang dan Anda tidak perlu menyenangkan semua orang (lihat artikel: Menyenangkan Orang Lain itu Tidak Menyenangkan). Jangan terlalu mempedulikan apa yang dikatakan oleh orang yang tidak menyukai Anda tentang diri Anda. Tersenyumlah karena Andalah yang paling tahu tentang apa yang benar, jalani kehidupan Anda dan bahagialah dengan diri Anda sendiri tanpa mempedulikan penilaian negatif orang tentang Anda.

10. Apa aktivitas yang membuat Anda merasa menjadi diri sendiri?
Carilah apa yang memotivasi Anda untuk bertumbuh benar-benar menjadi diri sendiri. Dan ingatlah bahwa Anda tidak dapat bertumbuh jika Anda tidak ingin berubah. Seraya Anda bertumbuh, Anda akan melihat bahwa Anda tidak benar-benar berubah... Anda hanya menjadi diri Anda yang sebenarnya.

11. Apa yang membuat hidup Anda benar-benar menyenangkan?
Pikirkan, jika Anda benar-benar ingin senang sekarang, apa yang benar-benar membuat Anda senang? Carilah dan berfokus pada hal itu sesering mungkin. Saat Anda benar-benar yakin pada apa yang Anda lakukan, itu terlihat dan itu akan dibayarkan kepada Anda. Kesuksesan dalam kehidupan adalah untuk mereka yang benar-benar menyukai apa yang akan mereka lakukan.

12. Alasan apa yang benar-benar harus Anda hentikan?
George Washington, presiden pertama USA pernah mengatakan, “It is better to offer no excuse than a bad one (lebih baik tidak memberikan alasan apa pun daripada memberikan satu alasan yang buruk).” Tidak ada alasan yang dapat mendekati kebenaran. Jika Anda benar-benar pandai membuat alasan, maka Anda tidak akan benar-benar hebat dalam melakukan sesuatu. Tidak peduli rintangan apa yang Anda lihat di depan Anda, satu-satunya rintangan yang sebenarnya ada di antara Anda dan keinginan Anda adalah ALASAN mengapa Anda tidak dapat mencapai keinginan Anda, yang terus Anda katakan pada diri sendiri.

13. Jika Anda dapat belajar dari kesalahan, mengapa Anda selalu takut membuat kesalahan?
Jika Anda ingin melakukan sesuatu yang benar, maka buatlah banyak kesalahan dan terimalah keadaan yang tidak menyenangkan karena kesalahan yang Anda buat. Ini mungkin terdengar gila, karena baik kesalahan maupun ketidak-nyamanan dapat menyakiti Anda, tetapi ini sangat berharga. Dalam kehidupan, kesalahan-kesalahan membuat Anda semakin cerdas dan keadaan-keadaan yang tidak menyenangkan membuat Anda lebih kuat.

14. Kapan keadaan yang tidak diharapkan menjadi lebih baik daripada keadaan yang Anda harapkan?
Saat sesuatu tidak berjalan sesuai yang Anda harapkan, teriaklah, ” Plot twist! ” (istilah pada film untuk mengubah skenario cerita sehingga penonton tidak dapat menebak kejutan/akhir cerita dalam film) dan lakukan yang terbaik untuk beradaptasi. Anda tidak akan selalu mendapatkan apa yang Anda inginkan di hidup ini, tetapi Anda akan benar-benar mendapatkan apa yang Anda butuhkan.

15. Apa yang Anda benar-benar ketahui selanjutnya?
Jangan biarkan ketakutan Anda akan kejadian-kejadian di masa lalu mempengaruhi hasil Anda di masa depan. Hiduplah untuk apa yang ditawarkan hari ini, bukan apa yang hari kemarin diambil dari Anda. Selalu akan ada rintangan, tetapi Anda dapat terkurung oleh tembok yang Anda bangun sendiri. Apa yang Anda lihat tergantung dari cara Anda melihatnya. Lupakan apa yang telah diambil dari Anda dan fokus pada apa yang telah Anda pelajari.

