VdBackground 02  .jpg

Perluas Zona Nyaman Anda! (bagian 1)

Print
Created on Friday, 16 January 2015 Last Updated on Monday, 19 January 2015 Written by Phi-D


Setiap manusia memiliki suatu zona nyaman, suatu ruang atau batas untuk aktivitas yang membuat mereka merasa seperti berada di rumah, aman dan nyaman. Setiap orang memiliki zona nyaman yang berbeda-beda. Ini adalah tempat dimana seseorang merasa sangat tenang dan dapat menjadi dirinya sendiri. Akan tetapi, dibalik kenyamanan dan ketenangan, seseorang malah perlu menantang dirinya sendiri TERUS-MENERUS untuk keluar dan loncat dari zona nyamannya.

Mengapa Perlu Memperluas Zona Nyaman Anda?

Memang sangatlah menyenangkan saat Anda memiliki zona yang nyaman dan perasaan yang stabil dalam hidup Anda. Akan tetapi jika Anda tidak pernah menantang diri sendiri dan kreativitas Anda, maka kebahagiaan Anda tidak akan bertambah. Saat zona nyaman Anda menjadi terlalu nyaman, itu dapat menjadi kebiasaan. Anda dapat secara tidak sadar mengikuti rutinitas walaupun itu tidak lagi memenuhi atau memperkaya Anda. Dengan memperluas zona nyaman dan menantang diri Anda sendiri untuk melakukan kegiatan-kegiatan dan hal-hal baru, Anda dapat tetap segar dan membuka banyak peluang dan kesempatan.

Memperluas zona nyaman tidak berarti selalu melakukan sesuatu yang membuat Anda kuatir dan gelisah. Ini dapat berarti menjelajahi bagian-bagian baru di kota atau mencoba makanan-makanan baru. Intinya adalah membuka diri Anda pada kesempatan atau pengalaman baru saat Anda telah benar-benar siap.

Hancurkan Rintangan

Banyak yang memilih untuk berdiam di zona nyamannya karena merasa takut; takut untuk gagal, takut untuk sukses, takut pada hal-hal baru, takut jika orang tidak lagi menyukainya dan banyak ketakutan lainnya. Ketakutan-ketakutan ini merupakan rintangan-rintangan yang mencegah Anda untuk melangkah ke depan dan mengambil tantangan-tantangan baru.

Ketakutan-ketakutan ini memang nyata, tetapi jangan biarkan ketakutan ini membatasi Anda. Serangan kata-kata negatif yang terus-menerus Anda katakan pada diri sendiri dapat membuat Anda tidak mengambil risiko, dan itu membatasi kesanggupan Anda untuk menggapai potensi penuh Anda (baca artikel: Takut Mengambil Risiko = ??). Sebaliknya kata-kata positif yang Anda katakan pada diri sendiri dapat membuat perbedaan. Ini dapat memperbaiki cara pandang Anda sehingga memberikan keberanian untuk mengambil tantangan dan risiko yang ”sehat” (baca artikel: Ambillah Risiko!). Berikut ini adalah contoh kata-kata pada diri sendiri, hindari yang negatif (-) dan selalu katakan yang positif (+).

(baca juga artikel:  Apakah Anda Orang yang Positif  dan  Buatlah Pertanyaan-pertanyaan Positif)

(-) Saya tidak bisa.  (+) Saya bisa.
(-) Saya akan gagal.  (+) Saya akan berhasil.

(-) Mereka akan mengatakan, ”Tidak.”  
(+) Jika saya bertanya, mereka akan katakan, “Ya.”

(-) Mereka akan mengolok-olok saya jika gagal.
(+) Saya akan mengolok-olok diri jika saya tidak mencobanya.

Rintangan yang menahan dapat berbeda-beda di antara setiap orang, ini termasuk menunda melakukan sesuatu atau pun bimbang dengan keputusan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghancurkan rintangan yang menghalangi.

1. Kenali rintangan-rintangan yang membuat Anda berhenti lalu pikirkan tentang cara rintangan ini melindungi Anda.
Sebagai contoh, jika Anda takut bertemu dengan orang-orang baru karena takut mendapat penolakan, rasa takut ini sebenarnya dapat melindungi perasaan Anda agar tidak terluka.

2. Tulislah hal-hal tersulit yang harus Anda lakukan untuk mengatasi atau menghancurkan rintangan.
Jika rintangannya adalah penolakan, maka Anda harus mengingatkan diri bahwa jika penolakan ini terjadi, itu tidak mengubah diri Anda sebagai manusia atau cara Anda merasakan diri sendiri.

3. Tuliskan hal-hal terburuk yang bisa terjadi saat Anda meloncati zona nyaman Anda tetapi tidak mencapai tujuan Anda.
Dalam kebanyakan kasus, ini bukan mengancam atau menakut-nakuti Anda. Jika Anda menantang diri sendiri untuk bertemu dengan orang baru dan memutuskan untuk mendatangi sebuah pesta, tetapi Anda sedang sangat sibuk dan akhirnya tidak bisa menghadiri pesta tepat waktu sehingga Anda gagal bertemu orang-orang baru; meskipun begitu, Anda perlu tetap bangga karena Anda telah mencoba melakukannya.

4. Gambarkan secara terperinci hal-hal menakjubkan yang akan terjadi karena Anda meloncati zona nyaman dan berhasil menggapai mimpi atau tujuan Anda.
Anda akan mempunyai teman-teman yang baru, orang-orang baru dan luar biasa senang karena berhasil dalam tantangan berisiko ini.

(baca artikel selanjutnya di: Perluas Zona Nyaman Anda! (bagian 2))

Disadur bebas dari: Stretching Your Comfort Zone (© liveandworkwell.com)

Hits: 825