VdBackground 01.jpg

Tipografi

Print
Created on Thursday, 21 July 2011 Last Updated on Thursday, 03 April 2014 Written by V-dee

Kata Tipografi dibentuk dari dua suku kata, yaitu kata Typos, yang berarti bentuk dan kata Graphy, yang berati menulis. Oleh karena itu Tipografi dapat didefinisikan menjadi suatu ilmu seni dalam memilih dan mengatur posisi, letak dan ukuran teks sehingga teks dapat tersebar pada ruang-ruang yang tersedia untuk menciptakan kesan tertentu. Tujuan pengunaan tipografi ini adalah membantu pembaca menjadi lebih nyaman dalam membaca, terkadang pemberi informasi dapat terbantu dalam menekankan informasi-informasi yang lebih penting, selain itu seni yang diatur dengan indah dalam bentuk teks pun dapat menarik perhatian sehingga lebih diperhatikan.

Sewaktu tipografi dimasukkan dalam karya seni atau desain, pengertian huruf sebagai lambang bunyi seringkali diabaikan. Karena itu tidak heran jika beberapa kata atau kalimat yang disertakan dalam seni tipografi tidak dapat dipahami maknanya.

Jika mencari di mesin pencarian, ada beragam contoh tipografi yang menarik. Salah satunya dapat dilihat pada gambar di samping ini.

 

 

Adobe Illustrator dapat juga digunakan untuk membuat seni tipografi. Terinspirasi gambar di atas, maka dicobalah membuat karya seni tipografi yang menggambarkan hobi dan alamat situs yang dapat digunakan untuk menyalurkan minat dan hobi pribadi.

Lihat artikel untuk membuat tipografi amatiran ini. =P

Sebenarnya, untuk mendapat hasil yang menarik dan berdaya seni tinggi, ada aturan pembuatan tipografi yang menarik. Lihat artikel Aturan Pembuatan Tipografi berikut.

Contoh lain Tipografi berbentuk Ketupat.

Disadur dari: en.wikipedia.org
Sumber gambar: www.experience-planner.com

Hits: 3727