VdBackground 01.jpg

Makna Persahabatan dan Kekuatan

Print
Created on Thursday, 27 March 2014 Last Updated on Friday, 22 August 2014 Written by Phi-D


Sewaktu mencari-cari gambar menarik di penelusur sebagai bahan ide, mata saya tertuju pada sebuah pepatah unik dan menarik tentang persahabatan yang ditulis dalam sebuah gambar berikut.

Pepatah ini diucapkan oleh Abraham Lincoln yang bila diterjemahkan dapat berarti “Jika PERSAHABATAN adalah titik terlemah Anda, maka Anda adalah orang yang PALING KUAT di dunia.”
Kata-kata ini begitu menggelitik karena seperti ditulis dalam artikel saya yang lain (baca juga: Bersahabat dengan Alien), saya sadar bahwa semua orang butuh sahabat. Sahabat dapat menguatkan dan membantu Anda, sahabat dapat memotivasi dan membuat Anda menjadi orang yang berharga (Lihat artikel: Pentingnya Memiliki Teman). Tetapi, dalam pepatah Abraham Lincoln ini terlihat bahwa tanpa memiliki sahabat, Anda akan menjadi orang terkuat di dunia. Pernyataan yang sangat aneh ini sangat menggelitik pikiran saya sehingga saya berselancar di internet untuk mencari tahu jawabannya.

Ada beberapa pendapat yang dikemukakan yang juga masuk akal. Anda dapat melihat dan memaknai sendiri artinya sehingga Anda dapat mengambil manfaat dari tulisan ini.

Pendapat 1:  Pendapat ini disadur dari laman www.enotes.com.
Dari kata-kata ini terlihat bahwa Lincoln memang sangat menghargai persahabatan, akan tetapi ia sadar pentingnya menjadi diri sendiri. Lincoln tahu bahwa persahabatan adalah hal yang sangat berharga, akan tetapi dalam perjalanan hidupnya Lincoln menemukan bahwa persahabatan tidaklah selalu mudah, maka pada pepatah lainnya, Lincoln pernah mengatakan, “I am thankful to all those who said 'no' to me. It's because of them I did it myself  (Saya berterimakasih pada semua yang telah berkata ‘tidak’ pada saya. Karena merekalah saya dapat melakukan segalanya sendiri)."

Jadi dari pepatah ini terlihat bahwa kerusakan pada persahabatan yang disebabkan karena seseorang atau seorang sahabat tidak dapat menjaga jalinan persahabatan (titik terlemah) dapat membuat seseorang tabah dan kuat. Berjalan sendiri dan bergantung semata-mata pada diri sendiri dapat membangun karakter yang kuat. Ya, jika menjalin persahabatan adalah titik terlemah seseorang, maka orang tersebut pastinya tidak dapat memiliki banyak teman atau sahabat untuk mendukung atau menguatkannya, karena itu dapat dipastikan bahwa orang ini HARUS menjadi SANGAT MANDIRI dan KUAT.

Lincoln memang bukan orang yang punya banyak sahabat, maka sebagai orang yang mandiri, ia sangat menghargai pentingnya untuk percaya diri dan menggantungkan hidup pada diri sendiri.

Pendapat 2:  Disadur dari www.experienceproject.com
Saat mengungkapkan pepatah itu, Lincoln sedang menghadapi perang saudara. Banyak orang menjadi begitu ketakutan dan meninggalkan sahabatnya sendirian untuk menyelamatkan dirinya sendiri saja. Ya, kebanyakan orang melakukan banyak hal mengerikan demi keselamatan diri sendiri sehingga meninggalkan sahabatnya. Sejarah memperlihatkan bahwa saat itu Lincoln begitu sendirian dan depresi maka ia harus menjadi sangat kuat agar dapat bertahan sendirian menghadapi perang.

Pendapat 3:
Persahabatan dianggap sebagai titik terlemah karena Anda tidak pernah tahu siapa sahabat sejati Anda. Anda tidak mungkin dapat dihianati oleh musuh Anda. Maka cocok jika sebuah pepatah unik yang saya temukan di internet mengatakan, “A friend is nothing but a known enemy (Seorang teman adalah musuh yang Anda kenal).”  Jadi, sahabat Andalah yang dapat menghianati Anda, ya, teman Anda, bukan musuh Anda.

Pada dunia politik, Lincoln sadar bahwa musuhnya tidak dapat berperang terang-terangan di depannya karena mereka pasti akan menghadapi kekalahan. Maka untuk dapat menang, mereka harus memainkan taktik kotor. Mereka akan menjadi “sahabat” Anda, sahabat palsu. Karena itu, Lincoln harus menjadi orang yang kuat agar dapat tegar dan tabah menghadapi serangan dari sahabat-sahabat palsunya.

Jadi, jika Anda kurang beruntung dan tidak memiliki seorang sahabat atau jika Anda pernah mempunyai sahabat yang menghianati sehingga Anda tidak lagi dapat percaya pada sebuah persahabatan, JANGAN MENYERAH.

Memang Anda bisa terpuruk, dan PASTI sangat resah dan putus asa karena Anda tidak dapat berbagi atau menceritakan masalah Anda, tapi jika Anda bisa terus berjuang dan bisa tetap bertahan, Anda dapat menjadi seperti presiden ke-16 Amerika, Abraham Lincoln. Ya, Anda dapat menjadi salah satu dari orang-orang terkuat di dunia. (baca juga: Orang-orang yang tidak menyerah meski harus "sendirian" berjuang)

Berbeda dengan 3 (tiga) pendapat di atas, Anda mungkin bisa juga mempertimbangkan pendapat di bawah ini.

Titik terlemah dari persahabatan adalah bahwa Anda harus dapat menanggung segala penderitaan, kesulitan, rasa malu, kegagalan dan reputasi yang buruk bahkan kesalahan yang bukan salah Anda hanya untuk menjaga persahabatan dan membuktikan arti sesungguhnya dari persahabatan. Jika Anda dapat menanggung semua titik terlemah yang harus Anda perjuangkan demi persahabatan, maka Anda adalah orang yang paling kuat di dunia. Memang melakukan ini tidak mudah, tapi jika Anda dapat kuat melakukannya, maka Anda dapat membuktikan keindahan dan kemurnian persahabatan. Ya, persahabatan yang penuh kasih dan tulus.

Jadi, apakah Anda ingin memiliki banyak sahabat? Atau apakah Anda cukup kuat untuk tidak memiliki seorang sahabat pun? Atau apakah Anda ingin dengan teguh menjaga persahabatan yang sudah Anda jalin (baca juga: Kata-kata Menarik Seputar Persahabatan)?

Pilihannya ada di tangan Anda.

Aza-aza FIGHTING.

Ditulis untuk sahabat terbaikku.

Sumber gambar:  my.opera.com

Hits: 1619