VdBackground 01.jpg

Penyakit Skizofrenia

Print
Created on Friday, 19 August 2011 Last Updated on Thursday, 03 April 2014

Skizofrenia, atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai schizophrenia, adalah nama umum untuk sekelompok reaksi psikotis yang dicirikan dengan adanya pengunduran atau pengurungan diri, gangguan pada kehidupan emosional, afektif dan adanya halusinasi, delusi, tingkah laku, negativistis dan kemunduran atau kerusakan progresif. Pada umumnya, penderita skizofrenia kesulitan untuk membedakan antara kenyataan dan dunia fantasi yang ia ciptakan.

Untuk melihat bagaimana kehidupan seorang penderita skizofrenia, dapat dilihat pada film yang diangkat dari kisah nyata kehidupan John Forbes Nash, berjudul “A Beautiful Mind”. Sebuah kisah yang sangat menarik dari seorang yang jenius, namun menderita skizofrenia. Dalam film ini digambarkan bagaimana tokoh utama yang menderita skizofrenia, seakan melihat, berinteraksi dan menjalin persahabatan dengan seseorang yang sebenarnya tidak nyata (halusinasi) sehingga tidak bisa dilihat oleh orang lain selain dirinya sendiri. Karena teman hayalannya tampak begitu nyata dalam pikirannya, John Nash pernah mencoba untuk membunuh  isterinya atas perintah dunia fantasinya. Penyakitnya ini bahkan membuat Nash sempat masuk rumah sakit jiwa untuk mendapatkan perawatan.

Hal yang menarik dalam film ini adalah penyakit tidak dapat menghalangi seseorang berkreasi dan berpikir untuk memenangkan hadiah nobel.

Lihat juga:
Tentang Skizofrenia
Penyebab Skizofrenia
Gejala Skizofrenia
Jenis-jenis Skizofrenia
Diagnosis Skizofrenia
Bantuan bagi Penderita Skizofrenia
Pengobatan Skizofrenia
Kekambuhan Skizofrenia

Disadur dari berbagai sumber (www.psikologizone.com  |  id.wikipedia.org   |  ababar.blogspot.com  |  forumsains.com)

Hits: 2835