VdBackground 02  .jpg

Lakukan Banyak Langkah Kecil dan Gapai Mimpi Besar Anda

Print
Created on Monday, 12 October 2015 Last Updated on Thursday, 10 December 2015 Written by Phi-D


Pada umumnya orang membuat banyak rencana besar untuk masa depannya. Sebuah survei di laman Statisticbrain.com memperlihatkan bahwa 45% orang Amerika membuat resolusi tahun baru berupa perencanaan-perencanaan yang matang untuk satu tahun ke depan, akan tetapi hanya 8 % orang yang berhasil mewujudkan rencananya. Mengapa begitu?

Ternyata, kegagalan sebagian besar orang adalah karena kebanyakan dari mereka membuat rencana, target, dan mimpi yang besar sehingga itu membuat mereka kewalahan untuk membuat mimpi mereka menjadi kenyataan. Karena itu, jangan pernah mewujudkan mimpi besar Anda dengan membuat perencanaan dalam satu langkah.

Mimpi besar membutuhkan strategi yang matang untuk mewujudkannya (Baca artikel: Kejar Impian Anda menggunakan ”Strategi Seinfield”). Berikut ini adalah strategi yang dapat Anda lakukan:
1. Identifikasi dan tuliskan tujuan yang spesifik, terukur, dan dapat dicapai. Dan pada saat Anda menuliskan tujuan ini, jadikan itu sebagai suatu komitmen dalam diri sendiri.
2. Ceritakan rencana dan tujuan atau mimpi besar Anda pada seseorang yang sangat Anda percayai. Mereka akan memotivasi Anda untuk mengejar mimpi Anda, menyemangati Anda, bahkan memberikan ide-ide menarik untuk mengembangkan mimpi Anda.
3. Pecah mimpi besar Anda dalam target bulanan. Jadi, Anda dapat menetapkan tujuan bulanan yang dapat membuat Anda mewujudkan mimpi besar Anda. Untuk membantu memecah mimpi besar ini, Anda dapat menanyakan, ”Apa yang harus saya lakukan setiap hari atau setiap minggu untuk membantu saya membuat satu langkah kecil yang mendekatkan saya pada mimpi besar saya?”
4. Tulis semua langkah Anda dan mulailah melakukan langkah-langkah kecil SETIAP hari.
5. Teruslah membaca mimpi besar Anda untuk terus mengingat visi Anda.
6. Periksalah kinerja Anda secara rutin.
7. Beri hadiah pada diri sendiri saat Anda mencapai satu langkah kecil yang terukur.

Memang tidak pernah mudah untuk mewujudkan mimpi Anda. Ada begitu banyak tantangan dan kekecewaan saat Anda ingin mewujudkan mimpi Anda. Akan tetapi, teruslah bertahan dan selalu yakin bahwa Anda SANGGUP mewujudkan mimpi Anda.

Ada saat manakala Anda melakukan kesalahan, kehilangan arah, atau momentum. Bisa jadi strategi yang Anda rancang tidak dapat dijalankan dengan baik; atau pendekatan yang Anda gunakan tidak dapat diterima. Saat itu terjadi TERIMALAH kesalahan dan kegagalan itu, BELAJARLAH dari kesalahan dan kegagalan, SESUAIKAN dan ubah strategi dan pendekatan Anda secepat mungkin. Ingatlah, Anda hanya perlu mengubah strategi untuk mencapai tujuan dan mewujudkan mimpi besar Anda. Anda TIDAK perlu mengubah atau pun menghilangkan mimpi besar Anda.

Saat Anda terjatuh, segera bangkit dan teruslah berjalan. Sebuah kutipan dari kitab suci mengatakan, ”Orang adil benar mungkin jatuh, bahkan tujuh kali, tapi ia akan bangkit lagi.” Ya, terus gagal dan jatuh memang menyakitkan dan membuat seseorang ingin menyerah dan tidak ingin melanjutkan perjalanan dalam mewujudkan mimpi besar. Keraguan pada keterampilan Anda, ketakutan pada kegagalan selanjutnya, kekuatiran akan pandangan orang lain, ketidak-sabaran untuk menunggu mimpi Anda ”berkembang”, kritikan orang lain, pendapat para ”ahli” tentang mimpi besar Anda, dapat menjadi musuh besar yang membuat Anda patah semangat.

Cobalah amati bagaimana saat seorang bayi mulai belajar berjalan. Ia akan mulai dengan belajar berdiri, namun segera terjatuh. Setelah dia mulai cukup kuat untuk berdiri, ia akan mulai membuat langkah-langkah kecil, namun tidak berapa lama, ia terjatuh lagi TANPA menangis. Bagaimana pun juga, bayi kecil itu akan berdiri lagi dan mencoba lagi, terus-menerus, sampai mereka benar-benar dapat berjalan. Ada kalanya saat mereka mulai berjalan dengan tertatih-tatih, mereka terjatuh dengan cara yang menyakitkan sehingga membuat mereka menangis dengan kencang, tetapi apa yang terjadi setelah itu? Ya, mereka berdiri lagi sampai mereka berjalan dengan benar (baca juga: Karakter WAJIB untuk Sukses).

Maka dengan cara yang sama, teruslah ingat untuk melakukan banyak langkah ”bayi” untuk mewujudkan mimpi besar Anda. Tao Tzu pernah mengatakan, ”The journey of a thousand miles begins with one step (Perjalanan seribu mil dimulai dari satu langkah).” Ya, satu langkah besar dimulai dari langkah-langkah kecil dan setiap hal besar dimulai dari setiap hal kecil. Maka ingatlah untuk terus menikmati ”perjalanan” Anda untuk mencapai mimpi besar Anda, selalu beri pikiran Anda dengan banyak pikiran positif, dan kerahkan upaya yang besar bahkan untuk langkah-langkah kecil yang Anda lakukan. Teruslah bertahan dalam momen-momen yang suram, dan selalu ingat bahwa seraya waktu berjalan, itu akan menuntun Anda LEBIH DEKAT ke mimpi besar Anda di masa depan.

Aza-aza FIGHTING.

Baca juga artikel: Kebiasaan dari Orang yang Sangat Sukses untuk dapat membantu Anda mengapai mimpi besar Anda.

Referensi tulisan: The Power of Small Steps in Achieving Personal Goals (© www.linkedin.com)

Hits: 817