VdBackground 02  .jpg

Perangkat Lunak Open Source untuk Desain Grafis

Print
Created on Friday, 27 December 2013 Last Updated on Friday, 27 December 2013 Written by Phi-D


GIMP
GIMP (GNU Image Manipulation Program) merupakan aplikasi editor berbasis grafis raster. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk mengolah dan memodifikasi gambar jadi, seperti re-touching gambar tersebut dengan efek ataupun memperbaiki tampilan grafisnya. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menggambar, mengatur ukuran gambar, memotong bagian-bagian tertentu pada gambar, mengubah format gambar dan sebagainya.

Inkscape
Pada umumnya harga aplikasi grafis berbasis vektor sangat mahal (sebagai contoh Adobe Illustrator, lihat artikel Perangkat Lunak Komersial Terbaik untuk Desain Grafis). Akan tetapi, aplikasi Inkscape bersifat open source sehingga pengguna tidak perlu membeli ataupun membayar harga apa pun untuk menggunakannya. Aplikasi ini menggunakan format SVG untuk mendukung fitur seperti spidol, klon dan alpha blending.

Scribus
Scribus juga merupakan salah satu aplikasi pilihan para desainer grafis. Scribus tersedia dalam versi gratis dan pro. Namun sisi kekurangannya adalah tampilan menu, yang menurut beberapa penggunanya, malah membingungkan. Namun jika Anda sudah terbiasa dengan perangkat lunak desainer lainnya, maka aplikasi ini tidak akan terlalu sulit digunakan.

3DVIA Shape
Aplikasi ini sangat cocok untuk merancang grafis-grafis 3D. Penggunaan aplikasi ini dalam navigasi dan menggambar menjadi semakin mudah jika Anda memiliki perangkat kerja layar sentuh.

LibreCAD
Aplikasi ini digunakan untuk membuat rancangan dengan bantuan komputer 2D (CAD) untuk membangun gambar-gambar grafis mekanik. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat cocok untuk membuat cetak biru bagi seorang insinyur, arsitek ataupun draft-men.

PosteRazor
Aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk merancang poster atau billboard. Sebenarnya, aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk mencetak poster. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan memotong suatu file gambar menjadi bagian-bagian kecil sehingga pengguna dapat mencetaknya pada printer dan menempelkan bagian-bagian tersebut sehingga menjadi satu poster utuh dalam ukuran besar.

Sculptris
Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk membuat model-model 3D. Pada aplikasi ini, pengguna akan diberikan “gumpalan” digital dari tanah liat dan pengguna dapat mengubah “gumpalan“ tersebut menjadi sebuah karya seni atau model 3D menggunakan perangkat kerja yang tersedia dalam aplikasi ini.

Jing
Aplikasi ini merupakan program komputer screencasting yang diluncurkan tahun 2007 oleh TechSmitch Corporation. Aplikasi ini akan mengambil gambar atau video dari layar komputer pengguna dan mengunggahnya ke web, FTP, komputer atau clipboard. Jika diunggah ke web, aplikasi ini akan secara otomatis membuat URL ke gambar sehingga dapat dibagikan ke pengguna lainnya di internet. Jing kompatibel dengan Macintosh dan Ms. Windows.
Untuk dapat menggunakannya, pengguna diharuskan mendaftar (sign up) pada akun screencast.com. Setelah itu Anda dapat menyimpan file dengan ukuran 2 GB dan file tersebut dapat dibagikan dengan orang lain secara online.

Disadur dari berbagai sumber.

Hits: 4908