VdBackground 01.jpg

Perluas Zona Nyaman Anda! (bagian 2)

Print
Created on Friday, 16 January 2015 Last Updated on Monday, 19 January 2015 Written by Phi-D

Seperti yang dibahas pada Perluas Zona Nyaman Anda! (bagian 1), meloncati zona nyaman tidak selalu menyenangkan, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan sehingga Anda dapat lebih berani untuk loncat dari zona nyaman.

Atur dan Capai Tujuan Anda

Langkah terpenting untuk memperluas zona nyaman adalah tetap memikirkan tujuan Anda. Pikirkan tujuan sekarang, tujuan 5 tahun ke depan dan tujuan 10 tahun ke depan. Jangan buat batasan seperti:

”Anda terlalu tua untuk itu” atau

”Saya tidak akan pernah dapat melakukannya”.

Pada akhirnya Anda akan sadar bahwa banyak tujuan-tujuan ini melibatkan tindakan dan risiko yang membuat Anda takut (baca artikel: Ambillah Risiko!). Akan tetapi tujuan-tujuan yang sudah Anda tetapkan HARUS Anda capai. Untuk itu, jadilah kreatif dan carilah pendapat orang-orang lain atau buatlah tantangan-tantangan yang menyenangkan.

Prioritaskan semua tujuan-tujuan dan tantangan-tantangan ini sehingga Anda dapat memutuskan apa yang paling penting untuk Anda sekarang ini dan apa yang ingin Anda lakukan di masa depan. Yakinlah untuk berpikir bagaimana tujuan-tujuan ini akan memengaruhi hidup Anda dan pastinya mengubah kehidupan Anda di masa depan.

Ada berbagai contoh kegiatan yang dapat digunakan untuk memperluas zona nyaman Anda, misalnya bergabung dengan komunitas teater untuk memperbaiki kemampuan akting, menjelajahi kota tempat tinggal Anda, mengundang orang-orang yang dapat memperbarui motivasi Anda, meneliti aktivitas yang telah Anda lakukan, dan sebagainya.

Bagi beberapa orang, zona nyaman dapat diperluas dengan mudah, sedangkan bagi yang lainnya, itu tidak mudah. Maka untuk itu, penting untuk membuat rencana-rencana tindakan dari hal-hal yang ingin Anda lakukan, termasuk langkah-langkah yang dapat membantu Anda. Berikan juga tenggat waktu (deadline) untuk rencana-rencana yang akan Anda lakukan dan sedapat mungkin jangan melewati tenggat waktu yang telah Anda tetapkan.

Pastikan untuk menghadiahi diri Anda jika Anda telah mencoba dan/atau mencapai tujuan Anda. Ingatlah bahwa kesuksesan Anda adalah dengan mencapai tujuan Anda dan menantang zona nyaman Anda sendiri.

Bagaimana Jika Anda Gelisah saat Memperluas Zona Nyaman?

Wajar saja jika Anda gelisah saat melakukan sesuatu yang baru atau mengambil suatu risiko, akan tetapi Anda HARUS mengambil risiko agar Anda berkembang dan bertumbuh (baca artikel: Mengapa Mengambil Risiko?). Teruslah ingat, ketakutan Anda bisa jadi terlalu berlebihan dan tidak logis.

Maka untuk mengatasi kegelisahan dan perasaan tertekan, cobalah lakukan teknik relaksasi berikut:
1. Pikirkan diri Anda berada di daerah yang damai dan tenang.
2. Duduklah di kursi yang nyaman.
3. Tutup mata dan pelan-pelan pusatkan pikiran pada gerakan otot, mulai dari kepala sampai pada kaki.
4. Setelah otot Anda tidak lagi tegang, fokus pada pernafasan Anda selama 5 menit atau lebih.

Banyak orang berelaksasi melalui yoga, meditasi atau menulis. Jika Anda melakukan relaksasi melalui tulisan, cobalah untuk menulis ketakutan-ketakutan Anda atau ”kasus skenario terburuk” serta perasaan atau apa saja yang telah Anda temukan selama perjalanan Anda untuk mencapai tujuan Anda.

Kesimpulan

Zona nyaman memang terasa aman dan nyaman; Anda merasa bisa bersantai karena tidak berada dalam ”bahaya”. Akan tetapi, saat Anda merasa terlalu nyaman dan puas, inilah saatnya untuk pindah dan menantang diri Anda sendiri untuk memperluas zona nyaman Anda dan membuka diri Anda untuk terus berkembang dan menggapai banyak peluang baru.

Aza-aza FIGHTING.

Disadur bebas dari: Stretching Your Comfort Zone (© liveandworkwell.com)

Hits: 837