VdBackground 02  .jpg

Cara-cara untuk Hidup “Bebas”

Print
Created on Friday, 23 January 2015 Last Updated on Thursday, 05 March 2015 Written by Phi-D


Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa 53% orang Amerika dewasa telah mempertimbangkan dengan serius untuk menjalankan sebuah bisnis. Hal ini tidaklah mengagetkan karena ini adalah salah satu cara untuk dapat hidup dengan "bebas". Akan tetapi dengan hanya berpikir, berkhayal atau berangan-angan saja untuk menjalankan suatu bisnis tidak akan membuat Anda akhirnya menjalankan suatu bisnis.

Untuk menginspirasi diri Anda sendiri, maka Anda harus merobek dan menghilangkan dari otak Anda sikap-sikap yang membatasi Anda untuk menjadi seorang wirausaha. Cobalah untuk membunuh alasan-alasan di bawah ini sehingga Anda dapat benar-benar menjadi seorang pelaku bisnis.

Saya Tidak Memiliki Kebebasan

Kebebasan berarti jujur pada diri sendiri, mengikuti hal-hal yang sangat diinginkan dan mengejar apa yang membuat Anda merasa lebih baik. Untuk menjadi wirausaha dan "bebas" dari pekerjaan Anda yang sekarang, bukan berarti Anda "bebas" tanpa batasan. Menjadi wirausaha membuat Anda harus berpikir untuk tidak mendapatkan pendapatan bulanan yang tetap; karena itu mulailah bisnis selagi Anda masih bekerja di sebuah perusahaan. Bangunlah sekitar jam 5 setiap pagi atau kurang dari jam itu, sehingga Anda selalu mempunyai waktu lebih untuk belajar dan menemukan informasi yang berguna.

Saya Harus Pindah ke Silicon Valley

Ini merupakan salah satu alasan buruk karena tim bertalenta yang memiliki ide yang bagus selalu dapat menghasilkan uang tanpa harus pindah ke Silicon Valey (baca artikel: Apa itu Silicon Valley?). Manfaatkan teknologi untuk memulai bisnis Anda dimana saja Anda berada, baik itu di kafe, di dalam mobil Anda, di stasiun kereta atau dimana pun itu. Pelanggan yang menggunakan jasa atau produk Anda tidak peduli Anda berada dimana, asalkan Anda memberikan perhatian yang mereka butuhkan.

Ya, wirausaha adalah kebebasan; kebebasan untuk mempengaruhi, memasarkan dan merancang. Maka belajarlah berbagai ketrampilan untuk memengaruhi, memasarkan, merancang atau menulis. Ini akan membuat Anda dapat mengendalikan lingkungan yang Anda diami. Orang yang memberikan pekerjaan kepada Anda bisa jadi berada di tempat yang sangat jauh, atau malahan berada di dekat Anda; jadi Anda tidak perlu pindah ke mana pun untuk menjadi wirausaha yang sukses.

Orang-orang Meremehkan Ide Saya

Sewaktu orang-orang meremehkan dan menolak ide yang Anda rancang, bisa jadi mereka memang punya alasan yang kuat. Cobalah melakukan analisis faktual dari apa yang mereka katakan karena bisa jadi ada pelajaran yang bisa Anda gunakan untuk menyesuaikan ide Anda. Tetaplah jujur pada diri sendiri dan fokus pada kebenaran saat Anda menerima informasi. Ketahui semua fakta dan tetap hidup di "Planet Realitas" sehingga Anda dapat menjalankan ide Anda. Teruslah bergerak maju saat semua fakta dan keadaan mendukung ide Anda.

Orang-orang yang mempertanyakan ide Anda mungkin memproyeksikan kesalahan mereka ke Anda dan tidak ingin Anda terluka. Atau mereka bisa jadi iri pada Anda dan tidak ingin Anda berhasil. Yang lainnya mungkin bisa jadi punya keyakinan bahwa mencari uang itu salah. Tetapi, teruslah berupaya mendorong diri Anda untuk maju dengan mengelilingi diri Anda sendiri di antara orang-orang yang mempunyai pandangan yang sama dengan Anda sehingga Anda tetap termotivasi untuk melaksanakan ide Anda.

Saya Harus Menjadi Steve Jobs untuk Mengeluarkan Ide

Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan berpetualang. Bisa jadi Anda lebih baik dari Steve Jobs di bidang yang Anda kuasai dan geluti. Steve Jobs terus belajar sampai ia dapat mendayagunakan otaknya dengan lebih baik sehingga ia dapat menyimpulkan dan mengumpulkan semua yang telah ia pelajari dan menghasilkan suatu produk yang inovatif yang mengubah dunia.

Saya Tidak Memiliki Pilihan

Saat suara batin Anda mengatakan, “Tidak ada jalan, tidak ada yang akan terjadi,” Anda membutuhkan jalan kembali yang tepat. Bisa jadi, bantahan yang Anda buat merupakan ide yang tepat, mitra yang tepat, pembiayaan yang tepat, posisi yang tepat untuk membuat Anda dapat bertindak dengan fleksibel. Dan pada saat itu, Anda harus menemukan pilihan yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang.

Maka bagaimana Anda dapat menemukannya? Lakukan analisis forensik. Buatlah daftar dari seluruh aset Anda. Dapatkah Anda membujuk dan mempengaruhi dengan integritas? Apakah Anda ahli dalam bidang tertentu? Apakah Anda memiliki produk yang hebat? Telusuri daftar tersebut sampai Anda mempertimbangkan setiap aset yang dapat Anda gunakan dalam situasi tersebut.

Katakan TIDAK untuk menyerah, dan YA untuk terus bergantung saat kondisi tidak menguntungkan. Seperti yang dikatakan oleh Franklin D. Roosevelt, presiden Amerika ke-32, "When you get to the end of your rope, tie a knot and hang on (Saat Anda berada di ujung tali Anda, ikatlah simpul, dan bergantunglah di sana)." Ya, saat tidak ada pilihan yang dapat Anda pilih, cobalah "diam", jangan melakukan apa pun dan jangan bertindak gegabah, namun teruslah mencari dengan sekuat tenaga pilihan-pilihan atau ide-ide baru yang lainnya. Ya, pilihan-pilihan yang baru akan selalu ada, itu akan selalu muncul. Dan dengan mengetahui cara menemukan sebuah pilihan yang tersembunyi, itu akan membuat Anda berada 99,9% di depan pesaing-pesaing Anda (baca artikel: Jika Anda hanya Memiliki 0,01% Kesempatan untuk Berhasil).

Disadur bebas dari:  5 Ways To Live Free  (©  www.forbes.com)

 

Hits: 554