VdBackground 01.jpg

Pengelompokkan Desain

Print
Created on Thursday, 05 May 2011 Last Updated on Wednesday, 03 July 2013

 

Desain, khususnya dalam seni rupa, dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok. Berikut ini adalah beberapa klasifikasi desain dalam seni rupa.

• Desain Grafis
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar, multimedia dan fotografi untuk menyampaikan komunikasi rupa, informasi atau pesan seefektif mungkin. Komunikasi rupa dan visual yang dapat ditampilkan dalam desain grafis dapat berupa bahan-bahan tercetak seperti poster, brosur, undangan, majalah, surat kabar dan sebagainya.

• Desain Interior
Desain Interior adalah suatu cabang seni rupa yang berupaya untuk memecahkan kebutuhan akan ruang yang nyaman dan indah dalam sebuah hunian.

• Desain Busana
Desain Busana adalah kumpulan informasi visual tentang suatu busana yang akan dibuat, berkaitan dengan kesempatan penggunaan, siapa penggunanya, berbagai elemen penyusun yang dibutuhkan, teknik pembuatan, hingga pada persoalan pembiayaan dan sistem pemasarannya.

• Desain Produk
Desain produk atau juga dikenal sebagai desain industri merupakan cabang seni rupa yang berupaya untuk memecahkan persoalan kebutuhan masyarakat akan peralatan dan benda sehari-hari untuk menunjang kegiatannya.

• Desain Web
Desain web mencakup perancangan isi web, dapat berupa teks, gambar, animasi, suara atau video yang dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web dengan menggunakan sebuah browser web atau perangkat lunak berbasis web.

Kembali ke Teori Dasar tentang Desain

 

Hits: 14375