VdBackground 01.jpg

Jangan Takut Salah Mengambil Keputusan!

Print
Created on Tuesday, 23 February 2016 Last Updated on Friday, 27 October 2017 Written by Phi-D


Setiap hari, bahkan setiap menit, Anda membuat keputusan, seperti memutuskan makanan apa yang akan dimasak hari ini, memutuskan menggunakan baju yang mana, memutuskan membaca buku yang mana, memutuskan menulis artikel apa, memutuskan memilih jalur antrian yang mana, dan sebagainya.

Keputusan-keputusan sederhana yang tidak melibatkan kehidupan orang lain, memengaruhi karir, atau pun berbahaya, akan terasa lebih mudah, lebih menyenangkan, dan tidak membebani. Namun, apa yang terjadi jika keputusan yang harus dibuat melibatkan, atau bahkan memengaruhi orang lain atau pun banyak orang? Ya, keputusan itu akan menjadi suatu beban berat, yang dapat membuat seseorang menjadi ragu-ragu, bahkan takut, untuk memutuskan. Mereka kuatir jika mereka salah membuat keputusan, mereka akan membuat orang-orang lain menderita, kecewa, bahkan marah.

Kekuatiran berlebihan dalam membuat keputusan dapat membuat seseorang tidak dapat membuat keputusan sama sekali. Hal ini sebenarnya malah berbahaya serta tidak membangun kekuatan dan kepribadian seseorang. Satu hal yang perlu diingat adalah tidak ada satu manusia pun yang sempurna, itulah sebabnya semua orang BISA membuat kesalahan dalam memutuskan (baca juga: Mengapa Orang Pintar itu Bodoh?). Malahan ada suatu realitas menakutkan yang perlu diakui: orang-orang yang pintar, orang-orang yang bertanggung jawab, orang-orang yang memiliki informasi yang akurat, dan orang-orang dengan intuisi yang kuat, membuat beberapa keputusan penting yang salah besar (baca artikel: Orang Terhebat pun Membuat Keputusan yang Salah).

Ada sebuah kisah tentang seorang pemimpin kawakan yang sangat hebat di sebuah perusahaan. Pada hari ia pensiun dari pekerjaannya, pemimpin muda yang akan menggantikan posisinya menghampirinya sambil bertanya, ”Bagaimana Anda dapat berhasil membangun perusahaan ini sehingga menjadi berkembang?” Pemimpin tua itu mengatakan, ”Itu karena saya membuat banyak keputusan yang tepat.” Pemimpin muda itu kembali bertanya, ”Bagaimana caranya saya tahu bahwa setiap keputusan yang saya buat itu sudah tepat?” Pemimpin senior itu kemudian menjawab, ”Pengalaman membuat seseorang tahu bahwa keputusan yang diambilnya adalah keputusan yang tepat.” Masih bingung dengan penjelasan pemimpin kawakan tersebut, pemimpin junior ini pun bertanya sekali lagi, ”Lalu, bagaimana Anda mendapatkan pengalaman yang membuat Anda dapat mengambil keputusan yang tepat?” Pemimpin tua itu tersenyum dan menjawab, ”Buatlah keputusan yang salah, keputusan yang buruk, keputusan yang menyakitkan. Itu semua akan mengajarkan Anda melalui pengalaman tentang bagaimana membuat keputusan yang tepat.”

Ya, kegagalan Anda mengajarkan dengan sangat baik cara membuat sebuah keputusan yang luar biasa hebat!

Aza-aza FIGHTING.

Baca juga: Mengapa Anda bisa Membuat Keputusan yang Salah?

Referensi artikel: Think Again, Why Good Leaders Make Bad Decision [PDF] (Journal Compilation © London Business School for Business Strategy Review )
Sumber gambar: Abstrak Jalur Kehidupan (Dokumen pribadi Frans Indroyono)

Hits: 912