VdBackground 02  .jpg

Ujilah Pikiran Positif Anda

Print
Created on Friday, 02 January 2015 Last Updated on Tuesday, 15 November 2016 Written by Phi-D


Sewaktu ada orang yang mengingatkan Anda untuk berpikiran positif, apakah ini berarti bahwa orang tersebut menilai Anda sebagai orang yang selalu berpikiran negatif? Sewaktu ada yang menegur saat Anda mengeluh, apakah orang tersebut menilai Anda tidak dapat melihat hal yang positif dari situasi yang Anda alami? Apakah menjadi orang yang berpikir positif penting untuk Anda? Bisakah orang yang sangat positif memiliki pikiran negatif pada saat-saat tertentu? Jika memang Anda sangat ingin tahu apakah Anda adalah orang yang selalu berpikir positif, negatif atau di antaranya, cobalah uji diri Anda di tautan Test Online: Are You Positive?

Memang tes ini masih dalam bahasa Inggris, tetapi tes ini sangat menarik untuk dicoba sehingga Anda dapat menguji apakah Anda orang yang berpikiran positif ataukah negatif. Cobalah untuk selalu menjawab secara jujur terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Berikut ini adalah hasil pengujian yang saya coba lakukan terhadap tes on-line: Are You Positive?


Hasil pengujian ini memperlihatkan bahwa saya termasuk dalam:

Profile A:
80% berpikir positif. Orang-orang yang mendapatkan jumlah nilai ini pada Profile A adalah orang-orang yang benar-benar menikmati kehidupan mereka dan senang berteman.

Ada 42,99% dari 8152 partisipan yang juga memiliki pikiran positif. 

Profile B:
20% normal; bukannya berpikir negatif, tapi juga tidak berpikir positif. Orang-orang yang mendapat nilai pada Profile B ini seolah-olah tidak peduli dengan kesulitan yang sedang dilemparkan oleh kehidupan kepada mereka. Mereka hanya akan mengatakan, “Lalu apa? Itu memang harus terjadi ‘kan?”

Profile C:
0% berpikir negatif. Orang-orang yang mendapatkan nilai 0% pada Profile C memperlihatkan bahwa orang-orang ini selalu ceria dan tidak membiarkan kesulitan dalam dunia mengacaukan pikiran mereka.
(lihat juga artikel: Apa yang Lupa dilakukan Orang-orang yang Ceria?)

Memang hasil penelitian memperlihatkan bahwa saya tidak pernah berpikir negatif, tetapi saya hanya menunjukkan  80% pikiran positif; ini berarti ada sekitar 20%, saat dimana terkadang saya sulit untuk berpikir positif. Hal ini biasanya terjadi saat saya merasa kesulitan datang silih berganti, seolah-olah dalam waktu yang bersamaan. Seperti orang normal lainnya, terkadang saat cobaan datang, orang yang selalu berpikiran positif pun dapat goyah dan terjatuh kemudian secara tiba-tiba kehilangan pikiran positifnya.

Memang seperti keterangan yang diberikan oleh laman tersebut, saya SADAR sekali bahwa saat kondisi buruk terjadi, tidak ada yang dapat dilakukan. Bahkan saya pun TIDAK PERNAH MENYESALI adanya kondisi-kondisi buruk yang terjadi. Saya sering mengingatkan diri sendiri bahwa memang pasti ada saja hal-hal yang tidak pernah dapat dikendalikan dengan kekuatan manusia saya. Jadinya, satu-satunya hal yang dapat saya kendalikan saat itu terjadi adalah semangat saya sehingga tidak sampai benar-benar padam dan mati. Dan pastinya keberhasilan saya ini adalah karena dukungan orang-orang hebat di sekitar saya. Aza-aza FIGHTING...  =P

Saya menemukan sebuah artikel bagus, tips untuk dapat terus berpikir positif. Artikel ini mungkin dapat membuat saya “membuang” 20% pikiran saya yang kurang positif (Baca artikel: Apakah Anda adalah Orang yang Positif?). Tetapi, sebenarnya, sebagai orang yang positif, saya tetap suka dengan 20% "kekurangan" yang masih saya miliki. Hal positif yang dapat dipetik dari hal ini adalah, bahwa saya MASIH manusia yang normal, karena saya masih bisa melakukan kesalahan dengan memiliki sedikit pikiran yang tidak positif sama sekali.

Bahkan dalam beberapa kasus, pikiran negatif sebenarnya dapat sangat berguna untuk melindungi diri dari bahaya. Misalnya, sewaktu seseorang memutuskan untuk memasak dengan kompor gas, dia dapat berpikir banyak hal positif, dimana kompor gas itu lebih murah, lebih praktis, atau pun lebih cepat. Tetapi, dia juga harus memiliki pikiran negatif sewaktu menggunakan kompor gas. Kompor jenis ini mudah meledak jika ceroboh saat menghubungkan tabung gas dengan kompor. Jadi pikiran negatif ini merupakan perlindungan bagi seseorang sehingga dia akan berhati-hati saat mengganti tabung gas. Selain itu penelitian yang baru saja saya temukan membuktikan bahwa selalu berpikir positif bisa berbahaya (Baca artikel di Berhati-hatilah dengan Pikiran Positif Anda!).

Aza-aza FIGHTING.

Hits: 1667