16. Apa langkah terbaik selanjutnya dari sini?
Setiap keadaan, orang atau situasi yang tidak diinginkan hanyalah pintu keluar-masuk menuju Anda selanjutnya; Anda yang lebih kuat dan Anda yang lebih bijak.

17. Apa hal yang tidak berharga di saat ini?
Melangkahlah ke depan, tetapi jangan terburu-buru. Jangan benar-benar membuang waktu di kehidupan Anda sekarang hanya karena Anda lebih ingin memulai waktu yang selanjutnya. Selalu ada keindahan saat menunggu sesuatu. Perhatikan hal-hal baik yang terjadi di sekitar Anda sekarang ini, walau Anda harus membuat upaya yang lebih keras untuk melihat hal-hal baik tersebut.

18. Kapan terakhir kalinya Anda memperhatikan suara nafas Anda sendiri?
Santailah. Anda telah cukup baik. Anda telah cukup mempunyainya. Anda telah cukup melakukannya. Tarik nafas yang panjang, lepaskan nafas Anda dan lakukan selama beberapa kali.

19. Siapa yang tidak perlu menghabiskan waktu Anda?
Ada lebih dari 7 juta orang di dunia ini sekarang, maka jangan biarkan orang-orang yang berpikir negatif merusak kebahagiaan Anda. Memang Anda tidak dapat memilih setiap orang yang akan Anda temui dalam hidup, tetapi Anda dapat memilih dengan siapa Anda ingin menghabiskan waktu Anda. Maka bersyukurlah pada mereka yang memasuki hidup Anda dan membuat kehidupan Anda menjadi lebih baik, tetapi juga berterima-kasihlah untuk kebebasan yang dapat Anda gunakan untuk pergi dari orang-orang yang membuat Anda menjadi orang yang lebih buruk.

20. Bagaimana penolakan masa lalu yang sepele menghancurkan rasa percaya diri Anda?
Jangan biarkan penolakan masa lalu mendiami kepala Anda secara permanen. Tendang itu ke jalan dan sadari bahwa terkadang Anda harus mencoba melakukan apa yang Anda pikir tidak dapat Anda lakukan sehingga Anda dapat sadar bahwa Anda sebenarnya BISA. Mungkin itu membuat Anda harus berulang kali mencoba. Ingatlah, jika ”rencana A” yang Anda buat tidak berjalan dengan baik, jangan resah karena ada 25 huruf lainnya dalam alfabet dan Anda dapat membuat banyak kesempatan sampai ”rencana Z”. Pilihan yang salah biasanya membuat Anda hanya berjalan di tempat yang tepat. Percayalah pada potensi yang Anda miliki untuk mencapai tempat yang tepat itu.

Ya, sebenarnya hidup itu dipenuhi dengan banyak pertanyaan yang tidak terjawab, tetapi harus ada keberanian untuk bertanya pada orang yang tepat, yang pada akhirnya dapat mengarahkan Anda pada pemahaman tentang diri Anda dan tujuan Anda.

Anda dapat menghabiskan kehidupan Anda dalam ketakutan dengan menghindari kenyataan, atau menanyakan pertanyaan-pertanyaan negatif seperti, ”Kenapa saya?” Atau Anda dapat bersyukur karena telah menghadapi kenyataan sejauh ini sehingga membuat Anda cukup kuat untuk bernafas, berjalan dan berpikir untuk diri sendiri, kemudian selanjutnya bertanya, ”Kemana selanjutnya saya ingin pergi?”

Sebenarnya pertanyaan-pertanyaan di atas adalah contoh pertanyaan positif, Anda bisa jadi memiliki pertanyaan ampuh sendiri untuk memotivasi Anda. Maka teruslah buat pertanyaan-pertanyaan yang dapat memberikan harapan positif untuk kehidupan Anda (baca juga tips untuk menjadi orang yang positif di Apakah Anda adalah Orang yang Positif?)

Aza-aza FIGHTING.

Disadur bebas dari: 20 Questions that Will Free Your Mind from Negativity (www.marcandangel.com)

Hits: 2019