VdBackground 01.jpg

Manfaat Menarik Nafas Dalam-dalam

Print
Category: Pengetahuan Sehat Created on Tuesday, 03 June 2014 Last Updated on Tuesday, 05 August 2014 Written by Phi-D


Menarik nafas merupakan hal yang selalu Anda lakukan setiap saat. Akan tetapi pernahkan Anda berpikir bahwa bernafas bukan hanya menjaga Anda tetap hidup, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan Anda. Jika dilakukan dengan cara yang benar dan teknik tertentu, menghirup nafas ternyata sangat bermanfaat dan memperbaiki kesehatan Anda.

Ya, sewaktu bernafas, mungkin Anda hanya melakukannya secara spontan dan rutin sehingga Anda tidak perlu memikirkan teknik dan cara tertentu dalam bernafas. Akan tetapi, coba lakukan teknik berbeda dalam bernafas, seperti menarik udara sebanyak-banyaknya ke dalam paru-paru Anda. Teknik ini sering dikenal sebagai menarik nafas dalam-dalam atau nafas panjang. Teknik ini ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda, diantaranya adalah sebagai berikut.

Menghilangkan Stress
Menghirup nafas panjang dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks sehingga menurunkan tekanan darah. Ini tentu bermanfaat untuk menghilangkan stress bahkan terhindar dari stress yang tidak perlu.

Meredam Amarah
Saat marah, tubuh akan merasa tertekan. Bernapas secara dalam dapat menurunkan emosi dan tekanan yang muncul. Jadi jika Anda sedang marah karena sesuatu, segeralah tarik nafas dalam-dalam.

Mengurangi Nafsu Makan
Seperti disebutkan dalam banyak penelitian, stress dapat meningkatkan nafsu makan. Oleh karena itu agar Anda tidak makan berlebih ketika stress, hiruplah nafas panjang beberapa kali sampai Anda merasa rileks.

Menambah Kapsitas Paru-paru
Jika Anda jarang berolahraga, maka dapat dipastikan kapasitas paru-paru Anda kecil. Untuk menambah kapasitas paru-paru, Anda dapat menarik nafas sedalam mungkin lalu menahannya selama beberapa detik.

Setelah tahu apa saja manfaat menarik nafas dalam-dalam, maka ada baiknya Anda meluangkan sedikit waktu Anda untuk menarik nafas, apalagi ketika Anda sedang menghadapi tekanan (stress) di dalam pekerjaan atau kehidupan Anda.

Baca juga artikel Udara adalah Hadiah yang Terbaik.

Disadur dari: 4funtips.blogspot.com
Sumber gambar: coretanseadanya.blogspot.com

Hits: 913