VdBackground 02  .jpg

Ciri-ciri Orang Bermental Kuat

Print
Created on Wednesday, 06 December 2017 Last Updated on Thursday, 21 December 2017 Written by Phi-D


Orang-orang dengan ciri-ciri ini adalah orang yang lebih tabah dari orang-orang pada umumnya.

Tidak banyak orang yang tahu apakah mereka secara pribadi memiliki mental yang kuat, atau sebaliknya mental yang rapuh. Sebenarnya, saat mengamati orang lain, kita tahu bahwa orang-orang tertentu memang bermental baja dan orang-orang lainnya punya mental yang rapuh, sedangkan yang lainnya lagi memiliki mental yang biasa-biasa saja.

Seorang psikoterapis, Amy Morin, mengatakan bahwa mental yang tangguh dapat dibentuk jika seseorang terbiasa ”melatih” kemampuan otaknya dan mengamputasi pola pikir yang salah. Dalam laman Business Insider, Morin menuliskan 21 ciri yang menunjukkan upaya untuk melatih kekuatan mental. Berikut ini akan diambil beberapa dari ciri-ciri tersebut.

Keseimbangan Emosi dan Logika

Sebuah keputusan yang bagus dapat dibuat jika seseorang melibatkan emosi di dalamnya, akan tetapi jika seseorang terlalu emosional, maka keputusan bagus itu bisa jadi rusak. Ya, seseorang harus memiliki kekuatan mental untuk dapat menyeimbangkan emosi dan logikanya. Seseorang dengan mental baja sangat mengerti bahwa emosinya dapat mempengaruhi pola berpikirnya sehingga ia tidak berpikir dengan logis.

Percaya Diri untuk Beradaptasi dan Membuat Perubahan

Kenyataan bahwa perubahan SELALU terjadi terus-menerus tidak akan membuat orang-orang bermental tangguh menjadi frustasi. Mereka tahu bahwa perubahan itu sangat menyakitkan, tidak menyenangkan, dan menghilangkan kenyamanan; tetapi mereka dapat bertahan dengan perubahan. Ya, orang-orang bermental baja memfokuskan energi mereka untuk beradaptasi pada perubahan dan sama sekali tidak menentang perubahan.

Hadapi Ketakutan

Semua orang, tanpa terkecuali, memiliki rasa takut dan tidak semua rasa takut itu perlu ditaklukkan. Orang-orang bermental kuat hanya akan membuang rasa takut yang membuat mereka tidak dapat ”bergerak maju”.

Belajar dari Kesalahan

Jangan berdalih darinya, jangan sembunyi darinya, tetapi belajarlah dari kesalahan Anda. Dan itulah yang dilakukan oleh orang-orang bermental baja.

Menyeimbangkan Penerimaan Diri dengan Memperbaiki Diri

Ini adalah bagian yang paling berat untuk dapat benar, tetapi Morin mengatakan bahwa orang-orang bermental kuat menerima diri mereka apa adanya, dan secara bersamaan mengenali apa yang mereka butuhkan untuk mengembangkan diri.

Merayakan Kesuksesan Orang Lain

Jika Anda benar-benar merasa kuat, tidak ada hal yang Anda takutkan saat ada orang lain yang dapat melakukan sesuatu yang lebih baik dari Anda. Bahkan, ada alasan yang kuat untuk ikut merayakan keberhasilan orang lain. Orang-orang yang benar-benar bermental baja tidak merasa keberhasilan orang lain akan menghancurkan apa yang akan mereka raih. Maka saat Anda tidak lagi merasa iri pada orang lain, itu adalah tanda yang bagus bahwa ketabahan Anda semakin berkembang.

Hidup dengan Nilai-nilai Anda

Orang-orang bermental baja membuat keputusan-keputusan yang umumnya menyenangkan karena mereka memahami prioritas mereka dan mereka juga memiliki nilai-nilai sendiri yang ingin mereka perjuangkan.

Anda Tidak Perlu Meraih Sesuatu untuk Merasa Senang

Memang wajar jika Anda merasa senang saat berhasil melakukan sesuatu dan merasa sedih saat mengalami kegagalan. Akan tetapi, orang-orang bermental baja tidak membiarkan naik-turunnya kehidupan mengganggu pandangan mereka tentang kehidupan. Orang-orang bermental tangguh ini akan merasa senang saat mereka menang atau kalah.

Bersyukur

Sangatlah mudah untuk melihat sekeliling dan melihat hal-hal yang tidak Anda miliki. Akan tetapi, orang-orang bermental baja akan berfokus pada hal-hal yang memang mereka miliki dan bersyukur pada itu semua.

Tidak Menyembunyikan Kelemahan

Berupaya untuk terus-menerus menyembunyikan kelemahan akan menguras energi. Karena menyembunyikan kelemahan membuat Anda malahan TIDAK PERNAH memperbaiki kelemahan Anda!
Morin mengatakan bahwa banyak orang memang berjuang sekuat tenaga untuk menutupi kelemahan mereka, tetapi orang-orang bermental baja hanya menginvestasikan energi mereka untuk memperbaiki kelemahan mereka, bukan menyembunyikannya. 

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda bermental baja, atau akan menjadi orang-orang bermental baja? Pilihannya ada di tangan Anda masing-masing.

Aza-aza FIGHTING.

Disadur bebas dari: 10 Signs You Have Exceptional Mental Strength ( © www.inc.com)
Sumber gambar:  © www.theinvestorsjournal.com

Hits: 1320